9 Cara Memulai Bisnis Pet Shop, Apa yang Harus Dipersiapkan dan dari Mana Harus Memulai

Posted on

Cara Memulai Bisnis Pet Shop, Apa yang Harus Dipersiapkan dan Dari Mana Harus Memulai

Inilah cara memulai bisnis pet shop, jika Anda memiliki hobby dan ketertarikan terhadap hewan serta ingin memanfaatkan hobby dan ketertarikan tersebut menjadi sebuah peluang bisnis. Tidak salah, pet shop saat ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena semakin banyak masyarakat yang memelihara binatang piaraan, baik itu disebabkan karena hobby dan rasa cintanya terhadap jenis-jenis hewan tertentu, untuk bisnis atau sekedar untuk meningkatkan prestise.

Pet shop sebagaimana namanya, adalah toko hewan yang melayani jual beli barang-barang kebutuhan hewan piaraan, juga tempat penitipan dan perawatan hewan piaraan. Hewan piaraan yang dimaksud terdiri dari berbagai macam jenis, seperti burung, anjing, kucing, kelinci, hamster, dan berbagai jenis hewan piaraan lainnya.

Untuk membuka bisnis pet shop, modal utama memang harus memiliki hobby dan ketertarikan terhadap hewan. Tapi itu saja masih belum cukup, karena dibutuhkan beberapa persyaratan lain agar bisnis yang Anda bangun dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan. Inilah cara memulai bisnis pet shop, yang dapat dijadikan sebagai rujukan:

1. Persiapkan Tempat Usaha

bisnis pet shop kucing, modal bisnis pet shop, prospek bisnis pet shop, bisnis pet shop, keuntungan bisnis pet shop
via : flickr.com/photos/ikhlasulamal

Tempat usaha untuk pendirian pet shop yang terbaik memang berlokasi di tempat yang mudah diakses dan dapat dengan mudah dilihat oleh masyarakat umum, seperti di dekat jalan raya. Namun sebaiknya tempat tersebut agak menjorok ke dalam sehingga tidak terlalu dekat dengan  bibir jalan, karena suara bising kendaraan dapat menyebabkan hewan menjadi stress. Usahakan tempat tersebut memberikan rasa nyaman bagi pelanggan sekaligus nyaman bagi hewan piaraan. Jika memungkinkan tempat tersebut cukup luas, sehingga ada ruang khusus untuk menerima pelanggan dan ada pula tempat khusus untuk meletakkan kandang, untuk perawatan dan memandikan hewan, untuk arena bermain agar hewan terhindar dari stress, juga tempat untuk menyimpan barang-barang perlengkapan usaha lainnya.

2. Meminta Ijin Lingkungan

Mengingat usaha yang kita jalankan berhubungan dengan binatang, dan tidak semua orang merasa nyaman bila di dekatnya ada binatang dengan jenis tertentu, maka sebaiknya kita meminta ijin terlebih dahulu kepada tetangga kanan-kiri sebelum membuka pet shop. Hal ini dengan maksud untuk menghindari konflik dikemudian hari.  Sebelum meminta ijin kepada lingkungan setempat, ajukan terlebih dahulu permohonan rekomendasi surat ijin gangguan (HO) ke dinas yang terkait.

3. Tentukan Jenis Service

Ada berbagai jenis layanan dari usaha pet shop, mulai dari jual beli barang-barang kebutuhan binatang peliharaan, jual beli hewan piaran, menjual aksesoris dan mainan hewan, tempat penitipan hewan hingga salon perawatan hewan piaraan. Cara memulai bisnis pet shop salah satunya adalah menentukan jenis service yang akan diberikan diantara beberapa jenis service yang ada. Jadi pet shop yang kita dirikan bisa khusus untuk jual beli hewan piaraan saja, atau khusus menjual barang-barang kebutuhan binatang, atau yang lain. Namun, untuk membangun image professional sekaligus memperluas sasaran konsumen dan menambah pemasukan, memang sebaiknya menggunakan sistem one stop service atau memberikan pelayanan untuk semua jenis sevice.

4. Tentukan Jenis Binatang yang dilayani

pet shop di bandung, pet shop bekasi, pet shop bogor, pet shop tangerang, pet shop story mod apk, bisnis pet shop online
via : pinterest.com

Semakin banyak jenis binatang yang dapat dilayani, memang akan membuat keuntungan semakin berlipat dan membangun kesan lebih professional. Namun keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam hal penanganan, membuat kita terkadang harus membatasi jenis binatang. Jika terpaksa harus melakukan pembatasan jenis binatang, maka jenis binatang yang sebaiknya dipilih adalah burung, anjing dan kucing, karena ketiga hewan piaraan tersebut paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Untuk burung, harganya cukup variatif, tergantung jenis dan kualitas dari burung yang dijual. Harganya antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk kucing, yang banyak diminati adalah jenis kucing angora,kucing Persia dan kucing manx. Harga anakan kucing yang berumur sekitar 6 bulan sekitar Rp. 700 ribu – Rp. 1,5 juta.Sedang untuk anjing, yang paling diminati adalah anjing jenis bulldog, poodle, puppy, anjing kintamani, maltase, dan Pekingesse. Harga anakan anjing dari ras tersebut bias mencapai Rp. 1 juta – Rp. 3 juta, bahkan untuk yang kualitasnya istimewa (show) dapat mencapai lebih dari Rp. 10 juta.

6. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Usaha

Langkah berikutnya adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan usaha, seperti etalase untuk memajang barang-barang kebutuhan hewan, stock makanan dan obat-obatan hewan dengan berbagai jenis dan harga, berbagai ragam aksesoris untuk hewan piaraan, kandang hewan, kolam pemandian, animal toys dengan berbagai jenis, serta yang lain.

7. Rekrut Tenaga Kerja

Merekrut tenaga kerja perlu dilakukan, setidaknya satu orang untuk membantu Anda menjalankan usaha. Sebab jika service yang diberikan melingkupi jasa penitipan hewan misalnya,  maka pet shop harus selalu dijaga dan tidak bisa ditinggalkan seenaknya tanpa ada satu orang pun yang mengawasi, sebab risikonya adalah nyawa dari hewan-hewan yang dititipkan.

Tenaga kerja yang direkrut sebaiknya juga memiliki hobby dan rasa ketertarikan terhadap hewan serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup tentang cara pemeliharaan dan perawatan hewan, sebab dalam menjalankan pekerjaannya dia dituntut untuk dapat memahami karakter hewan sekaligus mencari solusi jika ada persoalan yang dihadapi hewan.

8. Rencanakan Manajemen Usaha

prospek usaha pet shop, modal usaha pet shop, peluang usaha pet shop, harga usaha pet shop, proposal usaha pet shop, cara membuka usaha pet shop

Merencanakan manajemen usaha juga merupakan bagian dari cara memulai bisnis pet shop, karena jika sejak awal manajemen tersebut dibangun, maka arah bisnis ke depan sudah dapat diprediksi. Manajemen usaha tersebut meliputi jam operasional, ragam pelayanan, paket tarif, solusi untuk pembuangan kotoran hewan, hubungan kerjasama dengan dokter hewan (petugas), serta yang lain.

9. Promosi Usaha

Jika usaha pet shop sudah berjalan, saatnya memperkenalkan bisnis yang kita bangun kepada para calon konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari cara yang termurah bahkan gratis sampai dengan promosi yang membutuhkan biaya mahal. Namun, promosi yang terbaik tentunya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan memberi kepuasan kepada para konsumen. Sebab dengan cara itulah usaha kita akan dipromosikan dengan gratis dari mulut ke mulut.

10. Tingkatkan Profesionalitas Usaha

Cermin dari profesionalitas sebuah usaha adalah kelengkapan fasilitas untuk menjalankan usaha serta tenaga yang menangani usaha tersebut. Karena dengan kedua unsur itulah pelayanan yang terbaik akan dapat diberikan kepada pelanggan. Semakin professional sebuah bisnis ditangani, semakin baik pula layanan yang diberikan, dan semakin baik layanan yang diberikan, akan semakin banyak pula konsumen yang datang. Oleh karena itu fasilitas pet shop harus senantiasa ditingkatkan dengan mencukupi segala sesuatu yang masih kurang, dan menyempurnakan segala sesuatu yang sudah ada. Begitu juga dengan tenaga kerja yang membantu menangani pengelolaan pet shop, ketrampilan dan pengetahuannya tentang hewan piaraan harus selalu diasah dan ditingkatkan, agar dapat lebih memahami kondisi hewan, cepat dan tepat dalam menganalisa permasalahan yang dihadapi hewan, serta tahu bagaimana cara menyenangkan para pelanggan.

Jika cara memulai bisnis pet shop sebagaimana tersebut masih cukup sulit untuk Anda aplikasikan, langkah terbaik adalah bergabung dengan franchise pet shop yang informasi lengkapnya dapat digali melalui situs-situs di internet. Melalui bisnis franchise pet shop, Anda tinggal menyiapkan tempat untuk membuka usaha dan modal sebagaimana yang dipersyaratkan. Selanjutnya pihak franchiser akan memberikan training, bimbingan dan pelatihan, serta mendampingi Anda selama menjalankan bisnis pet shop, sampai Anda benar-benar mampu menjalankan bisnis toko hewan piaraan ini secara mandiri. Cara Memulai Bisnis Pet Shop #MC