20 Film Tentang Guru Sekolah dan Pendidikan Paling Inspiratif Sepanjang Masa

Posted on

20 Film Tentang Guru, Sekolah atau Pendidikan Terbaik Paling Inspiratif Sepanjang Masa

Ada yang berprofesi sebagai guru? Atau mungkin, tertarik dengan dunia pengajar dan sekolah?

Guru menjadi salah-satu pekerjaan yang cukup berwarna. Jika ditilik, job description mereka tidak sebatas pada penyampaian materi, pemberian Pekerjaan Rumah aka PR lalu menentukan skor nilai bagi murid-muridnya. Pekerjaan ini termasuk yang paling menyenangkan, sekaligus cukup berat dan rumit.

Tak heran kalau cerita tentang guru banyak menginspirasi orang-orang kreatif untuk berkarya. Entah dalam bentuk buku, gambar, lagu atau bahkan film. Para sineas pun berusaha keras memvisualisasikan konflik-konflik yang biasa terjadi di dunia ‘perguruan’. Entah itu terkait belajar-mengajar, hubungan dengan murid, kolega, orang tua siswa atau problem lain yang kerap menyergap.

Seperti 20 judul film ini, misalnya. Genre dalam daftar ini campur-aduk, tidak terbatas pada topik tertentu. Meski demikian, kecenderungan film jenis ini tak jauh dari inspirasi atau motivasi. Demikian juga dengan sekolahnya yang mencakup berbagai level. Entah Sekolah Dasar, Menengah, Atas, perkuliahan, dsb. Jika kamu kebetulan tengah mencari film yang erat kaitannya dengan guru, sekolah, pendidikan atau cerita inspiratif, alangkah lebih baiknya untuk terus memantau postingan ini.

Jadi, film apa saja yang dimaksud? Jom!

1. Dead Poets Society

film inspirasi pendidikan, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan
via : pinterest.com

Salah-satu film Robin Williams yang terbaik dan paling dikenang. Di sini dia berperan sebagai John Keating, seorang pengajar Sastra Inggris yang memberi warna di Akademi Welton. Sebagaimana yang digambarkan, tempat pendidikan tersebut sangat disiplin dan menerapkan sistem yang ortodok atau begitu ‘kolot’. Namun Keating begitu berbeda. Dia menginspirasi siswa untuk lebih berani, melihat kehidupan dari sisi berbeda dan mengejar apa yang diimpikan, selagi baik dan ada peluang.

Para siswa sangat menyukai dan menuruti ajarannya. Mereka bahkan mengetahui kalau Keating adalah mantan murid Akademi Welton, sekaligus anggota dari komunitas “Dead Poets Society”. Karenanya, sekelompok siswa tersebut berusaha menghidupkan kembali komunitas itu. Namun masalah demi masalah muncul dan memuncak sampai ada siswa yang bunuh diri dan Keating dipecat. Ceritanya sedikit mengingatkan kita pada film India berjudul “Mohabbatein”. Menggugah.

2. To Sir, with Love

film sekolah barat, film bertema sekolah, film sekolahan, film tentang sekolah barat, film tentang anak sekolah barat

Sidney Poitier berperan sebagai Mark Thackeray. Dia adalah lelaki pengangguran, yang kemudian mendapat kesempatan bekerja sebagai guru di North Quay Secondary School. Job itu sebenarnya bukan bidang yang dikuasai, namun ia tetap mencobanya. Begitu menyetujui pekerjaan barunya, para staff di sekolah memberinya nasihat atau peringatan. Dia diberitahu kalau sebagian siswanya ‘bermasalah’, pernah ditolak sekolah lain, memiliki latar-belakang cukup rumit, tidak disiplin bahkan menjadi pemicu guru terakhir untuk mengundurkan diri dari sekolah.

