9 Manfaat atau Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Posted on

9 Manfaat atau Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Pemiliknya

Apa gunanya memelihara hewan? Bukannya merepotkan, ya?

manfaat hewan peliharaan, manfaat hewan peliharaan ternak dan hewan liar, manfaat hewan peliharaan bagi pemiliknya, manfaat hewan peliharaan hewan ternak hewan liar bagi kehidupan di bumiSebagian tentu akan berpikiran demikian. Namun ada sebagian lain yang sangat mengapresiasi peranan binatang atau hewan yang selalu menemaninya. Sebagaimana yang kita rasakan, memiliki teman adalah sesuatu yang menjadi sumber segala rasa. Entah itu nyaman, terhibur, bahagia dan perasaan lain yang menyadarkan, kalau kita memang butuh seseorang atau sesuatu sebagai teman.

Salah-satu teman terbaik yang bisa kita andalkan ternyata berasal dari hewan. Umumnya, orang menjadikan kucing atau anjing sebagai binatang peliharaan. Namun banyak juga orang yang tidak memilih peliharaan mainstream itu. Ada yang menjatuhkan pilihan pada ikan, burung, kelinci bahkan hewan lain yang anti-mainstream. Entah itu ular, kambing, buaya, monyet, musang, iguana dsb.

Kalau chemistry dengan hewan itu sudah terbangun, rasanya itu seperti mutual. Si hewan dan majikannya seolah-olah bisa saling bersandar. Hewan akan mendapat jatah makanan, tempat berteduh dan kasih sayang. Demikian juga dengan tuannya, yang seakan berutang budi karena peliharaannya itu bisa membuatnya nyaman, tidak hampa, bangga dan ada rasa senang tersendiri.

Untuk itu, tak akan ada istilah ‘merepotkan’ bila pecinta hewan sejati memelihara seekor binatang. Bahkan, dia akan menganggap hewan itu sebagai keluarga atau bagian penting dalam hidupnya. Tak mengejutkan jika seseorang bisa menangis layaknya kehilangan orang terkasih, manakala sang hewan meninggal.

Lalu apa untungnya memelihara binatang? Jom!

1. Efek Baik Terhadap Kesehatan

Hewan peliharaan bisa menjadi teman sekaligus penghibur sejati yang patut dipertimbangkan. Sebab bagi sebagian orang, memiliki teman sejati adalah sesuatu yang melegakan hati. Mereka bisa mengalihkan kita dari pikiran-pikiran berat, menghibur kala sepi, memberi warna kala bosan, dsb. Mereka membuat kita menjauh dari risiko depresi atau stress. Hewan juga bisa menjadi ‘perawat’ yang hebat bagi orang yang sempat mengalami kejadian traumatik masa lalu.

2. Sahabat Setiap Waktu

Sahabat bisa berasal dari mana saja. Siapapun dan apapun itu. Bedanya, tidak semua sahabat bisa menemani kita sepanjang waktu. Di sinilah seekor hewan mengambil peranan. Mereka memang tidak bisa berbicara atau berpikir, namun keberadaannya saja sudah bisa membuat kita hangat. Mereka pastinya sangat berharga, lebih lagi bagi orang-orang yang rentan merasa kesepian. Baik itu orang lanjut usia, orang yang hidup sebatang kara atau mereka yang memang tak suka dengan kesendirian.

3. Mengajarkan Kesabaran

Seperti yang kita tahu, hewan itu memiliki otak tapi tidak bisa berpikir. Kitalah yang mesti memandikan, membersihkan, mendandani, memberi makan atau mengajarkan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Semua itu akan sulit dilakukan jika kita bukan tipikal penyabar, atau belajar untuk sabar. Secara tidak langsung, hewan itu memapah kita untuk lebih sabar, bertanggung-jawab sekaligus kalem.

4. Membuat Kita Tetap Aktif

Hidup pasif itu seperti menyenangkan, tapi ternyata tidak. Lebih lagi, pasif membuat kita tidak produktif. Tapi kehidupan menjemukan itu bisa berkurang bahkan hilang manakala kita merawat seekor hewan. Mereka bisa diajak bermain, jalan-jalan atau jogging. Kalau kita suka olahraga, hewan ini juga akan siap menjadi teman.

5. Menjalin Ikatan Keluarga atau Persahabatan

Sudah disinggung sebelumnya, ikatan batin antara hewan dan pemiliknya bisa menguat seiring dengan berjalannya waktu. Tak heran kalau hewan itu sampai dianggap sahabat atau bahkan bagian dari keluarga. Selain hidup seatap atau minimal berdekatan, hewan peliharaan juga menjadi pihak yang selalu ada di kala suka maupun duka.

6. Makna Khusus Bagi Lansia atau Orang yang “Kekurangan”

Binatang peliharaan bisa menjadi teman baik, sekaligus sosok yang mengendurkan tensi kehampaan hidup. Fungsi itu amat dirasakan betul oleh para lansia atau orang lanjut usia, serta mereka yang memiliki kekurangan. Orang-orang itu akan membuat mereka lebih bergairah dalam hidup, bahkan bisa mengurangi rasa minder juga.

7. Membangun Karakter

Karakter bisa terbangun karena kebiasaan yang dijalankan secara simultan. Seperti yang kita bahas sebelumnya, hewan memerlukan perawatan dan kesabaran dari pemiliknya. Dari semua itu, kita secara tak sadar tengah membangun dan menguatkan karakter yang dimiliki. Untuk belajar sabar, disiplin, lebih terorganisir, dsb. Kita juga belajar untuk mendidik sekaligus bertanggung jawab. Proses membangun karakter ini juga berlaku untuk anak.

8. Membantu Proses Pertemanan

Memiliki hewan peliharaan bukan berarti menutup diri untuk menjalin pertemanan dengan manusia. Justeru kita bisa memperluas kolega atau relasi, misalnya mengobrol dengan sesama pemilik binatang peliharaan. Kesempatan itu bisa kita dapatkan ketika lari pagi, jalan-jalan sore, pergi ke dokter hewan, atau sekadar berselancar di dunia maya. Topik tentang hewan peliharaan kita bisa menjadi sesuatu yang menyatukan dan melancarkan hubungan.

9. Mengubah Bad Mood jadi Good Mood

Hewan peliharaan menjadi tambahan alasan bagi kita untuk tetap tersenyum. Ketika mengalami mood swing, hewan peliharaan bisa menjadi sosok penghibur yang membuat kita baikan. Mereka tidak memeluk dengan baik atau menghibur lewat kata-kata bijak. Mereka memiliki caranya tersendiri. Bisa saja kucing peliharaan itu hanya menggosok-gosokkan badannya pada kaki kita, burung peliharaan itu bersenandung menentramkan pikiran kita, atau ikan itu hanya berlari-larian di kolam, dsb. Gesture yang tanpa disadari membuat kita keceriaan kita bisa kembali.

Mungkin masih banyak lagi keuntungan lain dari memelihara hewan. Kamu memelihara hewan juga? Agar list-nya lengkap, silakan bagikan manfaatnya di kolom komentar. 9 Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Pemiliknya #RD