11 Tips Penting Dalam Perawatan Ikan Mas Hias

Posted on

11 Tips Penting dalam Perawatan Ikan Mas Hias

Ikan apa yang paling banyak dirawat dan dijadikan ikan hias oleh manusia?

merawat ikan mas has, cara merawat ikan hias mas koki, memelihara ikan mas hias, merawat ikan hias mas koki, perawatan ikan hias mas kokiIkan mas hias pasti termasuk di dalamnya. Hewan ini termasuk dalam ikan domestik dari famili carp, didalamnya termasuk jenis ikan hias maskoki. Sebagian besar penyuka ikan atau keluarga yang merawat akuarium akan memilih ikan ini sebagai pajangannya. Layaknya hewan peliharaan lain, Ikan mas hias juga membutuhkan perawatan khusus. Baik itu dari urusan makan, sampai dengan perawatan akuariumnya. Perawatannya susah-susah gampang, tapi tentu memerlukan kedisiplinan dan ketelitian. Agar Ikan mas hias bisa bertahan, biasanya dia memerlukan lingkungan kondusif. Sebagai orang yang merawatnya, sebisa mungkin kita menjamin kebutuhan pokoknya itu. Tugas tersebut tentu tidak mudah dan memerlukan komitmen tinggi.

Nah berikut ini kami sajikan 11 tips perawatan Ikan mas hias. Jom!

1. Jaga Selalu Level Oksigen Di Dalam Akuarium Dengan Baik

Bicara tentang perawatan Ikan mas hias, kita bisa mulai dari lingkungannya. Tentu saja yang terdekat itu merupakan tangki air atau akuariumnya. Pastikan selalu agar kita mempertahankan level oksigennya dengan baik, agar sang ikan bisa terus bertahan. Jika ikan menggantung atau terombang-ambing di atas air, kemungkinan kadar oksigennya terganggu atau melemah. Jika begitu, Ikan mas hias bisa terancam.

Adapun cara untuk mengontrolnya yaitu dengan menjaga akuarium atau tangkir airnya di tempat dingin, atau ruangan dengan temperatur rendah. Kadar oksigen akan naik jika suhu atau temperaturnya rendah. Namun tentu saja temperaturnya jangan ekstrem. Ada baiknya agar kita mempertahankan suhu yang baik dan benar bagi sang ikan.

 2. Pastikan agar air dalam akuarium tetap bersih

Setiap waktu, kita memastikan kalau airnya bersih. Begitu terlihat ada perubahan warna atau tercium bau tak sedap, itu artinya tangki air mesti segera dibersihkan. Bagaimanapun, air kotor bisa menjadi sarang bakteri atau material busuk lainnya. Sementara itu, air yang bersih akan menyebabkan sirkulasi oksigen jadi lancar dan efisien.

Kotoran dari ikannya sendiri sangat penting untuk segera disingkirkan. Namun ketika membersihkan akuarium, disarankan untuk tidak menggunakan sabun. Air sabunnya justeru bisa menjadi racun yang menjadi penyebab kematiannya. Kita hanya perlu mengganti airnya. Untuk waktunya sendiri, kita bisa melakukannya selama dua minggu sekali.

3. Luangkan Waktu untuk Rehat atau Tidur Bagi Ikan mas hias

Ikan mas hias bukanlah semut yang terus bergerak dan tidak tidur. Seperti hewan peliharaan lain, ikan ini pun memerlukan waktu tersendiri untuk istirahat. Dan, waktu malam merupakan saat yang tepat untuk mematikan cahaya. Dengan demikian, agenda tidur sang ikan tidak terganggu.

Dan, waktu malam merupakan saat yang tepat untuk mematikan cahaya. Dengan demikian, agenda rileksasi atau tidur sang ikan tidak terganggu. Pencahayaan yang tepat juga mampu membantu perkembangbiakan ikan. Kita bisa mempertimbangkan pencahayaan di atas atau di bawah tangki, agar cahaya yang optimal bisa dicapai.

4. Makan 3x Sehari

Seperti halnya manusia, Ikan mas hias juga lebih baik makan 3x sehari. Tepatnya pada pagi hari, siang dan juga sore atau menjelang malam. Beri makanan khusus untuk Ikan mas hias, tentu yang berkualitas. Dengan kata lain, makanan tersebut mengandung nutrisi yang memang diperlukan ikan. Tapi jangan terlalu sering atau terlalu banyak, sebab bisa berisiko kematian.

