Lazada Indonesia

10 Sayuran terbaik untuk ditanam di halaman rumah

10 Tanaman Sayuran Terbaik untuk Halaman Rumah Anda

Sayuran tentu akan lebih lezat dan sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Bisa kita bayangkan ketika bisa memetik tomat, mencabut wortel, atau meraup brokoli dari kebun sendiri. Menyenangkan, bukan?

Aktivitas berupa budidaya tanaman sayur di halaman atau kebun sendiri memang sangat menguntungkan. Apalagi kalau kita memang hobi bercocok tanam. Kita bisa merasakan manfaat dari nutrisi sayur yang belum memudar. Rasanya pun tentu masih segar. Selain itu, kita bisa menghemat pengeluaran.

Nah, jenis sayuran apa saja yang biasanya mudah ditanam di kebun atau halaman rumah? Jom!

1. Brokoli

tanam sayuran di halaman rumah, tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

via : pinterest.com

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, serta vitamin A, C, dan B6. Cara menanam brokoli dalam wadah terbilang cukup mudah. Kita tinggal menyiapkan satu pot untuk satu tanaman brokoli. Kedalamannya sekitar 12 sampai dengan 16 inchi.

Kita musti hati-hati pada masalah hama berupa ulat kubis. Cirinya dilihat dari kupu-kupu yang terbang mengitari tanaman. Untuk menghindarinya, kita bisa menutup brokoli, misalnya dengan plastik atau penutup ringan. Kalau pun ada ulat yang terlihat, kita bisa membuangnya dengan tangan kosong.

2. Kacang Polong

bercocok tanam di halaman rumah, bercocok tanam di halaman sempit, bercocok tanam sayuran di halaman rumah, bercocok tanam cabe di halaman rumah, cara bercocok tanam di halaman rumah

Selain memberi rasa lezat, kacang polong juga menganugerahkan manfaat. Kacang polong mengandung zat besi, magnesium, potassium, serat, dan vitamin A, C, serta B6. Cara untuk menanamnya terbilang sederhana. Kita tinggal menabur kacang dengan jarak 2 inchi, yang masing-masing sedalam 10 inchi. Musuh besar ketika menanam kacang yang satu in yaitu cuaca panas. Beda lagi ketika cuacanya ada diantara 40 sampai dengan 85 derajat Fahrenheit.

3. Kacang-kacangan

tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

Jenis kacang-kacangan yang tersebar ada kacang merah, kacang hijau, atau kacang kering lain. Umumnya bahan makanan ini memang memiliki kandungan berlimpah, khususnya akan serat, zat besi, fosfor, dsb. Tanam kacangnya dalam wadah, masing-masing dengan jarak 4 inchi dan sedalam 12 inchi. Kita juga musti memerhatikan masa panennya. Pastikan kacangnya mongering. Warna cangkangnya cokelat muda, dan isinya sudah mengeras. Setelah itu, kita bisa menempatkannya dalam wadah yang kering dan dingin.

4. Kubis Brussel

tanam sayuran di halaman rumah, tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

Jika kubis yang satu ini dimasak dengan benar, rasanya akan enak dan manis. Selain itu, kubis ini juga siap memberikan kandungan magnesium, potassium, riboflavin, serat, serta berbagai vitamin seperti A, C, dan B6. Untuk menanamnya, kita bisa menancapkan kubis sedalam 16 inchi dalam wadah. Untuk hamanya sendiri, kita musti waspada akan cacing kubis, yang juga kerap menyerang brokoli.

5. Tomat

cara menanam sayuran di pekarangan rumah, berkebun sayur di rumah, cara menanam sayuran di rumah, cara berkebun di halaman rumah yang sempit, cara menanam cabe di pekarangan rumah, cara menanam sayur di polybag, cara menanam sayuran sawi, berkebun hidroponik

Tomat masak yang biasa dipayungi cahaya matahari memang begitu menggoda. Warnanya pun membuat kebun jadi terlihat indah. Tapi yang terpenting, tomat juga menyediakan segudang menfaat. Tomat mengandung potasium, magnesium, niacin, zat besi, serat, vitamin C, A, B6, serta antioksidan likopen.

Untuk penanaman tomat dalam wadah biasanya tergantung varietasnya sendiri. Untuk yang tinggi, kedalamannya bisa 18 inchi. Yang sedang bisa sedalam 12 inchi. Sementara untuk yang ukuran pendek bisa sedalam 8 inchi. Satu pot, satu tanaman tomat. Hanya saja kita mesti hati-hati akan ancaman ulat. Begitu melihatnya, kita musti segera menepisnya.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working