10 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!

Posted on

10 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!

Pernikahan adalah salah satu perjalanan hidup yang akan dilalui oleh masing-masing individu. Bagi kamu yang akan ke tahap ini tentunya harus memiliki persiapan yang cukup matang, mulai dari proses persiapan pernikahan sampai menjalani biduk rumah tangga dengan baik.

Kamu juga harus tahu kalau mempertahankan hubungan pernikahan agar tetap harmonis tentunya sangat dibutuhkan tindakan yang tepat. Ini karena dalam setiap hubungan apalagi yang namanya rumah tangga pasti akan terjadi masalah, baik itu pertengkaran kecil ataupun masalah lainnya. Keadaan tidak sepaham pun sudah menjadi hal lumrah.

So, penasaran kan hal-hal apa aja yang wajib untuk kamu lakukan? Berikut adalah tips agar hubungan kalian bersama pasangan dapat tetap harmonis.

1. Komitmen

komitmen pernikahan, komitmen persatuan dalam keberagaman, komitmen pernikahan islam, komitmen pernikahan agama
via : pinterest.com

Kamu tahu nggak sih, pada dasarnya dalam menjalani setiap hubungan dibutuhkan sebuah landasan yang bernama “komitmen”. Begitu pula dengan pernikahan. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya sebuah komitmen, hubungan yang kamu jalani tak memiliki arah dan tujuan yang jelas. Kamu pasti nggak mau kan?

Sebuah komitmen juga dapat semakin memperkuat keharmonisan karena sebuah ikatan pernikahan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya konflik. Inilah yang terkadang memicu terjadinya pertengkaran, bahkan yang paling ekstrem adalah perpisahan. Kamu nggak mau kan hal ini terjadi? So, mulailah segala sesuatunya dengan komitmen, maka ketika terjadi permasalahan, kamu akan kembali diingatkan dengan kesepakatan yang telah kamu buat sebelumnya bersama pasangan.

2. Saling Terbuka

saling terbuka dengan pasangan, saling terbuka antar pasangan, saling terbuka dalam hubungan, saling terbuka dalam rumah tangga, saling terbuka suami istri
via : pinterest.com

Kamu harus tahu juga bahwa keterbukaan adalah salah satu kunci suksesnya menjalani hubungan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Hal ini sangat perlu agar kamu bisa saling mengenal serta memahami satu sama lain.

Intinya, dengan sikap saling terbuka, tidak ada lagi yang namanya jaga image.  Kamu dan pasangan sudah sama-sama mampu bersikap seperti diri sendiri tanpa adanya rasa canggung satu sama lain. Selain itu, kamu mampu memberikan argumen ketika tidak sependapat dengan pasangan.Well, pastinya kamu akan lebih mengenal karakter pasangan dan sudah mengetahui apa yang diinginkan. So, mulailah untuk lebih terbuka pada pasangan ya!

3. Mampu Mengendalikan Emosi

pengendalian diri dan emosi dalam keluarga, pengendalian diri dalam keluarga, contoh pengendalian diri dalam keluarga, contoh pengendalian diri di keluarga, pengendalian diri di lingkungan keluarga
via : pinterest.com

Ketika terjadi sesuatu hal dalam hubungan kamu, jangan keburu emosi dulu ya sama pasangannya. Kedewasaan dalam menyikapinya itu sangat dibutuhkan. Untuk itu, bicarakanlah secara baik-baik dengan pasangan kamu agar dapat menemukan solusi yang tepat, bukan dengan marah-marah tak jelas.

Pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang pastinya kamu akan menginginkan sekali dalam seumur hidup. Menyatukan dua pribadi yang memiliki karakter berbeda itu tidaklah mudah, namun untuk menyiasatinya bisa dengan cara bersikap mengalah ketika terjadi perbedaan atau perbedebatan. Terkesan anggun bukan?

Ingat ya, mengalah bukan berarti kalah. Kamu sudah menunjukan sikap dewasa dalam menjalani sebuah hubungan yang baik. Dengan mengalah, masalah yang terjadi akan dengan perlahan dapat terselesaikan.

4. Saling Memberikan Motivasi

motivasi keluarga bahagia, motivasi keluarga islam, motivasi keluarga sakinah, motivasi keluarga pdf, motivasi keluarga berencana
via : pinterest.com

Bagi kamu yang ingin tetap menjalin hubungan yang harmonis, tentu kamu dan pasangan harus saling memberikan motivasi ataupun semangat ketika sedang mengalami masalah dalam pekerjaan ataupun hal lainnya. Dukungan yang kamu berikan dapat menjadi penyemangat serta dapat mencairkan suasana hatinya lho, so sweet kan?

So, mulailah untuk lebih peka dengan apa yang dialami oleh pasangan kamu. Meskipun terlihat biasa, namun motivasi serta dukungan yang kamu berikan mampu memberikan kekuatan tersendiri lho. Penasaran? Silakan mencoba ya.

5. Menghargai Hobi Pasangan

hobi suami mahal, suami hobi main game, suami hobi main ps, suami hobi, suami hobi berhutang
hobi suami : via : pinterest.com

Setiap orang pasti mempunyai hobi, bahkan rela meluangkan waktunya berjam-jam hanya sekadar melakoni hobi yang digemari. Namun, hal ini jangan sampai membuat kamu geram dulu ya karena merasa nggak diperhatikan. Cobalah untuk berkomunikasi dengan baik bersama pasangan untuk membicarakannya.

Memberikan ruang bagi pasangan untuk menjalani hobinya mungkin bisa menjadi salah satu bentuk kedewasaanmu dalam bertindak, meskipun awalnya susah. Sikap seperti ini bisa menjadikan pasanganmu lebih menyayangimu. Yang terpenting adalah berikanlah pemahaman bahwa setiap hobi yang dilakukannya harus mempunyai batasan waktu sehingga tidak mengorbankan kebersamaan bersama pasangan.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working