Home General 7 Tips Sederhana Membersihkan Permen Karet Pada Pakaian

7 Tips Sederhana Membersihkan Permen Karet Pada Pakaian

27
SHARE

7 Tips Sederhana untuk Membersihkan Noda Permen Karet Dengan Mudah

Apa baju atau celana kamu pernah terkena permen karet?

Ada beberapa keadaan yang membuat kita tak sadar akan noda tersebut. Misalnya ketika duduk di bangku transportasi umum tanpa memeriksanya dulu. Atau juga ketika bersandar ke tembok yang ternyata sudah lebih dahulu “dihuni” permen karet. Lalu begitu bangkit, kita baru ngeh ada noda lengket yang menempel. Menyebalkan, bukan?

Permen karet yang menempel di baju atau celana memang menjadi noda yang bandel. Terkadang kita langsung panik dan stress dengan keadaan tersebut. Terbayang, pakaian dengan noda permen karet itu akan berakhir di lokasi pembuangan, sebab kita tak tahu bagaimana cara melenyapkannya.

Tenang saja. Baiknya kamu jangan dulu membuang outfitnya, melainkan mencoba membersihkannya dulu dengan cara-cara berikut. Jom!

menghilangkan permen karet di pakaian, cara membersihkan permen karet di pakaian, menghilangkan permen karet pada pakaian, menghilangkan permen karet dari pakaian, menghilangkan bekas permen karet di pakaian

1. Pakai Alkohol

Opsi pertama bisa kita serahkan pada cairan alcohol. Caranya dengan menuangkan alcohol dalam sponge, lalu gosok ke area yang terkena noda. Diamkan dulu, sebab efeknya tak langsung terlihat begitu kita menuangkannya. Setelah beberapa saat, kita bisa menggunakan spatula atau alat bantu lain untuk menyingkirkan nodanya.

Tips ini menjadi salah-satu solusi ketika kita pengin membersihkan noda permen karet, sekaligus menjaga warna outfit agar tidak berubah. Nah setelah melakukan semua prosesnya, kita bisa mencuci dan mengeringkannya. Jika nodanya sangat bandel, proses pembersihannya bisa diulang.

2. Memakai Air Mendidih

Permen karet bisa takluk ketika kita meminta bantuan air mendidih. Caranya dengan mendidihkan air terlebih dahulu, lalu kita bisa mencelupkan bagian pakaian yang terkena permen karet. Dengan demikian, noda lengket tersebut lunak atau berubah lembut. Kita bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tak terpakai atau mungkin pisau untuk menyingkirkan noda dengan sempurna.

Selain itu, banyak juga orang yang memilih uapnya. Jadi kita bisa mendidikan air di ketel. Setelah itu kita tempelkan pakaian bernodanya ke mulut ketel yang sedang mengepulkan uap panas. Tunggu sampai nodanya berubah lembut, lalu pakai alat bantu untuk benar-benar menyingkirkannya

celana jeans terkena permen karet, menghilangkan permen karet di baju, cara membersihkan permen karet di baju, menghilangkan permen karet di celana, menghilangkan permen karet di pakaian

3. Bekukan Pakaian

Cara lain yang bisa lakukan yaitu dengan proses pembekuan. Caranya dengan melipat pakaian sehingga posisi permen menghadap ke depan. Simpan kain atau pakaian ke dalam tas plastik, namun jangan biarkan nodanya menempel. Setelah itu, simpan di freezer. Kita juga memastikan kalau si noda tidak menempel di dinding freezer-nya, sehingga keadaannya tidaklah basah.

Tunggu sampai 2 atau 3 jam sampai benar-benar keras membeku. Jika sudah, gunakan pisau atau perkakas lain untuk mencongkel noda. Kalau benar-benar membandel, proses tersebut bisa diulang. Dan agar lebih afdol, cuci lagi sampai benar-benar bersih bebas noda.

4. Gunakan “Minyak” atau Essential Oil Buah Sitrus/ Jeruk

Essential oil yang satu ini berasal dari kulit jeruk murni. Kita bisa mencari bahannya di pasaran. Setelah mendapatkannya, kita bisa oles atau tuangkan cairan tersebut dalam sponge, untuk kemudian digosok ke sasaran.

Sebelum menggunakan pisau atau alat apapun untuk menyingkirkan noda, kita bisa mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu, cuci, bilas dan biarkan mengering. Ada kemungkinan permen karetnya masih menempel, sehingga kita mesti mengulan step-nya. Bilas sampai benar-benar noda itu hilang.

noda permen karet di baju, menghilangkan noda permen karet pada pakaian, menghilangkan noda permen karet di celana, menghilangkan noda permen karet pada baju, menghilangkan noda permen karet pada celana

5. Selai Kacang

Khusus untuk penggunaan bahan yang satu ini, kita mesti memastikan kalau olesannya hanya mengenai area permen karet. Setelah permennya melunak, kita bisa menggunakan sesuatu untuk menukilnya. Tentunya penggunaan selai kacang ini akan menyisakan noda, karena itu kita bisa melakukan perendaman menggunakan sabun agar outfit kembali seperti semula.

6. Cairan Bensin

Cara selanjutnya terbilang cukup mudah dan cepat, namun juga mesti ekstra hati-hati. Caranya juga mestinya betul-betul diperhatikan. Kita bisa oleskan atau tuangkan cairan ke belakang area yang terkena permen karet. Setelah larut, noda lengket tersebut akan mudah dicopotkan. Kita bisa menambahkan dosisnya jika noda membandel. Pastikan kita berada jauh dari api. Begitu selesai, lagi-lagi kita bisa mengandalkan sabun dan proses perendaman agar permen karet dan nodanya tersingkir sempurna.

7. Label Remover Spray

Bicara tentang cara melepas noda permen karet, metode yang satu ini juga banyak dipilih orang. Pembersih yang digunakan dengan cara menyemprotkan cairan ini terbilang ampuh. Setelah menyemprotkannya, kita diamkan dulu, lalu gosok dengan sikat. Biasanya kita tak akan menunggu lama untuk mendapatkan pakaian atau celana yang benar-benar bebas permen karet. Jika masih terlihat bercak nodanya, kita bisa mencucinya menggunakan sabun. Bila perlu, kita juga bisa merendam dan membilasnya sampai kembali bersih.

Dari berbagai tips trik yang ada, kita mesti mempertimbangkan efeknya. Khususnya ketika memilih ekstrak jeruk atau selai kacang. Pakaian yang dirasa mahal atau berharga lebih baik menghindari penggunaan bahan tersebut. Begitupun ketika menggunakan properti tajam seperti pisau, silet, sikat kasar, dsb, ketika berusaha mencopot permennya. 7 Tips Sederhana Membersihkan Permen Karet Pada Pakaian, Jeans dan Karpet #RD