15 Media Sosial yang Terpopuler dan Paling Banyak Dipakai

Posted on

15 Media Sosial yang Paling Populer dan Banyak Dipakai

Terlahir di generasi sekarang tanpa akun media sosial? Apa ada?

Di era jejaring sosial seperti ini, rasanya hampir setiap orang memiliki minimal satu akun untuk bersosialiasi di dunia maya. Bagaimanapun, teknologi memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi setiap orang. Tak peduli tua atau muda, dari kalangan bawah atau yang berada.

Banyak hal yang membuat kita tergerak untuk memilikinya. Pembuatan dan cara operasinya relatif mudah. Malah bisa dibilang sangat menyenangkan serta cenderung adiktif. Fungsi utamanya sendiri tentu untuk berkomunikasi. Namun di luar hal itu, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai media promosi, ekspresi diri serta menyebar informasi. Berbagai media sosial datang dan pergi. Ada yang dulu sempat booming, lalu kemudian mesti tertinggal akibat adanya trend baru. Misalnya saja Friendster, LiveJournal atau MySPace yang kalah saing dengan Facebook, Twitter, Instagram dsb. Tapi ada juga yang bertahan, sebab media sosial itu kerap melakukan upgrade fitur atau memang memiliki pelanggan yang setia.

Nah untuk sekarang ini, media sosial apa saja yang tengah popular dan memiliki banyak pelanggan? Jom!

1. Facebook

media sosial terpopuler, media sosial terbaik, media sosial terbaru, media sosial terlaris, media sosial terbaru indonesia

Hampir semua orang mengenal dan memiliki akun Facebook. Pertumbuhan dan popularitas media sosial yang satu ini memang begitu pesat. Tak hanya kaum pelajar atau mahasiswa, kalangan umum pun sudah tersedot untuk membuat akun dan beraktivitas via Facebook. Banyak hal yang membuat Facebook lebih unggul dari jejaring sosial lain. Cara kerjanya mudah, penggunanya banyak, sangat popular dibanding situs serupa (MySpace, Ning dan Hi5), mudah terhubung dengan link lain, fiturnya begitu kaya, dsb.

2. Twitter

Pasca Facebook digaung-gaungkan orang, giliran Twitter yang menyita perhatian. Media yang satu ini memiliki ciri khas lewat tweet dengan batasan 140 karakter. Namun banyak pihak yang tertarik menggunakannya. Entah blogger, pebisnis, pelajar, dsb. Lebih lagi jejaring berlambang burung ini memberi kemudahan untuk membagikan berbagai multimedia. Dan, baru-baru ini mereka mengubah favorite menjadi like.

3. Google+

Yang satu ini memulai debut pada 28 Juni tahun 2011. Google Inc yang memiliki dan mengoperasikannya. Sejak saat itu pertumbuhannya berlangsung pesat. Fitur yang tersedia cukup banyak. Ada “+1 button” yang penggunaannya mirip like ala facebook, “what’s hot” yang seperti trending topic-nya twitter, photography, dsb.

4. YouTube

Ketika ingin menyaksikan video apapun, pasti mayoritas pengguna internet akan mendatangi situs Youtube. Mesin pencarian dengan aktivitas terbanyak pertama dimenangkan oleh Google, dan Youtube tampil sebagai runner up-nya. Sebenarnya Google yang masih memilikinya, bahkan sudah terintegrasi juga dengan akun Google+. Namun orang masih menganggap kalau Youtube merupakan media sosial yang berbeda. Lebih lagi media ini memang memiliki konten khusus tersendiri.

5. LinkedIn

Media yang satu ini juga banyak dipilih, khususnya oleh mereka yang hendak menjalin koneksi professional. linkedIn memang terkenal sebagai jejaring sosial untuk karier. Seperti halnya Google+, Facebook atau Twitter, kita juga bisa mengandalkan LinkedIn sebagai sarana promosi atau berbisnis, terhubung dengan berbagai profesi lain diskusi intens, mencari lowongan pekerjaan, memosting iklan loker, dsb.

6. Instagram

Instagram rilis dengan karakternya yang kuat, yakni berupa sharing poto, disertai caption (optional) dan video yang sangat singkat. Pertumbuhan media ini juga langsung melesat. Sekarang akun berlambang mirip kamera ini bahkan tengah baik daun. Dulu media ini masih terbatas untuk platform iOS, sehingga pergerakan penggunanya pun tidak leluasa. Namun kini semuanya sudah diperluas. Web, android dan window phone juga bisa memanfaatkannya. Lebih banyak pesohor dunia yang juga menggunakannya. Otomatis, mereka juga sukses besar dalam menarik masa.

