Home General 21 Alasan Mengapa Hutan Sangat Penting Bagi Kehidupan

21 Alasan Mengapa Hutan Sangat Penting Bagi Kehidupan

3
SHARE

21 Alasan Mengapa Hutan Sangat Penting dan Bermanfaat Bagi Kehidupan

Hutan dan kehidupan.

Mereka seperti “pasangan” yang saling melengkapi. Tak ada hutan tanpa kehidupan. Dan bisa kita bayangkan, bagaimana buruknya kehidupan jika hutan menghilang atau punah secara perlahan. Karenanya, kita patut saling mengingatkan tentang betapa pentingnya hutan bagi kehidupan serta makhluk-makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Ada beberapa fakta menarik tentang hutan. Bahwa hutan adalah area yang menutupi sepertiga bagian daratan di bumi. Hutan itu sebagai infrastruktur organik yang utama atau vital. Hutan juga menjadi “rumah” bagi spesies makhluk hidup yang jumlahnya tak bisa ditetapkan dengan pasti. Namun sayang, sekitar 32 juta hektar area hutan menjadi tanggung-jawab manusia tiap tahunnya. Semuanya akibat pembalakan liar yang kerap terjadi.

Di akhir tahun 2012, PBB menetapkan kalau Hari Hutan Internasional jatuh pada 21 Maret. Tanggal tersebut sengaja diambil diantara Hari Kebahagiaan Internasional pada 20 Maret, serta hari Air Internasional pada 22 Maretnya. Penetapan ini ditujukan sebagai usaha global dalam memerangi pembalakan liar terhadap hutan, serta menjadi upaya untuk menebar faedahnya terhadap kehidupan.

manfaat hutan bagi manusia adalah, manfaat hutan bagi manusia dan lingkungan, manfaat hutan bagi manusia dalam kaitannya dengan perubahan iklim global, manfaat hutan bagi manusia wikipedia, manfaat hutan bagi kehidupan

Lalu kenapa hutan mesti diperhatikan? Kenapa ia begitu penting bagi kehidupan manusia? Berikut ini alasannya:

1. Hutan Seumpama Alat Bantu Pernapasan

Sebagai makhluk hidup, kita tentu perlu bernapas. Dan untuk bernapas, oksigen menjadi udara yang wajib ada. Hutan pun hadir sebagai pemompa oksigen. Sebaliknya, hutan menyerap karbondioksida yang kita buang atau hempaskan.

2. Hutan Bukan Sekadar Pepohonan

Kita patut mengoreksi diri jika menganggap kalau hutan hanyalah sekumpulan pepohonan. Sudah disinggung di awal, ada banyak sekali spesies yang belum diketahui yang ikut menghuni hutan. Sekitar 80% keanekaragaman hayati di darat ada di hutan. Apalagi kalau hutan hujan tropis, varietasnya tentu semakin beragam lagi. Dari tanaman, serangga, cacing, dsb, sampai burung atau kera yang perlahan berstatus langka.

3. Selain Hewan dan Tumbuhan, Manusia Juga Hidup di Dalam Hutan

Meski perkotaan sudah menjadi magnet untuk dijadikan tempat tinggal, bukan berarti semua manusia meninggalkan hutan. Di dunia ini, ada sekitar 300 juta orang yang masih setia bertempat tinggal di hutan, termasuk juga 60 juta penduduk asli atau suku adat yang memang menjadikan hutan sebagai rumah leluhurnya.

4. Hutan Menjaga Kita Dari Kepanasan atau Menyediakan Kondisi yang Lebih Segar

Matahari boleh saja terik menyengat, namun hutan menjaga kondisi agar tetap dingin stabil. Jika hutan terjaga dengan baik, rasanya ketergantungan kita akan kipas atau air conditioner akan berkurang. Hutan juga membantu mengikis panas yang diembuskan oleh segala aktivitas manusia dengan segala modernitasnya.

5. Dengan Hutan, Bumi Tetap Dingin

Kandungan CO2 atau karbondioksida bisa memicu rasa panas. Namun hutan menyerapnya, sehingga rasa panas yang menggoda kehadiran global warming pun bisa dikendalikan. Lagipula, sudah kita ketahui bersama kalau pepohonan memerlukan karbondioksida untuk proses fotosintesis. Kita bernapas dan menyumbang karbondioksida dalam jumlah besar, sementara hutan malah menyerap dan menggantinya dengan oksigen yang segar.

