Lazada Indonesia

Lakukan 7 Hal Sederhana ini Untuk Melindungi Bumi dari Pemanasan Global!

Lakukan 7 Hal Sederhana ini Untuk Melindungi Bumi dari Pemanasan Global!

Bumi saat ini mengalami masalah yang cukup serius terkait dengan perubahan kondisi iklim yang terjadi, pastinya kamu tahu kan guys? Apalagi kalau bukan pemanasan global yang sudah menjadi isu hangat dan menjadi bahan perbincangan semua kalangan. Perlu kamu ketahui, pemanasan global berarti terjadinya peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi yang diakibatkan karena terjadinya perubahan iklim. Dampak dari pemanasan global tentu sudah mulai kita rasakan saat ini.

Nah, kamu bisa bayangkan jika suhu permukaan bumi yang kita tempati ini mengalami peningkatan terus-menerus. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup kita. Pastinya kamu tidak mau hal ini terjadi kan? Nah, kamu dapat melakukan tips-tips sederhana ini untuk meminimalisir pemanasan global!

1. Kurangilah untuk Mengkonsumsi Daging

cara mencegah pemanasan global, cara menanggulangi pemanasan global, cara mengurangi pemanasan global, cara penanggulangan pemanasan global

Ternyata mengkonsumsi daging memiliki hubungan dengan terjadinya pemanasan global! Penelitian menyebutkan bahwa industri peternakan menjadi penyumbang 18% “jejak karbon” dunia. Ini jauh lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll) dalam memberikan kontribusi terhadap kejadian pemanasan global.

Jadi, semakin banyak kamu mengkonsumsi daging, maka peternakan juga akan meningkatkan produksi hewan ternak. Hal ini akan berimbas pada peningkatan jumlah emisi karbon yang dihasilkan, atau yang biasa kita sebut dengan istilah gas rumah kaca. Gas rumah kaca ini termasuk salah satu penyebab pemanasan global, jadi, yuk mari kita kurangi konsumsi daging dari sekarang!

2. Mulai Sekarang, Cobalah untuk Berbelanja di Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal Kamu

cara pemanasan global berlaku, cara mengatasi pemanasan global, cara mengatasi pemanasan global dunia, cara mengatasi pemanasan global di indonesia dan malaysia, cara mengurangi pemanasan global

via : pinterest.com

Jika kamu hendak berbelanja, cobalah untuk belanja di sekitar tempat tinggal kamu. Apalagi saat ini sudah banyak toko dan minimarket disekitar tempat tinggal kita, jadi kamu tidak perlu berbelanja jauh-jauh.

Guys, dengan berbelanja di lingkungan sekitar tempat tinggal, kamu akan menghemat biaya tansportasi yang harus kamu keluarkan lho! Pastinya, emisi karbon yang dihasilkan oleh alat transportasi yang dapat memicu terjadinya pemanasan global juga akan berkurang.

3. Jika Pengisian Ulang Baterai Kamu Sudah Penuh, Segera Cabut!

pemanasan global pdf, pemanasan global ppt, pemanasan global dan perubahan iklim, pemanasan global disebabkan oleh, pemanasan global 2015-2016

Guys, sekarang mulailah untuk berlaku hemat listrik! Nah hemat listrik sendiri dapat dimulai dari hal-hal kecil misalnya segera mencabut charger kamu jika baterai handphone telah penuh. Dengan menghemat listrik setidaknya dapat mengurangi pemanasan global lho! Kok bisa?

Listrik pada dasarnya diproduksi dari pembakaran batu bara. Setiap hasil pembakaran batu bara akan menghasilkan karbondioksida sehingga menimbulkan polusi udara. Ini akan berpengaruh besar terhadap pemanasan global. Jadi, jika kamu berhemat listrik, kamu dapat mengurangi gas buang yang dihasilkan oleh produksi listrik tersebut.

4. Matikanlah Lampu! Jika Kamu Telah Menyelesaikan Aktivitas

cara mengatasi pemanasan global dunia, cara mengatasi pemanasan global karangan, cara mengatasi pemanasan global karangan spm, cara mengatasi pemanasan global stpm

via : pinterest.com

Pada dasarnya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global diperlukan perubahan dari diri kita sendiri.  Hal ini karena berbagai macam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tidak terlepas dari emisi gas karbon yang dapat memicu pemanasan global.

