14 Manfaat Mengejutkan Dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Posted on

14 Manfaat Mengejutkan Dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Kamu suka mengunyah permen karet?

Postingan ini menjadi kabar baik bagi kamu yang doyan mengkonsumsinya. Bagi beberapa orang, rasanya ada sesuatu yang kurang tanpa permen karet. Karenanya, mereka selalu menyiapkan permen itu di mana pun, sehingga bisa dilahap dan dikunyah dalam keadaan apapun. Ketika sedang duduk, berkendara, jalan-jalan, dsb.

Namun sudah kita ketahui bersama kalau sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah memberikan efek baik. Demikian juga dengan kebiasaan mengunyah permen karet. Aktivitas ini lama-lama bisa mengundang sakit migrain.

Meski demikian, mengunyah permen karet juga memiliki keuntungan atau manfaat tersembunyi. Penasaran? Jom!

manfaat permen karet xylitol, manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan gigi, manfaat permen karet bagi otak, manfaat mengunyah permen karet bagi wajah, manfaat permen karet untuk pipi, manfaat permen karet big babol, manfaat permen karet perangsang wanita
permen karet xylitol

1. Memperbaiki Kebiasaan Makan & Bisa Menjadi Manajemen Berat Tubuh

Universitas Negeri Louisiana menyampaikan sebuah hasil studi tentang permen karet. Ternyata seseorang yang mengunyah permen pasca menikmati makan siang, cenderung tidak akan memiliki nafsu makan terlalu besar di hari berikutnya. Begitu juga ketika mereka mengunyah dalam jangka waktu 3 jam setelah menikmati makan siang. Keinginan untuk melahap asupan makanan berkalori tinggi jadi berkurang.

2. Sebagai Camilan Alternatif

Sebagian besar orang, khususnya yang tengah melakoni program diet, menyukai sekaligus menakuti camilan. Namun ada orang yang rasanya tak bisa mendiamkan mulut, sehingga mesti memasukkan makanan agar bisa menyibukkan mulut. Kita bisa mengganti berbagai camilan yang biasanya mengandung banyak kalori dengan permen karet. Selain kalori lebih terjaga, hasrat untuk ngemil masih bisa terpenuhi.

3. Meningkatkan Memori dan Performa Kognitif

Aliran darah ke otak bisa meningkat sekitar 25% sampai 40%. Begitulah beberapa hasil studi yang dikemukakan terkait fakta tentang mengunyah permen karet. Dengan demikian, oksigen yang sampai ke otak jadi semakin banyak dan fungsinya menjadi begitu maksimal. Apalagi tentang fungsi kognitifnya seperti konsentrasi, daya ingat, reaksi, dsb. Seorang profesor British Sciences Institute di Inggris, Andrew Sholey, mengemukakan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan memori jangka pendek sebanyak 35%. Namun tentu saja, konsumsi permen karetnya jangan sampai berlebihan.

4. Meningkatkan Konsentrasi atau Fokus

Menyambung dari bahasan sebelumnya, bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan fungsi kognitif. Salah-satu yang paling utama yaitu kemampuan untuk berkonsentrasi atau fokus terhadap sesuatu. Keuntungan yang satu ini tentu sangat membantu. Kita jadi tidak banyak melongo, tetap “sadar” ketika berkendara, terhindar dari ancaman hipnotis, dsb.

5. Melepas Grogi, Mengobati Stress dan Mengurangi Rasa Cemas

Menurut para psikolog, mengunyah permen karet bisa mengurangi kadar hormon stress kortisol. Karenanya, permen ini mampu meredakan tensi tinggi serta perasaan nervous. Begitu memakan permen karet, si pemakan cenderung lebih kalem. Kebiasaan ini bahkan bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin mengurangi tanda-tanda grogi seperti kaki gemetar, tangan gemetar atau menggigit-gigit kuku.

manfaat permen karet untuk pipi, manfaat permen karet untuk ibu hamil, manfaat permen karet big babol, manfaat permen karet perangsang wanita, manfaat permen karet xylitol, manfaat permen karet happydent white, manfaat dan kerugian permen karet
via : pinterest.com

6. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Sebenarnya mengunyah permen karet tidak serta-merta memberi pengaruh pada proses pencernaan. Namun performa sistemnya bisa terbantu. Ketika mengunyah, produksi air ludah biasanya akan meningkat. Dengan demikian proses menelan makanan akan lebih mudah, pencernaan lebih aktif, dan aliran empedu lebih lancar. Demikian juga dengan asam dan enzim yang nantinya akan dilibatkan dalam proses pencernaan. Bahkan ketika mengunyah permen pasca makan, semua proses kimiawi ini akan menguindarkan kita dari gangguan pencernaan.

7. Mengurangi Refluks Asam dan Rasa Mulas/ Maag

Sudah dibahas sebelumnya kalau mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur. Dengan demikian, kadar asam dalam esofagus berkurang. Kondisi itu bisa membantu mengurangi refluks asam. Kita juga bisa terhindar dari rasa tidak nyaman pada lambung, seperti halnya maag. Jika bisa, kita mesti menghindari permen karet bila belum makan. Sebab, kebiasaan itu bisa berujung pada rasa kembung.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working