6. Hutan Bisa Bikin Hujan

Jika hutannya berskala besar, maka cuaca di daerahnya bisa terpengaruh, bahkan memiliki semacam microclimates tersendiri. Salah-satu contohnya yaitu Hutan Amazon, yang mampu menghadirkan hujan secara rutin di area yang berdekatan dengannya.

7. Hutan Mencegah Bencana Banjir

Untuk mengatasi banjir, hutan memiliki para punggawa handal berupa akar-akar pohon yang kuat. Akar bekerja membantu tanah agar bisa menyerap air, mengendalikan arus air yang besar serta menjaga ketahanan tanah juga.

manfaat hutan bagi kehidupan, manfaat hutan bagi kehidupan manusia, manfaat hutan bagi kehidupan kita, manfaat hutan bagi kehidupan bangsa dan negara, manfaat hutan bagi kehidupan masyarakat

8. Hutan Menjadi Pembersih

Poin di atas menjelaskan kalau hutan mampu menahan air, sehingga air yang tergenang tak akan berubah menjadi banjir. Hutan sudah siap menyerap dan mengendalikan. Selain itu, hutan juga mampu melindungi ekosistem, khususnya yang ada di area bawah. Sebab zaman sekarang, air yang mengalir acapkali membawa kotoran yang berbahaya. Entah itu zat kimia beracun, pestisida, bensin, dsb.

9. Hutan Bisa Menjadi Pengisi Ulang Akuifer

Sebelum segala sesuatu sampai ke permukaan bawah, terlebih dahulu hutan menghadapi dan menyerapnya. Ibaratnya, hutan adalah sponge raksasa. Meski demikian, hutan tentu tak mampu menyerap secara keseluruhan. Namun air yang lolos dari “halangan” hutan justeru bertumpuk di lapisan bawah dan hasilnya bisa jadi sumber air sumur. Lagi-lagi manusia yang memeroleh keuntungannya. Entah dengan menjadikannya sebagai air minum, irigasi, atau sanitasi.


10. Hutan Mampu Menghadang Angin

Angin memang membuat kita merasa segar. Namun jika terlalu besar, tentu anginnya akan menjelma menjadi sesuatu yang berbahaya. Karenanya, hutan mengendalikan pergerakan angin berlebih. Dengan demikian, angin menjadi lebih tenang. Situasi itu tentu bisa sangat menguntungkan, sebab mampu membantu proses penyerbukan tanaman juga.

11. Hutan Mencegah Berbagai Bencana

Hutan memiliki “bala tentara” yang siap melindungi kehidupan. Salah-satunya yaitu serabut akarnya yang kuat, yang mampu melindungi ekosistem dengan mencegah erosi akibat air atau angin. Jika tak terjadi deforestasi atau aksi pengundulan hutan, tentu ancaman lain bisa dicegah. Baik itu ancaman akan adanya bencana longsor atau juga badai debu.

12. Hutan Membersihkan Kotoran Dalam Tanah

Rasanya kita tak akan bisa membayar seseorang atau perusahaan jasa tertentu untuk bersih-bersih tanah yang terkena imbas kotoran. Namun hutan sudah siap sedia menjadi pembersih yang alami. Hutan juga bisa menggunakan fitoremediasi ketika menghadapi zat polutan tertentu. Pepohonan dalam hutan siap menangkis racunnya. Kalau tidak, pepohonan itu akan mengurangi kadar racunnya.

13. Hutan Bisa Membersihkan Udara

Untuk kelas rumahan, kita bisa meminta bantuan tanaman hias sebagai pembersih udara alami. Tapi tentu saja, kita tak boleh melupakan hutan, sesuatu yang sudah lama membersihkan udara dengan skala yang lebih besar atau jangkauan yang lebih luas. Lagipula, hutan bukan saja memupus kadar berlebih dari karbondioksida. Lebih dari itu. Hutan juga mencegah penyebaran polutan lain seperti sulfur dioksida, karbon monoksida serta nitrogen dioksida.

