12 Bunga Paling Indah Terlangka di Dunia

Posted on

12 Bunga Paling Indah Terlangka di Dunia

Bunga menjadi salah-satu hadiah terindah yang dipersembahkan oleh alam. Jika diperkirakan, terdapat sedikitnya 400000 jenis bunga yang bertebaran di dunia. Beberapa diantaranya berstatus langka, sebab kemunculan mereka hanya terjadi di waktu-waktu tertentu.

Tak bisa dipungkiri, manusia memang menyukai pesona bunga. Buah dari tanaman ini memiliki banyak daya tarik. Sayangnya, sebagian dari mereka sudah jarang terlihat. Lebih sayang lagi, karena penyebabnya ada di tangan manusia sendiri. Kita kadang tak bisa bekerja secara efektif dan seimbang dengan alam.

Meski demikian, berikut ini 12 jenis bunga yang paling langka sekaligus terindah di dunia. Jom!

12. Bunga Wijaya Kusuma / Bunga Kadupul

10 bunga paling langka di dunia, bunga yang paling langka di dunia, 7 bunga paling langka di dunia, bunga yg paling langka di dunia, bunga paling indah dan langka di dunia

Selain langka, bunga ini memang unik dan cantik. Biasanya bunga ini eksis di beberapa hutan yang ada di Indonesia dan Sri Lanka. Itu pun mesti menunggu waktu yang tepat untuk betul-betul menyaksikan pesonanya. Bunga Kadupul hanya mekar ketika tengah malam. Kita tak boleh terlambat, sebab sebelum fajar pun bunga ini akan layu. Fenomena singkatnya waktu hidup Bunga Kadupul ini bahkan belum bisa dijelaskan secara gamblang oleh ahli botani manapun. Konon di kalangan abdi keraton Yogyakarta dan Surakarta bunga Wijaya Kusuma ini memiliki kekuatan magic. Karena keunikan dan aromanya yang wangi, bunga ini pun memiliki harga jual tinggi.

11. Bunga Gibraltar Campion / Silene Tomentosa

bunga langka terindah, bunga langka, bunga langka di indonesia, bunga langka di dunia, bunga langka di kalimantan

Pada tahun 1992, secara mengejutkan pihak botani di Gibraltar menyatakan kalau bunga ini sudah punah. Namun dua tahun kemudian, seorang pemanjat tebing memberi keterangan berbeda. Ia mengemukakan kalau bunga champion masih ada. Sekarang bunga tersebut diamankan di sebuah perkebunan Gibraltar, Inggris, dan di Royal Botanic Gardens di London. Itu pun hanya sedikit. Belum lagi peluang hidup bunganya sangat pendek.

10. Ghost Orchid / Anggrek Hantu

10 bunga langka di dunia, bunga terlangka di dunia, 10 bunga terlangka di dunia, nama bunga terlangka di dunia, nama-nama bunga terlangka di dunia, 7 bunga terlangka di dunia
via : pinterest.com

Sekilas, anggrek yang satu ini terlihat seperti sarang laba-laba. Bunga ini hanya hadir di Cuba dan Florida. Tempat budidayanya pun merupakan lokasi pilihan, sebab semuanya mesti menyesuaikan proses pertumbuhan bunga. Anggrek ini biasanya mekar selama 3 pekan, tepat di antara bulan April dan Agustus. Disebut anggrek hantu sebab bunga yang satu ini, aneh tapi nyata, tak memiliki daun. Sementara itu, warna batang dan bunga juga sama-sama hijau, sehingga kita terkadang sulit membedakannya.

9. Chocolcate Cosmos / Kosmos Cokelat

7 bunga paling langka indah cantik di dunia, bunga yg paling langka di dunia, bunga paling indah dan langka di dunia

Bunga Kosmos Cokelat (Cosmos atrosanguineus) ini menjadi salah-satu kebanggaannya bangsa Meksiko. Ketika mekar, bunga ini langsung mengeluarkan aroma cokelat. Dari tampilan fisik, kita bisa melihat kalau bunga ini memiliki paduan warna merah tua serta cokelat. Untuk waktunya sendiri, biasanya bunga ini bermekaran di akhir musim panas, tepatnya di waktu senja tiba. Namun karena sistem reproduksi vegetasi meningkat, bunga ini jadi berstatus langka. Hanya ada satu klon bunga yang masih terjaga. Bunga ini bahkan berada di bawah perlindungan hukum.

8. Franklin Tree

bunga yang paling langka di dunia, 7 bunga paling langka di dunia, bunga yg paling langka di dunia, bunga paling indah dan langka di dunia

Franklin Tree atau Franklinia alatamaha sebenarnya menjadi bagian dari keluarga teh. Namun yang satu ini begitu istimewa, sebab menjadi spesies satu-satunya dan statusnya begitu langka. Bisa kita lihat daun-daunnya yang putih wangi, yang kabarnya akan berubah menjadi merah menyala kala musim gugur tiba. Ada yang menamakannya sebagai Franklinia Alatamaha, sebab dulu bunga ini ditemukan di Sungai Altamaha, Georgia. Sayang, eksistensinya sudah berakhir. Adalah keluarga horticulturists atau pecinta kebun, yang kemudian mengamankannya sebelum benar-benar binasa di alam liar. Kini Franklin Tree menjadi salah-satu bunga ornamental yang terkenal.

7. Parrot’s beak / Bunga Paruh Beo

bunga indah dan langka, bunga indah yang langka, bunga indah nan langka, bunga paling indah dan langka, foto bunga indah dan langka
via : pinterest.com

Ini dia salah-satu bunga langka paling indah yang bisa kita temukan di Pulau Canary. Sesuai namanya, bentuk lengkung bunga ini memang mirip dengan paruh beo. Waktu mekar terbaiknya ada di musim semi, tepat ketika matahari penuh sedang terik. Namun sayangnya, eksistensi bunga ini terus menipis dari waktu ke waktu. Semuanya sudah berawal sejak tahun 1884-an. Karena itu bunga ini juga berada di bawah perlindungan hukum.

Lanjutkan : 6. Bunga Udumbara