5. Perhatian “Musuh” Kesehatannya

Semua hewan memang memiliki risiko berupa musuh yang mengancam kesehatan bahkan hidup. Musuh di sini yakni berupa parasit atau penyakit. Kalau ikan bisa bicara, tentu ia bisa menyampaikan keluhannya. Tapi karena ikan memang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut, itu artinya kita sendiri yang mesti ekstra hati-hati dan menaruh perhatian khusus. Ketahui penyebab adanya gejala penyakit. Jika sudah tahu dari dini, maka kita pun bisa  melakukan langkah-langkah untuk mencegah atau mengobatinya. Adapun beberapa penyakit yang sering menyerang Ikan mas hias yaitu:

Bintik Putih (Ich) Pada Ikan mas hias

Bintik yang tidak biasa ini patut kita curigai, apalagi kalau sudah mulai menjalar ke area badan atau sirip ikan. Peliharaan kita juga terlihat sesak atau sulit bernapas. Parasit menjadi dalangnya, namun masalah ini bisa kita atasi.

Penyakit Kandung Kemih

Kecurigaan bisa kita rasakan apabila ikan berenang tidak wajar, misalnya dengan berenang ke samping atau seperti terbalik. Jika begitu, segera pisahkan ikan dari kerumunannya. Penyakit ini bisa menular. Setelah itu, barulah kita lakukan pengobatan.

6. Akuariumnya Besar

Spasi berenang ikan mesti leluasa. Karena itu, disarankan agar akuariumnya pun besar. Ruang besar ini juga sangat baik bagi sirkulasi oksigen. Dengan demikian, proses pernafasan atau perkembangan ikan bisa bagus dan maksimal. Tak hanya itu, kemungkinan untuk penumpukan kotoran ikan atau adanya bacteria pun jadi lebih kecil.

7. Perhatikan Temperatur Optimal

Kita disarankan untuk terus memerhatikan serta menjaga temperatur di dalam tangki air. Pastikan jangan sampai terlalu rendah atau ekstrem. Jika terlalu rendah, maka Ikan mas hias bisa kehilangan warna asli dari tubuhnya. Kalaupun terlalu tinggi, ikan bisa menderita karena level oksigennya akan anjlok. Mau tidak mau, kita mesti secara kontinyu memerhatikan suhu optimalnya.

8. Dekorasi Akuarium

Akuarium atau tangki air yang didekorasi akan baik bagi ikan. Ia akan mendapat lingkungan atau tempat bersembunyi manakala kelelahan. Di zaman sekarang, orang sudah memiliki banyak desain dan isian akuarium yang indah dan fungsional. Kita bisa melakukan research dan menentukan yang terbaik.

9. Kerikil yang Baik

Adanya kerikil di area bawah tangki air memungkinkan pertumbuhan bakteri, tapi yang sekiranya bisa menjadi makanan ikan. Kerikil tersebut tak perlu terlalu besar. Ikan bisa melahapnya, sebab mengiranya sebagai makanan. Kerikil yang ada juga bisa membantu ikan melakukan kamuflase, khususnya ketika ada sesuatu yang ia cium sebagai bahaya. Satu hal lagi, pastikan kerikilnya tumpul. Jika terlalu tajam, bisa-bisa ikan terluka.

10. Tertutup Dengan Baik

Menutup akuarium ikan dengan baik bisa mencegah mereka dari aksi melompat. Tak hanya itu, tutup akuarium juga melindungi ikan dari material asing yang bisa mengancamnya. Air jadi tetap bersih dan hewan kesayangan kita pun akan tetap aman.

11. Lengkapi Dengan “Batu Udara” Akuarium

Perlengkapan ini akan menciptakan gelembung. Dengan begitu, permukaan air pun jadi terus aktif. Oksigen atau air segar pun akan melimpah. Selain itu, air jadi tidak stagnan atau terkesan basi.

Demikian 11 tips yang bisa kamu terapkan ketika merawat Ikan mas hias. Semuanya sudah mencakup pencegahan parasit atau penyakit, kualitas oksigen atau air, makanannya, dsb. Dengan demikian, ikan memiliki jaminan untuk hidup lebih baik. Nah, apa ada saran lain? Silakan berbagi di kolom komentar. 11 Tips Penting Dalam Perawatan Ikan Mas Hias #RD