Dampak Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial

Posted on

Media sosial mestinya tak lebih dari ajang pertemanan atau forum untuk berbagi ide atau pemikiran. Berperan serta di dalamnya sah-sah saja untuk kesehatan jiwa. Tapi jangan terobsesi olehnya seakan-akan tanpa wahana itu kamu akan dicap sebagai manusia dari jaman perunggu.

dampak media sosial bagi pelajar dampak media sosial bagi masyarakat, dampak media sosial terhadap perilaku, dampak media sosial terhadap interaksi sosial, dampak media sosial dalam pendidikan

Banyak contoh dari obsesi terhadap media sosial: orang mengunduh aplikasi autolike yang membuat tulisannya, persetan segombal apa, bakalan ditaburi jempol. Bentuk lain obsesi media sosial: foto selfie belasan kali sehari melebihi jumlah sholat sunnah rawatib.

Sehari saja nggak selfie badan jadi kejang, mulut berbusa dan mata berkunang-kunang karena rindu sanjungan. Selain obsesi yang gila tadi ada sisi tak sehat dari kecanduan terhadap medsos, yaitu efek hiperrealitas: pecandu medsos hilang kemampuan membedakan kenyataan dengan kesemuan.

Mereka pikir jempol dan komentar bersalut pujian orang itu 100% tulus, otentik dan sungguh. Tak sedikitpun terbayang kepalsuan, sarkasme dan cemoohan di sana. Orang yang tampil cantik ganteng kaya dan harmonis hidupnya di media sosial juga diterima bulat-bulat apa adanya tanpa sedikitpun terbayang ada upaya pencitraan yang sistematis di sana.

Kalau anda tidak pernah bersikap rasional, obyektif dan sedikit mengambil jarak dari medsos, jangan kaget kalau hidupmu jadi superfisial, gersang dan akhirnya berantakan.

Catatan : Bpk. Arif Subiyanto