Lazada Indonesia

10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat Bagi Anak-anak

10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat untuk Anak-anak

Apa manfaatnya memelihara hewan peliharaan?

Baik orang dewasa maupun anak-anak tentunya mendapat banyak faedah. Ada orang sengaja memelihara hewan untuk mengurangi stress, mencegah alergi, menjadi pribadi yang lebih baik, menjadikannya sebagai sahabat, dsb. Namun apakah semua hewan peliharaan itu baik bagi untuk anak-anak?

Sebuah survey dilakukan. Para pengisinya berasal dari “mantan” anak-anak, pecinta binatang, serta para orang tua. Beberapa hewan yang lazim dijadikan peliharaan seperti anjing, kucing, ikan, dsb, tentu masuk list. Umumnya mereka mempertimbangkan biaya hewan yang tidak terlalu mahal serta perawatannya yang dinilai mudah. Namun tentu saja, anak-anak diminta berperan serta untuk bertanggung-jawab atas hewan pilihannya tersebut.

Berikut ini 10 hewan yang diklaim terbaik dan difavoritkan untuk dirawat anak-anak. Jom!

1. Puppy/ Anak Anjing

cute teacup pomeranian puppies, cute teacup pomeranian, cute teacup pomeranian puppies for sale, cute baby teacup pomeranian, cute white teacup pomeranian, cute fluffy pomeranian puppies teacup

Singkatnya, puppy adalah anjing yang masih berusia muda atau kanak-kanak. Puppy biasa berukuran 0,45 sampai dengan 1,36 kg, sedangkan yang terbilang besar berukuran 6,8 sampai dengan 10,4 kg. Jika kondisinya baik, puppy yang baru lahir bisa berkembang dengan sehat dan pesat.

Awalnya mereka senang sekali menghabiskan waktu dengan tidur dan makan. Namun perkembangan lebih lanjut bisa terjadi setelah mata dan telinganya berfungsi lebih baik. Mereka jadi lebih mandiri dan aktif. Permainan yang disenangi seputar kejar-kejaran, tarik-menarik, dsb. Sifatnya bisa manja, banyak meminta atau menuntut ini-itu, labil, dan enerjik.

Sebenarnya diperlukan adaptasi tersendiri untuk bersosialisasi dengan mereka, sebab puppy cenderung takut jika berada anjing yang lebih dewasa, atau juga manusia. Kita disarankan untuk mengenalkan puppy tersebut ke dunia yang lebih luas dan beragam. Dengan demikian, kemampuan interaksi dan sosialisasinya pun ikut menanjak.

2. Anjing Dewasa

10 hewan peliharaan terbaik, daftar hewan peliharaan terbaik, game hewan peliharaan terbaik, hewan peliharaan yang terbaik, game hewan peliharaan terbaik android

Berbeda dengan puppy, anjing dewasa memang sudah terbilang agak senior. Dari ukuran tubuh sudah terlihat, lebih tinggi dan lebar. Perkembangan dasarnya juga sudah mulai mantap. Dibanding puppy, tingkat pengawasan kita terhadap mereka bisa berkurang. Hanya saja proses training atau pembelajaran masih tetap penting untuk dilakukan.

Kedewasaan pada anjing memang berbeda-beda, tergantung anakannya. Umumnya semua itu mulai muncul sejak usia 1 sampai 3 tahun. Kalau yang sudah benar-benar senior dimulai dari usia 6 sampai 10 tahunan. Anjing dewasa ini terlihat lebih percaya diri, sudah berpengalaman, lebih kaya akan pengetahuan, mandiri, dan perawatannya pun lebih mudah.

Jika puppy cenderung banyak permintaan, maka tidak dengan anjing dewasa. Hanya saja, mereka pun masih memerlukan atensi besar dari manusia. Agar lebih afdol, kita bisa tetap memerhatikan diet, olahraga, atau mungkin kebutuhan medis mereka.

3. Kitty, Kitten atau Anak Kucing

kucing lucu dan menggemaskan, kucing lucu banget, kucing lucu youtube, kucing lucu bergerak, kucing lucu dan imut

Jika istilah anjing anak-anak adalah puppy, maka untuk kucing disebut dengan kitty atau kitten. Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan betapa kiyut-nya hewan yang satu ini. Ketika lahir, anak kucing memang tak berdaya dan sangat bergantung pada induknya.

Ketika dia sudah melewati fase selama dua pekan, perkembangan pesat akan terjadi. Dia jadi lebih berani untuk mengeksplor dunia, di luar dari “sarangnya” yang nyaman. Untuk anak kucing domestik, umumnya mereka berjiwa sosial tinggi. Keberadaan manusia sebagai teman sangat mereka nikmati.

Perkembangan mereka, baik dari segi kekuatan maupun sistem koordinasi, berlangsung dengan cukup pesat. Mereka gemar bertikai dengan sesama, mulai menjelajah, belajar “mandi” sendiri dengan menjilat-jilat badannya, bermain “stalking”, berburu mangsa, dan mulai menunjukkan skill bawaannya sebagai seorang predator. Ketika masih sangat belia, disarankan kalau kitten ini sering berinteraksi dengan induk atau teman sepermainannya. Mereka akan membantu sosialisasi dan perkembangan sikapnya.

4. Goldfish / Ikan Mas

ikan mas lucu dan unik, ikan lucu dan unik, animasi ikan lucu, kartun ikan lucu, video ikan lucu

Goldfish termasuk ikan air tawar. Hewan ini menjadi salah-satu ikan akuarium yang paling difavoritkan. Tampilannya menarik. Biayanya tak terlampau mahal, kecuali ikan mas tertentu yang terbilang istimewa, maka harganya bisa melangit. Tak ayal, banyak orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan. Mereka juga dinilai bisa belajar mengembangkan sikap, baik itu secara individu maupun kelompok.

Bicara tentang sosialisasi, ikan koki termasuk tipikal yang senang bergaul. Ikan ini digambarkan sebagai hewan yang ramah terhadap sesama, sehingga jarang ada yang terlibat dalam pertikaian. Hanya saja kita musti lebih sensitif kalau soal pembagian makanan. Persaingan untuk merebut makanan bisa cukup ketat dan panas.

5. Kelinci

hewan peliharaan anak kost, hewan peliharaan anak kosan, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak muda, hewan peliharaan untuk anak

Ini dia hewan manis, berbulu halus, dan memiliki cara bergerak yang lucu, yang sering menggoda kita untuk memiliki dan merawatnya. Namun dibanding dengan hewan lain dalam list, kelinci mungkin termasuk pilihan yang musti banyak dipertimbangkan, apalagi kalau hendak dijadikan teman anak-anak. Perlu kesabaran dan pengertian ekstra untuk memelihara mamalia kecil ini.

Hewan ini memang sensitif. Mereka bisa merasa stress dan sakit tatkala manusia mengangkatnya. Tak jarang kalau mereka kabur secepat kilat, menendang, atau mungkin mengancam dengan gigi kelincinya. Karena itu banyak anak yang ketakutan atau merasa bosan sebab tak kuasa berinteraksi fisik dengan mereka.

Di sisi lain, kelinci termasuk hewan yang jiwa sosialnya tinggi. Mereka menikmati keberadaan binatang lain atau manusia. Keunggulan lainnya mereka itu tidak berisik, cukup menyenangkan untuk sekadar dilihat, dan memiliki kepribadian unik. Hanya saja kita musti sabar dan memahaminya. Sebisa mungkin kita juga menghabiskan waktu di ruangan indoor bersama mereka.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working