14. Hutan Menjadi Peredam Polusi Suara

Suasana hening bisa kita rasakan di hutan. Pepohonannya memang bisa menjadi pilar yang meredam bising. Semua itu berkat gemerisik daun, gemericik air, suara alam seperti kicau burung, dsb.

15. Hutan Menjadi Sumber Makanan

Banyak makhluk yang “numpang” makan dari hutan. Tak hanya hewan, manusia juga sama. Bicara soal sumber makanan dari hutan, kita mungkin langsung teringat pada buah-buahan, biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dsb. Namun faktanya banyak asupan makanan lain yang tumpah ruah. Entah itu jamur yang laik makan, buah berry, ikan, hewan yang legal serta halal diburu, dsb.

manfaat hutan bagi manusia, manfaat hutan bakau, manfaat hutan tropis, manfaat hutan lindung, manfaat hutan adalah
via : pinterest.com

16. Hutan Menyediakan Obat

Keanekaragaman hayati hutan memberi banyak keuntungan. Beberapa diantara bisa dijadikan sebagai obat alami, bisa juga dikolaborasikan dengan penawar modern. Obat sesak napas theophylline pun berasal dari pohon kakao. Malah sebanyak 70% tanaman yang mampu melawan kanker ada di hutan semua, khususnya hutan hujan.

17. Dengan Hutan, Kita Bisa Membuat Berbagai Hal

Bagaimana jadinya kalau kayu tak pernah ada? Sumber daya alam dan manusia yang saling melengkapi berhasil menjadikan pepohonan hutan sebagai kayu, lalu kayu menjadi benda-benar yang mendukung furniture kita. Belum lagi dengan kertas yang sudah memberi manfaat untuk berbagai keperluan. Semakin dimanfaatkan, otomatis proses penebangan hutan semakin meningkat. Karenanya kita wajib bertanggungjawab menanam kembali, merawat dan melestarikannya juga. Itu pun kalau kita pengin anak-cucu di generasi mendatang bisa merasakan kenikmatan yang sama.

18. Hutan Membuka Lapangan Pekerjaan

Bagaimana bisa?

Hutan menjadi tempat bergantung bagi sekitar 1,6 milyar orang. Mereka mendapat penghidupan darinya. Menurut PBB, ada sekitar 10 juta jiwa yang memang bekerja di sektor manajemen atau konservasi hutan. Hutan menjadi kontributor bagi para pebisnis, misalnya untuk usaha kayu dan olahannya.

19. Hutan Menyediakan Keindahan dan Keagungan

Keuntungan lain yang diberikan hutan yaitu berupa pemandangan indah nan mengagumkan. Kita bisa menikmati suasana hijau yang asri, aktivitasnya yang mengagumkan, ketenangannya yang menentramkan, dsb. Dengan begitu, kita jadi lebih mudah untuk mengapresiasi apa yang sudah Tuhan YME anugerahkan kepada khalifah buminya.

20. Hutan Memberi Kesempatan Untuk Eksplorasi dan Relaksasi

Kita mengenal fenomena biophilia, semacam ketertarikan manusia terhadap ciptaan sekitar, termasuk juga hutan. Hal ini masih bisa dijelaskan secara ilmiah. Biophilia ini menciptakan keterikatan atau chemistry tersendiri antara manusia dengan pemandangan serta segala isinya. Entah dengan air, kayu, lanskap, dsb. Jika semakin dieksplorasi, semua itu bisa mendatangkan efek positif. Misalnya menjadi lebih kreatif, bisa menjadi sumber mediatasi atau ketenangan, bisa mempercepat suatu penyembuhan, dsb. Bahkan kita bisa memeroleh usia yang lebih panjang, sebab begitu menikmati keadaan yang disajikan.

21. Hutan Menjadi Pillar

Hutan terlalu banyak memberikan keuntungan secara cuma-cuma. Hal itu akan terus berlanjut apabila kita bersedia menjaganya, bukan justeru menghancurkannya. Tentu kita tak mau kalau mesti menyesal di kemudian hari, sebab hutan yang sudah lama mengucurkan manfaat jadi tak berdaya dan bisa mendatangkan berbagai musibah.

Semakin mengapresiasi eksistensi hutan, kita mestinya semakin meningkatkan kesadaran akan perjuangan untuk terus melestarikannya. 21 Alasan Kenapa Hutan Sangat Penting Bagi Kehidupan. #RD