10 Manfaat Utama dari Menyusui Bagi Ibu dan Bayinya

Posted on

10 Keuntungan atau Manfaat Utama dari Menyusui Bagi Ibu dan Bayinya

Apa yang membuat seorang ibu ragu-ragu untuk menyusui buah hatinya?

Penelitian mengemukakan kalau sebagian besar ibu, khususnya yang berusia muda, enggan memberikan ASI eksklusif. Mereka meyakini kalau hal itu hanya akan mengendorkan payudara, sehingga membuatnya tidak menarik lagi. Padahal kepercayaan itu tidak sepenuhnya benar.

Banyak gerakan yang mendukung aksi pemberian ASI eksklusif pada bayi. Berbagai keuntungan atau manfaat sudah diungkapkan, terutama bagi kesehatan si bayi sendiri. Tapi tak hanya mereka, ibunya pun akan mendapat manfaat yang sama banyaknya.

Lalu apa saja faedah dari menyusui bagi ibu dan bayinya? Jom!

10. Bisa Mengurangi Risiko Terkena Depresi

manfaat menyusui bagi ibu dan bayi, manfaat menyusui bagi ibu dan anak, manfaat menyusui bagi suami, manfaat menyusui bagi kesehatan ibu, manfaat menyusui pacar, manfaat menyusui lebih dari 2 tahun, manfaat menyusui sampai 2 tahun, manfaat menyusui menurut islam

Beberapa studi mengemukakan hasil yang hampir serupa. Menyusui secara teratur mampu meningkatkan kesehatan mental. Itu artinya, sang bunda terhindar dari depresi. Beda lagi dengan sekitar 14.000 ibu muda yang enggan memberikan ASI-nya. Mereka berisiko terkena darah tinggi, sehingga bisa mengundang derita akibat depresi.

9. ASI Sangat Baik Bagi Sistem Imun Bayi

Bayi sakit adalah salah-satu hal yang sering dikhawatirkan orang tua. Mereka selalu buru-buru mengandalkan dokter atau rumah sakit, padahal opsi terbaik ada di tangan ibunya sendiri, yakni dengan menyusui bayi tersebut. Betapa tidak, ASI kaya akan nutrisi yang pastinya sangat berguna bagi bayi. Sistem imun mereka juga akan semakin kuat, sehingga menjadi benteng bagi mereka agar tidak mudah diserang penyakit atau infeksi.

8. Pemberian ASI Eksklusif Menguatkan Hubungan Ibu dan Bayi

manfaat menyusui bagi ibu dan bayi, manfaat menyusui bagi ibu nifas, manfaat menyusui bagi ibu pdf, manfaat menyusui bagi ibu dan anak, manfaat menyusui bagi ibu adalah

Bayi belum bisa berkomunikasi atau menangkap apa yang dikatakan orang di sekitarnya. Namun ada jembatan yang bisa dipakai untuk mempererat ikatan batin dengannya, yakni dengan menyusui. Ketika si buah hati datang ke bumi, ia mencari kehangatan dan kenyamanan yang bisa didapat dari peluk kasih ibu. Adapun ASI adalah sumber kekuatan utama bagi hidup dan pertumbuhannya.

7. ASI Membuat Bayi Lebih Cerdas

Banyak sumber yang menyatakan kalau menyusui berperan penting dalam urusan meningkatkan intelegensia seorang bayi. Otak bayi akan lebih cerdas. Hal itu tentu sangat penting dan berguna, apalagi untuk kelak di masa depannya.