Nah, sekarang kamu harus hemat dalam menggunakan listrik ya! Usahakan untuk selalu mematikan lampu yang sudah tidak diperlukan. Meskipun hal ini kelihatannya sepele namun ternyata mematikan lampu memberi dampak yang cukup signifikan untuk meminimalisir dampak pemanasan global.

5. Gunakan Kendaraan Umum untuk Mengurangi Emisi Karbon

contoh karangan pemanasan global pmr, contoh karangan pemanasan global pt3, contoh karangan pemanasan global stpm, contoh karangan pemanasan global spm, contoh esei pemanasan global

Guys, mulai dari sekarang perbiasakanlah diri untuk menggunakan transportasi umum ya! Meskipun kamu memiliki kendaraan pribadi, tapi tidak ada salahnya jika kamu sesekali menggunakan angkutan umum dalam beraktivitas. Selain menghemat biaya, dengan menggunakan transportasi umum juga kamu sudah mengurangi gas buang yang dihasilkan oleh bahan bakar yang ada pada kendaraan lho!

Nah melindungi bumi sudah menjadi tugas kita semua, jadi jangan ada lagi istilah ‘suka-suka gue‘ ya, sebab jika bukan kita siapa lagi yang akan merawat bumi tercinta ini?

6. Terapkanlah Prinsip Reuse, Reduse, dan Recycle (3R)

contoh global warming di indonesia, contoh global warming di dunia, contoh global warming dalam bahasa inggris, contoh pidato global warming, contoh speech global warming

Salah satu penyebab terjadinya segala macam permasalahan lingkungan yang dirasakan saat ini adalah keegoisan dan sikap ketidak pedulian yang ada pada diri masing-masing. Banyak orang yang merasa dirinya mampu, sehingga hanya memikirkan kenyamanan pribadi tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan. Nah, kalau kamu merasa tidak memiliki sikap egois, yuk kita lakukan prinsip 3R ini!

Reuse atau menggunakan ulang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu guys, misalnya dengan menggunakan botol air minum yang telah kamu sediakan dari rumah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah dari air minum kemasan. Contoh lainnya misalnya menggunakan tas belanjaan yang bisa digunakan berkali-kali dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat kamu lakukan.

Selanjutnya adalah reduce atau mengurangi. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil yang ada di sekelilingmu seperti tidak menggunakan bahan bakar secara berlebihan, mematikan mesin kendaraan jika sedang terjadi macet total, mengutamakan hemat energi dalam setiap pembelian barang-barang elektronik, menggunakan AC ruangan secara hemat, dan masih banyak hal lainnya.
Terakhir adalah recycle atau daur ulang. Disini, keterampilan kamu dalam berkreasi sangat diperlukan untuk mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi menjadi barang yang bisa dimanfaatkan.

7. Mulailah untuk Menanam Pohon

cara mengatasi pemanasan global, cara mencegah pemanasan global, cara menanggulangi pemanasan global, cara mengurangi pemanasan global, cara penanggulangan pemanasan global

Sekecil apapun benih pohon yang kamu tanam dapat mengurangi efek gas rumah kaca lho guys! Kamu mungkin belum bisa merasakan manfaatnya sekarang, namun ini akan menjadi bekal untuk generasi selanjutnya.

Pohon mampu menyerap emisi gas karbon yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Jadi, dengan menanam pohon, kamu bisa menyelamatkan lingkungan yang saat ini sudah mulai tercemar akibat ulah manusia yang kurang mencintai lingkungan.

Ayo guys! Saatnya untuk melakukan perubahan; buktikan kecintaan kamu pada alam dan lingkungan sekitar dengan tindakan yang nyata. Saat ini juga telah banyak juga organisasi-organisasi yang bergerak di bidang lingkungan dan kamu bisaikut terlibat di dalamnya. So, dari semua tips diatas, yang mana yang akan segera kamu lakukan? Ingat, jika bukan kita, siapa lagi yang akan memulai? Lakukan 7 Hal Sederhana ini Untuk Melindungi Bumi dari Pemanasan Global! #OG