Lazada Indonesia

7 Cara Ini Buat Kamu yang Masih Malu-Malu Berbicara Di Depan Umum!

Sudah Bukan Jamannya Malu Bicara Di Depan Umum

Berbicara di depan umum, baik di depan belasan orang maupun puluhan bahkan ribuan orang, merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Yang terpenting bukan bagaimana cara kita melakukannya, tetapi bagaimana pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima dan dipahami oleh orang lain. Dengan cara berbicara yang baik, maka pesan dapat tersampaikan dan dapat memberi dampak pada orang lain.

Mari kita lihat para motivator di Indonesia yang terus melakukan public speaking di hadapan orang-orang yang berbeda. Memberikan motivasi sekaligus menunjukkan bahwa yang mereka sampaikan adalah hal yang nyata, tidaklah mudah untuk dilakukan. Untuk dapat berbicara di depan umum seperti itu, haruslah didasari dengan keberanian dan percaya diri yang kuat.
Setelah muncul rasa percaya diri dan keberanian untuk berbicara di depan umum, barulah kita dapat menghiasi public speaking kita dengan hal–hal lainnya. Lalu bagaimana caranya kita dapat berbicara di depan umum dengan baik? Yuk simak 7 cara berbicara didepan umum berikut ini!

ngomong di depan umum, cara ngomong di depan orang banyak, cara ngomong di depan umum, cara berani ngomong di depan umum, cara pintar ngomong di depan umum

Effective Public Speaking

1. Rencanakan dengan Baik

Pertama, pastikan bahwa materi yang ingin kamu bicarakan siap dan ditulis dengan detail dan baik. Bayangkan jika kamu membaca sebuah buku, apakah kamu dapat menggambarkan isi buku tersebut hanya dengan membaca satu paragraf di awal? Pastinya tidak dong.
Dalam hal berbicara di depan umum, penting untuk memberikan gambaran apa yang ingin kamu sampaikan untuk menarik minat para pendengar. Selain itu, kamu juga dapat memulai dengan memberikan fakta, data, atau bahkan cerita yang nantinya dapat kamu arahkan pada materi. Nah, merencanakan materi dengan baik tentu dapat membantu kamu untuk tetap fokus pada apa yang kamu ingin sampaikan.

2. Latihan

Pasti kamu sering mendengar istilah “Practice Makes Perfect”.  Benar sekali, kamu harus banyak berlatih dan membayangkan bagaimana kamu ketika berbicara di depan umum. Sebisa mungkin, ketika kamu berlatih, ada orang yang menjadi pendengar kamu. Ketika sudah selesai, kamu bisa meminta kritik dan saran pada pendengar kamu supaya nantinya kamu bisa menjadi pembicara yang lebih baik lagi.

bicara di depan umum.ppt, bicara didepan umum pdf, berbicara di depan umum, berbicara di depan umum ppt, berbicara di depan umum dengan baik

Interaksi Audiens

3. Berinteraksi dengan Audiens

Pidato atau public speaking yang baik adalah public speaking yang sifatnya dua arah dengan interaksi bersama para audiens. Dengan melakukan interaksi dengan audiens, kita akan menjadi lebih terbuka dan dapat membuat audiens merasa seperti berada dalam materi kita.

Ketika berbicara di depan umum, hindari penggunaan kalimat “saya pikir…”, “menurut saya…” dan kalimat lainnya yang cenderung mengungkapkan pendapat pribadi karena hal ini mengurangi peluang kita untuk dapat meyakinkan audiens. Pilih kata yang jelas dan to the point untuk menunjukkan ketegasan. Dengan ketegasan ini, kamu dapat mengendalikan audiens untuk dapat berinteraksi dengan kamu.

4. Bahasa Tubuh dan Gerakan Tubuh

Saat berbicara di depan umum, kamu menjadi pusat perhatian dan fokus para audiens. Setiap gerakan tubuh dan raut muka yang muncul akan diperhatikan oleh audiens. Apabila kita gugup dan menunjukkan keraguan, maka audiens akan mengetahuinya dan dapat menghilangkan kepercayaan audiens terhadap apa yang kita sampaikan.
Yang harus kamu lakukan adalah berdiri dengan tegap, ambil nafas dalam–dalam, rileks, tatap audiens dengan yakin, dan tersenyumlah. Tidak perlu berjalan mondar–mandir dan menghindari pandangan audiens. Kamu cukup bersikap natural dan santai. Arahkan pandangan kamu ke seluruh audiens. Daripada hanya diam di tempat atau mondar-mandir tanpa ada interaksi, sebaiknya kamu berjalan perlahan dan menguasai panggung sehingga kamu nyaman berbicara dari segala arah.