7. Pinterest

Sebagai apresiasi bagi isi poto atau artikel web yang kita anggap menarik, banyak media sosial yang bisa kita pilih untuk membagikannya. Entah itu mengirim tweetnya via twitter, memosting statusnya via facebook, membagikannya via LinkedIn termasuk juga melakukan ‘pin’ via Pinterest. Ada Pinboards yang menjadi susunan atas sesuatu yang disukai. Jika ada postingan yang disukai, kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari bookmark link, menyimpan photo atau konten webnya, mengirimkannya via email, dsb. Bicara tentang menyusun dan membagikan apa yang kita suka, Pinterest jelas menjadi strategi yang sangat baik dan tepat.

8. Tumblr

Penggunaan dan fungsinya mirip seperti Pinterest. Media ini sangat mengandalkan konten visual. Semakin berkualitas, orisinil dan unik, tentu pengikutnya akan semakin banyak. Eksistensinya cukup kuat, khususnya di kalangan remaja. Interaksi popular dalam media ini yaitu berupa reblogging dan like. Di Tumblr, kita juga bisa menyusun tema blog, follow-followed back dengan pengguna lain, format kontennya beragam dsb.

9. Vine

Twitter tampil sebagai pemilik dari aplikasi sharing video ini. Tak ayal penampakannya akan memenuhi timeline kita, sebab media ini memang terintegrasi langsung ketika seseorang membagikannya via tweet. Website juga bisa menyertakannya. Memang, lagi-lagi Twitter membuat aturan keterbatasan durasi. Namun tetap saja, penggunanya semakin hari semakin banyak saja.

10. Snapchat

Pesan singkat menjadi karakter khas dari Snapchat, dan jejaring sosial ini benar-benar berbasis ponsel. Popularitasnya semakin berkembang, apalagi karena pengguna bisa merasakan sensasi keseruannya. Kita bisa melakukan snap atau menjepret poto dan video singkat ketika chatting dengan pengguna lain, sampai kemudian jepretan tersebut terhapus dengan sendirinya pasca dilihat.

11. Reddit

Ketika didirikan di tahun 2005 sampai sekarang, operasi media yang satu ini masih terus bergulir. Komunitasnya cukup besar. Pengguna bisa membagikan konten langsung atau yang terhubung pada link tertentu. Kita juga bisa menyaring minat tertentu dalam subreddits yang tersedia. Ada yang khusus musik, makanan, berita, buku, dsb.

12. Flickr

Media sharing yang terkenal dari Yahoo. Sebelum adanya Pinterest atau Instagram, Flickr sudah jauh-jauh hari eksis dan aktif. Namun sampai sekarang, orang masih banyak juga yang setia menggunakan media ini. Kita bisa mengupload poto, mengekslpor skill dan membagikannya pada semua orang. Berbagai fitur disediakan dan penggunaannya tidaklah terlalu rumit.

13. Swarm (dari Foursquare)

Foursquare terbagi dua. Aplikasi yang terdahulu masih terbatas sebagai alat pencarian lokasi. Sementara Swarm sudah beranjak pada ranah media sosial. Kita bisa menggunakannya untuk mengetahui lokasi teman. Sebaliknya, kita juga bisa memberitahu keberadaan kita pada mereka. Interaksi yang berlangsung akan memudahkan kita untuk melakukan janji pertemuan dengan lokasi yang sudah ditentukan.

14. Pheed

Meski sudah rilis di tahun 2012 lalu, namun sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan yang satu ini. Pembuatan media ini menargetkan kawula muda dan ikut merangsek menyaingi jejaring lain yang sudah lebih dulu popular. Kombinasi dalam media ini meliputi teks, gambar, audio, video bahkan ada opsi broadcast langsung juga. Media ini juga terhubung dengan jejaring lainnya, seperti Facebook, Gmail atau Twitter.

15. MySpace

Media sosial yang mulai hadir di tahun 2003. Targetnya tidak dikhususkan, melainkan bersifat general. Karena itu, situs ini sempat mencapai titik popularitasnya sebelum pesaing beratnya hadir. MySpace juga menyediakan fitur menambahkan teman, menyusun profil penggunanya, meninggalkan komentar di profil orang lain, menuliskan entri blog, memainkan lagu berbentuk mp3, bergabung atau berdiskusi dalam suatu grup, dsb.

Kemajuan teknologi memang memiliki dua sisi. Pemanfaatan yang bijak tentu akan mengarahkan kita pada akibat yang lebih positif. Dan khusus untuk pengguna belia, ada baiknya untuk terus dipantau. 15 Media Sosial Terpopuler dan Paling Banyak Dipakai #RD