Benar saja, Thackeray pun merasakan hal yang demikian. Para siswanya tak memiliki adab yang layak. Ia mencoba sabar, namun pada akhirnya menerapkan sistem pembelajaran yang cukup ketat dan lebih dewasa. Sebenarnya dia sudah mulai sukses mengendalikan siswa, walau tak semuanya. Apalagi ketika ia mengusulkan rencana tamasya. Para muridnya begitu senang. Namun keadaan memburuk ketika suatu kejadian membuatnya kehilangan kepercayaan dari siswa dan mereka kembali bertingkah seperti semula. Kejadian demi kejadian datang menguji sang guru.

3. School of Rock

film tentang guru terbaik, film tentang guru, film tentang percintaan guru dan murid, film barat tentang guru, film tentang perselingkuhan guru dan murid

Sesuai judulnya, film ini memang kental dengan suasana sekolah, guru, siswa dan… musik rock. Di dalam film ini ada aktor Jack Black yang berperan sebagai Dewey Finn. Dia adalah seorang rocker dan member dari sebuah band, yang kemudian mendepaknya keluar. Hal itu membuatnya kebingungan, sebab dia tidak memiliki pemasukan sama-sekali. Sampai-sampai dia mesti jadi ‘benalu’ bagi sahabatnya.

Suatu saat, ada kesempatan baginya untuk menjadi guru gandungan di sebuah sekolah. Pada waktu itu ia memerhatikan kalau para muridnya memiliki potensi di bidang musik. Kebetulan akan ada festival musik rock bertajuk “Battle of the Band”. Dewey bertekad mengikutsertakan muridnya, dengan harapan hadiahnya yang besar bisa ia renggut dan semua bayaran yang menjepitnya bisa terbayar. Dari kelakuan awal saja, film yang seru dan lucu ini sudah menggiring Dewey pada masalah. Namun berangkat dari hal itu pula, berbagai kejadian seru dan inspiratif akan datang.

4. Dangerous Minds

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

LouAnne Johnson tak pernah berpikir akan masuk ke dunia pendidikan. Ia merupakan mantan mariner yang juga memiliki masa-lalu tak mengesankan bersama mantan suaminya. Namun ia cukup girang menerima tawaran dari Carla Nicholas, seorang Wakil Kepala Sekolah, untuk mengajar di SMA Parkmont. Ia membayangkan akan menghadapi murid pintar nan penurut, namun harapannya runtuh manakala siswa yang dihadapinya tidak menaruh hormat sama-sekali.

Di hari pertama saja, Johnson atau biasa dipanggil Mrs John’s, mesti menghadapi kemumetan soal cara menghadapi murid-muridnya. Berbagai teknik dan saran ia terapkan. Namun problem yang dihadapinya tidak terbatas di dalam kelas. Di luar kelas, kejadian demi kejadian rumit terus menimpa. Ada titik di mana Mrs John’s terpukul, sampai ia sendiri membutuhkan dukungan untuk terus semangat dan pantang putus asa.

5. Lean on Me

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

Morgan Freeman tampil sebagai Joe Clark. Ia merupakan guru yang mendedikasikan dirinya untuk SMA papan atas, Eastside High School. Namun tanpa alasan yang jelas, pihak sekolah memecatnya. Sepeninggalnya dari sekolah, keadaan memburuk. Murid sulit dikendalikan, terlibat aktivitas kriminal, nilai anjlok, angka kelulusan merosot, dsb. Karena ancaman pengambilalihan oleh pemerintah, pihak sekolah memanggil Joe Clark kembali pasca 20 tahun dari pemecatannya.

Joe Clark tidak lagi tampil sebagai guru, melainkan kepala sekolah. Ia membuat peraturan sendiri. Gebrakannya yaitu dengan mengeluarkan siapapun murid yang terkait dengan urusan narkoba, memecat staff guru yang tidak setuju dengan kebijakannya serta mensosialisasikan misinya bersama orang tua murid. Keadaan yang dihadapi tentu tidak simpel. Satu kebijakan berbuah solusi, sekaligus masalah lain. Yang hendak ia ubah dan perbaiki memang bukan 1 murid atau 1 kelas, melainkan keseluruhan sekolah.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working