Home General Tau Nggak Sih? Kelima Penemuan Ini Menggubah Hidupmu Sekarang

Tau Nggak Sih? Kelima Penemuan Ini Menggubah Hidupmu Sekarang

3
SHARE

Penemuan atau invention adalah suatu usaha yang bisa menghasilkan sesuatu teknologi yang terus berkembang dan dapat kita gunakan hingga saat ini. Kamu pernah membayangkan nggak sih, apa jadinya hidupmu saat ini apabila dulu tidak ada penemuan-penemuan tersebut. Jelas hidupmu akan semakin susah bukan?

Tujuan dari teknologi adalah untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Penemuan teknologi tidak mungkin terjadi apabila tidak ada ilmu pengetahuan di dalamnya. Ilmu pengetahuan inilah yang membuat orang semakin penasaran dan terus meneliti mengenai sesuatu yang ingin mereka capai.

Para ilmuwan terdahulu tentu saja menjadi orang yang sangat berjasa bagi kehidupanmu sekarang. Hampir setiap item yang kamu gunakan sekarang ini adalah hasil penemuan dari para ilmuwan tersebut. Misalnya, ponsel, televisi, mobil, dan masih banyak lagi. Terus, apa saja sih, penemuan-penemuan yang mampu mengubah kehidupanmu sekarang ini ?

1. Komputer

penemu komputer pertama, penemu komputer pertama kali, generasi komputer pertama, pencipta komputer pertama, pencipta komputer pertama di dunia
komputer pertama di dunia

Di era modern dan berteknologi tinggi saat ini, siapa yang tidak kenal dengan komputer. Kini komputer pastinya sudah menjadi suatu kebutuhan buat kamu, dari urusan hiburan hingga urusan pekerjaan semuanya memerlukan komputer. Apakah kamu tahu siapa yang menciptakan komputer dan bagaimana penemuan komputer pertama kali di dunia?

Cikal bakal penemuan komputer pertama di dunia adalah sebuh mesin hitung sederhana yang diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822. Setelah itu, para ilmuwan terus mengembangkan penemuan tersebut, hingga pada tahun 1946 Dr. John W dan J. Presper Eckert Jr berhasil menemukan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) .

Jangan bayangkan kalau komputer pertama ini punya bentuk yang sama dengan komputer yang ada di hadapan kalian saat ini ya! ENIAC ini memiliki berat sekitar 30 ton. Jadi dapat dibayangkan dong, betapa besarnya komputer pertama ini.

Saat ini, komputer terus mengalami perkembangan hingga menjadi semakin canggih dan praktis. Komputer jinjing atau laptop pun juga sudah ditemukan, sehingga memudahkan kamu untuk membwa alat ini kemana-mana.

2. Handphone

handphone pertama di dunia, handphone pertama di indonesia, handphone pertama kali ditemukan, handphone performa terbaik, handphone percuma
handphone pertama merek motorola

Handphone pertama merek motorola via kaskus.co.id

Handphone atau yang sering kita sebut ponsel atau HP ini seakan sudah menjadi belahan jiwa kamu, karena mungkin sebagian besar dari kamu sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari barang yang satu ini. Bahkan, saking ketergantunganya dengan barang satu ini kamu akan merasa hampa jika untuk beberapa saat saja kamu tidak memegang HP.

Sebelum adanya handphone, alat komunikasi yang terlebih dahulu ditemukan adalah telepon. Seperti yang kita ketahui, telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Kemudian para ilmuwan terus melakukan inovasi supaya alat komunikasi ini bisa dibuat menjadi alat yang lebih praktis.

Pada tahun 1973, Dr. Martin Cooper dari perusahaan Motorola berhasil menemukan hanphone untuk pertama kalinya. Handphone tersebut memiliki berat hingga 1 kg yang dalam pembuatannya memerlukan dana hingga 1 juta US Dollar. Wow! jumlah yang tidak sedikit bukan ?

Saat ini handphone terus berkembang menjadi semakin canggih. Fitur yang ditawarkan dari handphone model terbaru pun semkain bervariasi. Harganya pun semakin lama juga semakin bersaing, bahkan untuk saat ini, hanya dengan uang kurang dari 1 juta rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan smartphone lho!