bicara didepan umum, bicara lepas didepan umum, berbicara didepan umum, cara bicara depan umum, belajar bicara depan umum, teknik bicara depan umum

5. Berpikir Positif

Berpikir positif akan sangat membantumu dalam public speaking, karena dengan berpikir positif maka kamu akan tampil lebih percaya diri. Pikiran–pikiran negatif seperti “bagaimana nanti apabila audiens tidak suka dengan materiku?” atau “Aku sepertinya akan tampil buruk” akan membuat percaya dirimu melemah dan berpengaruh pada caramu berbicara nantinya.
Hindari pikiran negatif dengan melakukan dua hal, yakni afirmasi diri dan visualisasi. Pertama, visualisasikanlah bahwa nanti kamu akan melakukan public speaking yang baik. Kemudian lakukanlah afirmasi diri dengan cara, berbicara dengan bayanganmu di cermin dan yakinkan dirimu dengan mengucapkan berbagai kata positif seperti  “Kamu bisa!” “Kamu pasti berhasil!” dan lain sebagainya.

6. Kuasai Ketakutanmu

Kalau kamu jarang melihat seorang pembicara melakukan public speaking dengan buruk, ini karena mereka mampu menguasai ketakutan mereka. Mereka berhasil menguasai ketakutan ini pun karena mereka terbiasa untuk berbicara di depan audiens.
Bagi kamu yang masih mencoba berbicara di depan umum, kamu bisa melakukan latihan pernafasan. Dengan bernafas secara teratur dan rileks, maka kamu akan lebih tenang dan dapat menghindari ketakutan–ketakutanmu. Apabila audiens dengan jumlah banyak membuat kamu lebih gugup dibandingkan ketika kamu berbicara secara personal, kamu dapat membayangkan kalau kamu berbicara dengan mereka satu persatu.

bicara depan publik, bicara di depan umum, cara bicara depan umum, bicara di depan orang banyak, bicara didepan publik, berbicara didepan publik, bicara depan umum, cara bicara depan publik, tips bicara depan publik

Why Not Start Today?

7. Rekam dan Pelajari

Setiap kamu melakukan public speaking, usahakan kamu merekamnya, lalu tonton rekaman itu di kemudian hari. Pelajari bagaimana teknik berbicara kamu, gerakan tubuh kamu, dan audiens yang menyaksikan. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat meningkatkan kemampuan public speaking yang kamu miliki.
Perhatikan baik – baik ketika kamu sedang berbicara dan ada audiens secara sengaja maupun tidak memotong pembicaraanmu. Perhatikan bagaimana reaksimu, apakah kamu rileks, terkejut, atau marah. Dengan mengetahui hal itu, kamu dapat menyusun strategi untuk public speaking berikutnya.

Selalu pahami bahwa setiap orang akan mengalami kegugupan dan bahkan kesalahan ketika melakukan public speaking. Jadi ini bukan soal melakukan kesalahan atau tidak, tapi bagaimana kamu dapat konsisten untuk melakukan public speaking. Para pembicara handal yang telah muncul di berbagai acara pun pasti pernah melakukan kesalahan.
Melakukan ketujuh hal diatas dapat membantumu untuk lebih mempersiapkan diri kamu ketika menghadapi public speaking. Setelah menguasai ketujuh hal tersebut, lakukanlah secara rutin dan berulang. Ketika hal–hal diatas menjadi kebiasaan kamu, maka kamu akan lebih percaya diri. Sesekali tantang dirimu dengan melakukan inovasi setiap berbicara di depan umum misalnya dengan menyisipkan humor dalam materimu atau membuat permainan yang menuntut interaksi audiens ketika melakukan public speaking. Lakukanlah hal–hal itu sampai kamu menemukan ciri khasmu sendiri. Orang akan lebih mudah mengenalmu ketika kamu memiliki ciri khas. Bagaimana? Sudah siap jadi public speaker yang handal? 7 Cara Ini Buat Kamu yang Masih Malu-Malu Berbicara Di Depan Umum! #OG