6. ASI Mengurangi Risiko Adanya Obesitas

manfaat asi bagi anak, manfaat asi bagi anak dan ibu, manfaat asi bagi anak bayi, manfaat asi bagi anak laki-laki, manfaat menyusui bagi ibu dan anak

Apa obesitas bisa terjadi pada bayi? Pada tahun 2013 kemarin, Majalah TIME mengungkapkan fakta menarik tentang pemberian ASI. Disebutkan kalau menyusui bisa mengurangi risiko obesitas, baik itu pada kaum ibu atau pun para bayinya. Bisa dilihat jika bayi menerima haknya untuk mendapatkan ASI, maka ia akan tumbuh sebagai anak yang cerdas, ceria dan enerjik. Makanan utamanya itu memang jadi sesuatu yang paling mudah dicerna oleh tubuh mungilnya.

5. Menyusui Anak Berpengaruh Pada Tingkah Lakunya

ASI membuat bayi lebih sehat adalah kenyataan penting yang sering diinformasikan. Cairan itu membuat tulangnya lebih kuat, sehingga ia bisa aktif dan bergairah ketika tumbuh nanti. Tak hanya itu, anak juga akan cenderung bertingkah laku baik. Sebab ketika proses menyusui, jalinan emosional antara bayi dan sang bunda secara tidak langsung akan terbangun.

4. Menyusui Akan Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Otaknya

BrownUniversity sempat mempublikasikan kalau ASI itu dipenuhi dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi. Ada kandungan protein dan kalsium yang bermanfaat meningkatkan sel-sel otak. Nutrisi itu juga yang mendorong sirkulasi darah ke otak meningkat dari pertama kali mereka lahir ke bumi. Hal itu tentu memiliki efek positif bagi otak.

3. Menyusui Bisa Mengurangi Rasa Sakit Di Area Payudara

manfaat suami menyusu pada istri, manfaat suami menyusu istri, manfaat suami menyusu, manfaat istri menyusui suami, manfaat menyusui bagi suami
via : pinterest.com

Merasa nyeri pada buah dada menjadi salah-satu yang akrab dirasakan oleh ibu muda. Namun ketika menyusui, risiko ini bisa dihindari. Ibu muda juga kadang merasa risih dengan ukuran payudaranya yang terlalu besar. Lagi-lagi ketika proses menyusui, tubuh akan secara otomatis membakar kalori ekstra. Hal itu akan membuat pembesaran payudara jadi semakin terkendali. Demikian juga dengan rasa nyerinya, yang perlahan akan hilang.

2. Risiko Kanker Jadi Hilang

Poin ini tak hanya berlaku bagi bayi, melainkan juga bagi sang bunda. Orang tua mesti bersyukur, sebab kedatangan bayi benar-benar membawa anugerah tersendiri. Sang ibu tak hanya mulai belajar menjadi pengurus dan pendidik bagi anaknya, melainkan mulai menikmati hikmah kesehatan yang dirasakan juga. Sebab dengan menyusui, risiko penyakit yang cukup kompleks seperti kanker bisa dihindari.

1. Irit

Ini dia keuntungan lain yang sering luput dari pertimbangan ibu. Menyusui secara eksklusif akan menghemat biaya pengeluaran susu formula bagi bayi. Susu bayi yang beredar di pasaran memang menawarkan harga yang bervariasi. Semakin berkualitas, tentu nominal yang mesti dikeluarkan akan semakin melangit. Selain susu bayi yang bagus itu biasanya mahal, kandungannya memang tak lebih baik dari air susu ibu asli. Karena itu, selagi bisa, lebih baik pemberian ASI eksklusif selalu jadi pilihan utama. Uang jatah susu formula pun bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.

Kita semua meyakini kalau bayi adalah titipan Tuhan YME yang mesti dijaga sepenuh hati. Karena itu, sudah jadi hal lumrah kalau para orang tua ingin mengupayakan yang terbaik untuk buah hatinya. Sang bayi belum terlalu memusingkan soal kasurnya yang mahal, kamarnya yang mewah atau peralatan bayinya yang branded. Salah-satu kebutuhan vitalnya hanya ASI dari ibu kandungnya. Sudah. 10 Manfaat Utama dari Menyusui Bagi Ibu dan Bayinya #RD