3. Pesawat Terbang

penemu pesawat pertama di dunia, pencipta pesawat pertama di dunia, pesawat siluman pertama di dunia, penerbangan pesawat pertama di dunia, siapa penemu pesawat pertama di dunia


Alat transportasi ini sampai sekarang masih identik dengan golongan menengah keatas. Hal tersebut karena biaya yang dikeluarkan jika kamu ingin menggunakan alat transportasi ini tidaklah sedikit, tapi keunggulannya adalah kamu bisa mencapai daerah yang cukup jauh dengan waktu yang relatif singkat.

Bayangkan saja, apabila  pada 17 Desember 1903 Wright Brothers tidak menemukan pesawat, mungkin sampai saat ini, jika kita ingin berpergian jauh melintasi negara dan benua, kita harus memerlukan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Namun, pesawat yang ditemukan pada saat itu tentunya juga masih sangat sederhana, bahkan mesin dan sayap masih dikendalikan oleh manusia.

Kini, teknologi dari pesawat juga semakin berkembang. Banyak produsen pesawat terbang yang memproduksi pesawat yang sangat canggih dan mampu memuat banyak penumpang. Maskapai penerbangan kini juga semakin menjamur dan saling menawarkan promosi harga untuk penerbangan yang mereka sediakan.

4. Mobil

mobil termahal pertama di dunia, pembuat mobil pertama di dunia, pabrik mobil pertama di dunia, mobil honda dan marcedes pertama di dunia
mobil mercedes benz pertama di dunia

Mobil merupakan alat transportasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena pasti kamu dapat menemukan alat transportasi ini di jalanan. Berbagai produsen mobil terkenal pun terus mengembangkan produk mobil andalan mereka, mulai dari city car dengan ukuran kecil dan harga yang relatif terjangkau, hingga mobil keluarga yang mampu memuat seluruh anggota keluarga untuk bepergian.

Selain fungsi utamanya sebagai alat transportasi, ada juga mobil-mobil yang dijadikan sebagai barang koleksi dan investasi karena harganya yang luar biasa mahal. Kebanyakan dari mobil dengan harga selangit tersebut adalah mobil yang berjenis sport dengan kemampuan laju yang sangat cepat.

Nah, mobil-mobil tersebut tidak akan ada tanpa adanya penemuan mobil untuk pertama kalinya oleh Nicolas Joseph Cugnot pada tahun 1879. Penemuan mobil saat itu pun juga masih sangat sederhana dan bahan bakarnya belum menggunakan bensin satu solar seperti sekarang ini melainkan masih menggunakan tenaga uap.

5. Televisi

penemuan yang mengubah dunia, 5 penemuan yang mengubah dunia, penemuan kecil yang mengubah dunia, resensi buku penemuan yang mengubah dunia, penemuan abad 20 yang mengubah dunia, penemu yang mengubah dunia, penemuan mengejutkan dunia, penemuan paling mengejutkan, penemuan yang mengejutkan dunia
televisi pertama kali via : penemu-ilmuan.blogspot.com

Hasil dari teknologi ini yang membuat kita bisa melihat dunia dengan lebih dekat. Bagaimana tidak, kamu bisa melihat apa yang terjadi di belahan bumi lain dalam waktu yang bersamaan hanya dengan menyalakan layar televisi yang ada di rumah kamu masing-masing.

Televisi pertama kali ditemukan oleh John Logie Baird pada Januari 1925. Tabung televisi tersebut mampu meproyeksikan gambar ke layar. Walaupun televisi sudah ditemukan sejak tahun 1925, siaran televisi pertama baru ada pada 4 tahun kemudian lho, yaitu pada tahun 1929. Siaran televisi pertama itu dilakukan oleh  BBC Channel.

Nah, demikian penemuan-penemuan yang dapat mengubah hidup kita saat ini. Bayangkan saja jika penemuan-penemuan tersebut tidak ditemukan, mungkin hidup kita tidak akan semudah sekarang. Intinya, perkembangan teknologi dan penemuan-penemuan tersebut jangan sampai membuat hidup kita menjadi tidak bermakna. Jangan sampai penemuan-penemuan ini malah membawa dampak negatif untuk hidup kita.

Pastinya kita juga harus membentengi diri kita sendiri, jangan sampai terbawa arus dan membuat lingkungan kita menjadi semakin buruk. Misalnya saja, mobil yang semakin lama jumlahnya semakin tidak terkendali dapat membuat jalanan macet dan polusi udara. Sikap bijak kita sangat diperlukan lho untuk menggunakan penemuan hasil dari teknologi tersebut. 5 Penemuan yang Mengubah Dunia #OG