5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Lampu Hazard!

Posted on

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Lampu Hazard!

Tinggal di kota yang padat dan ramai seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan kota lainnya, tentunya membutuhkan kecerdasan dalam berkendara. Bagi kamu yang sudah sering menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari – hari tentunya sudah memahami seluk beluk kendaraan kamu tersebut. Tapi, tahukah kamu tentang lampu Hazard dan tahukah cara menggunakan lampu ini?

Sering kita temui pada saat parkir, beberapa pengemudi menyalakan lampu hazard tanpa kamu tahu tujuan jelas mereka menyalakan lampu tersebut. Seketika tempat parkir menjadi ajang festival lampu dengan mobil-mobil yang menyalakan lampu hazard. Beberapa dari kamu mungkin mengartikan lampu hazard secara harfiah, bahwa lampu ini digunakan ketika ingin memperingatkan pengemudi lain bahwa ada bahaya (hazard) di jalanan depan kita. Namun tak sedikit pula yang menggunakan lampu ini, akan tetapi tidak paham penggunaan sesungguhnya.

Jadi, kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan lampu hazard ini? Apakah ketika kita melihat jodoh di depan? Ataukah ada  waktu–waktu khusus di mana kita diwajibkan menggunakan lampu hazard. Dari sekian banyak perbincangan antar sesama pengguna mobil dan beberapa penegak lalu lintas, terdapat 5 hal yang perlu kamu pahami tentang lampu hazard dan kapan waktu yang pantas untuk kamu menggunakan lampu ini.

1. Kamu Bingung Parkir

skema rangkaian lampu hazard mobil, rangkaian lampu sein dan hazard pada mobil, hazard warning lights in car, hazard warning lights should used when vehicle are, hazard warning lights mot, hazard warning lights should be used when, hazard warning lights australia

Momen ini sering kamu ditemui ketika memasuki  beberapa event indoor maupun outdoor, seringkali kamu tidak tahu harus parkir di mana. Di saat seperti ini, kamu diperbolehkan menggunakan lampu hazard untuk menunjukkan bahwa kamu membutuhkan bantuan memarkir mobil kamu. Di beberapa negara di Amerika dan Eropa, kebiasaan ini sudah disepakati oleh para pengemudi. Ketika kamu sudah mendapatkan bantuan dari tukang parkir, segeralah mematikan lampu hazard kamu agar tidak mengganggu pengendara lain.

2. Ada Bahaya Di  Depan

lampu hazard mobil mati, lampu hazard mobil nyala terus, lampu hazard mobil menyala terus, lampu hazard mobil adalah, rangkaian lampu hazard mobil

Sering kamu jumpai para pengendara yang berada di jalur cepat seperti tol dan jalan-jalan besar lainnya, mereka menggunakan hazard ketika malam hari. Banyak yang berpendapat ini dilakukan agar memperjelas kondisi jalanan, namun perlukah hal ini dilakukan? Penggunaan lampu hazard ketika  kamu berada di jalur cepat sebaiknya dilakukan ketika jalanan di depan kamu terdapat banyak gangguan seperti lubang, hewan liar, tanah longsor, batu, dan lain sebagainya. Sehingga dapat mengingatkan pengendara lain yang ada di belakang kamu.

3. Kondisi Cuaca Buruk

lampu hazard di motor mobil, lampu hazard motor touring, lampu hazard menyala terus, lampu hazard adalah, lampu hazard nmax

Walau masih menjadi perdebatan apakah penggunaan lampu hazard layak ketika kondisi cuaca buruk, namun banyak pula yang mengungkapkan bahwa lampu hazard penting dalam kondisi ini. Menemui badai atau hujan lebat di tengah perjalanan tentunya sudah hal biasa bagi para pengendara, yang menjadi sorotan adalah penggunaan lampu hazard. Dengan menyalakan lampu hazard, kamu dapat menginformasikan bahwa kamu sedang dalam perjalanan dengan kecepatan kendaraan di bawah kecepatan rata–rata, sehingga pengendara lain dapat  lebih waspada.

Pendapat lain mengungkapkan bahwa banyak kendaraan roda empat yang tidak dapat menunjukkan lampu seins nya ketika menyalakan lampu hazard. Hal ini dapat membahayakan pengendara lain ketika kamu ingin berbelok dan merasa sudah menyalakan lampu seins, namun tidak terlihat karena kamu juga menyalakan lampu hazard. Sehingga banyak yang yang menyarankan  untuk selalu mengecek kondisi lampu hazard ketika ingin berbelok.

4. Mobil Mogok di Bahu Jalan

Seringkali kamu mengalami kondisi tidak terduga seperti mogok, ban pecah, atau kondisi lain yang mengakibatkan mobil berhenti di bahu jalan. Hal yang biasa kamu lakukan adalah sesegera mungkin menelfon jasa tarik mobil. Di saat kamu menunggu, alangkah baiknya apabila kamu menyalakan lampu hazard kamu. Hal ini dilakukan untuk memperingatkan pengendara lain bahwa perjalanan mereka akan sedikit terhambat.

5. Mendaki Tanjakan Tajam

lampu hazard mobil mati, lampu hazard mobil nyala terus, lampu hazard mobil menyala terus, lampu hazard mobil adalah, rangkaian lampu hazard mobil

Medan perjalanan tidak pernah dapat ditebak, kadang kamu melewati jalanan yang berkelok dan juga jalanan yang penuh dengan tanjakan dan turunan. Penggunaan lampu hazard pada saat mendaki tanjakan tajam sangat dianjurkan. Dengan menyalakan lampu ini, maka kamu dapat memperingatkan pengendara di depan kamu bahwa terdapat kendaraan yang sedang melaju dalam tanjakan tersebut. Selain itu, dalam kondisi ini lampu hazard dapat membantu mengingatkan pengendara di belakang kamu untuk berhati-hati.

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 Tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyatakan, “Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”. Maka penggunaan lampu hazard pada saat berkendara harus sangat diperhatikan. Selain beberapa kondisi di atas, penggunaan lampu hazard juga disarankan saat kendaraan akan berjalan lurus dalam kondisi memotong jalur utama ketika berada di perempatan yang tidak memiliki lampu pengatur  lalu lintas.

Pada dasarnya keutamaan penggunaan lampu hazard adalah di saat kamu sedang berkendara dan terdapat keadaan yang memungkinkan terjadinya bahaya. Contoh lain adalah ketika kamu akan berbalik arah dan harus memotong arus lalu lintas yang ada pada jalur utama. Penggunaan lampu hazard dalam kondisi ini dapat membantu kendaraan dari lawan arah untuk berjalan lebih pelan sehingga kamu dapat berbalik  arah.

Salah paham penggunaan lampu hazard ini juga sering ditemui saat pengendara memasuki terowongan. Beberapa terowongan yang ada di kota–kota besar seperti Jakarta, telah memasang  rambu lalu lintas yang  menyarankan pengendara mobil menyalakan lampu ketika memasuki terowongan. Namun banyak pengendara yang dalam praktiknya menyalakan lampu hazard, bukan lampu utama. Kesalahan ini dapat mengakibatkan banyak hal yang tentunya berpeluang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berkendara di dalam terowongan tentunya perlu menyalakan lampu, namun lebih baik apabila menyalakan lampu utama atau fog lamp saja. Hal ini dilakukan agar pengendara dari arus yang berlawanan tidak silau apabila kita menyalakan lampu hazard. Dengan hanya menyalakan lampu utama atau fog lamp, kamu tetap bisa memberi sinyal kepada pengendara di belakang kamu tanpa harus membuat silau pengendara lainnya.

Terkait penggunaan lampu hazard dalam kondisi hujan atau badai, memang masih banyak perdebatan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Seiring perkembangan, penggunaan lampu hazard pada saat hujan mulai ditinggalkan karena berbagai alasan. Ketika lampu hazard dinyalakan, keadaan mobil akan sangat terang ditambah dengan hujan yang membuat kondisi lampu menjadi lebih terang karena dipantulkan oleh butiran hujan. Keadaan yang begitu terang ini dapat membahayakan terutama bagi pengendara yang melintas dari arah yang berlawanan. Lampu yang terlalu terang dapat menyilaukan mata dan mengurangi konsentrasi pengendara yang pada akhirnya dapat berakibat fatal. Oleh karenanya, penggunaan lampu hazard pada kondisi hujan mulai ditinggalkan.

Memahami penggunaan lampu hazard ketika berkendara dapat membantu kamu dalam perjalanan. Namun sebaiknya kamu juga memperhatikan dengan jelas bahwa penggunaan lampu hazard cenderung hanya pada saat kondisi yang membahayakan. Dengan menggunakan lampu hazard, maka kamu juga mengingatkan kepada pengendara lain untuk lebih berhati-hati. Keselamatan dalam berkendara merupakan tujuan utama, jangan sampai hanya karena kurang pemahaman terhadap fungsi pada kendaraan kamu sehingga dapat berujung fatal. Ingat bahwa ketika kamu menaati peraturan, maka kamu juga menyayangi diri sendiri dan keluargamu. Selalu pasang sabuk pengaman, dan berkendaralah dengan tertib! Fungsi Lampu Hazard Adalah ? #OG