Peluang Usaha Cucian Mobil dan Motor, Prospektif dan Menjanjikan

Posted on

Peluang Usaha Cucian Mobil dan Motor, Prospektif dan Menjanjikan

Meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi, tidak hanya menambah peluang bagi para pengusaha bengkel, tapi juga memperbesar peluang usaha cucian mobil dan motor, karena bertambahnya jumlah kendaraan bermotor, praktis juga akan mendongkrak jumlah konsumen yang memanfaatkan jasa cucian mobil dan motor. Itu sebabnya usaha ini semakin marak, dan dapat dijumpai di berbagai tempat, bahkan di lingkungan pedesaan sekalipun.

Tidak hanya dari sisi jumlah, dari sisi layanan pun usaha cucian mobil dan motor terus mengalami peningkatan, mulai dari cucian manual sebagaimana yang biasa kita temui, sampai dengan cucian dengan menggunakan air hangat, cucian dengan menggunakan snow atau busa salju, cucian hidrolik, serta cucian tanpa menggunakan air yang digantikan dengan cairan tertentu yang disemprotkan ke permukaan body mobil baik pada bagian eksterior maupun interior.

Franchise Usaha Cucian Mobil dan Motor

bisnis cucian motor dan mobil, usaha cuci motor dan mobil, bisnis pencucian motor dan mobil, proposal bisnis cuci motor dan mobil, cara bisnis cuci motor dan mobil

Selain teknik pencucian, sistem usaha dari bisnis inipun ikut pula mengalami perkembangan. Sehingga saat ini bisa kita jumpai usaha cucian mobil dan motor dengan sistem franchise sebagaimana yang dikembangkan oleh MotoClean, Flo Care Wash, dan beberapa nama-nama franchise cucian mobil dan motor yang lain.

Cukup menarik penawaran yang diberikan oleh waralaba tersebut, sehingga bagi pemula sekalipun, peluang usaha cucian mobil dan motor  bisa menjadi bisnis yang prospektif dan menjanjikan keuntungan. Betapa tidak, cukup dengan modal sebesar Rp 5 juta – Ep. 10 juta, franchisee sudah dapat memiliki usaha cucian mobil dan motor yang representatif, dengan peralatan yang lengkap, bahkan disertai teknologi hidrolik, sehingga operator dapat lebih mudah membersihkan bagian bawah mobil yang sulit dijangkau.

Selain modal yang nilainya cukup dapat dijangkau, persyaratan lain yang diminta pihak franchiser juga tidak sulit, karena sama seperti kalau kita membuka usaha ini secara mandiri, yaitu menyediakan tempat atau lahan, ketersediaan sumber air yang mencukupi, dan sumber daya manusia. Selanjutnya pihak franchiser akan menyediakan seluruh peralatan yang diperlukan, memberikantraining kepada para pekerja dalam menggunakan alat hingga mahir dan mandiri, memberikan bimbingan dan pelatihan kepada franchisee tentang bagaimana penataan tempat cucian yang ideal, tentang tips dan kiat agar tempat cucian ramai dikunjungi, menyediakan sarana promosi, serta berbagai macam trik dan strategi dalam membangun bisnis cucian mobil dan motor sampai Anda benar-benar mandiri dan ahli dalam menjalankan bisnis ini.

Memulai Usaha Cucian Mobil dan Motor

bisnis cuci motor dan mobil, bisnis cuci motor snow wash, bisnis cuci motor keliling, bisnis cuci motor salju, bisnis cuci motor waralaba

Jika Anda kurang tertarik bermitra dengan pengusaha waralaba, peluang usaha cucian mobil dan motor ini dapat juga diaplikasikan dengan membuka usaha mandiri, danjika pilihan ini yang Anda ambil, maka Anda tidak boleh berangkat dari nol. Sebelum memulai usaha, Anda sudah harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana memanage usaha, tentang bagaimana menggunakan alat untuk mencuci meski nantinya tugas mencuci kendaraan konsumen akan dilakukan oleh pekerja, tentang bagaimana mempromosikan usaha, memberikan layanan yang baik kepada konsumen, serta yang lainnya. Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha cucian mobil dan motor. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

1. Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis, dan lokasi strategis untuk usaha cucian mobil dan motor adalah di tepi jalan raya yang ramai dilalui oleh kendaraan bermotor.  Keuntungan lain dengan mengambil lokasi di tepi jalan raya adalah dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat, utamanya pemilik kendaraan bermotor, sehingga tidak perlu melakukan promosi khusus untuk memperkenalkanusaha yang Anda bangun, cukup dengan memasang spanduk besar yang dapat menarik perhatian para pengguna jalan.

Dalam memilih lokasi juga harus dipertimbangkan ketersediaan air yang ada di lokasi tersebut, karena sarana utama dalam usaha ini adalah ketersediaan air yang melimpah. Jadi pastikan terlebih dahulubesar kecilnya sumber air yang ada di lokasi, sebelum memutuskan untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat usaha cucian mobil dan motor.

2. Siapkan peralatan Mencuci yang Memadai

Pada umumnya peralatan utama yang dipakai dalam usaha ini adalah compressor atau steam wash. Selebihnya adalah alat untuk mencuci, seperti shampoo mobil/motor, kain lap yang lembut, kanebo, serta yang lain. Untuk mencukupi peralatan mencuci, pilih yang terbaik meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal, karena peralatan dengan kualitas yang baik, selain lebih awet, hasilnya juga lebih memuaskan,dan hasil yang memuaskan adalah harapan dari para konsumen.

3. Siapkan Tenaga Kerja

Cara memanfaatkan peluang usaha cucian mobil dan motor salah satunya adalah lewat perekrutan tenaga kerja yang benar-benar memiliki etos kerja yang tinggi dan memiliki etika serta sopan santun, karena pelayanan yang diharapkan para konsumen tidak hanya sekedar kendaraan mereka menjadi bersih, tapi juga berharap dapat dilayani dengan baik dan ramah. Sebelum bekerja, bekali mereka dengan tips-tips dan pengetahuan tentang cara membersihkan mobil/motor yang baik serta penggunaan alat pencuci yang benar.

4. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan yang dimaksud, bisa yang bersentuhan langsung dengan hasil dari jasa yang diberikan kepada konsumen, yakni menjadikan mobil dan motor benar-benar bersih. Untuk itu, pastikan peralatan kerja semuanya berfungsi dengan sempurna, air jangan sampai keruh, sebab air yang keruh mengandung debu dan residu lainnya yang bila dipaksakan dipakai untuk membersihkan kendaraan akan berisiko melukai body kendaraan. Untuk mengantisipasi keruhnya air dalam bak penampungan dapat disiasati dengan menggunakan filter. Pastikan pula para pekerja yang mencuci mobil telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar guna menjaga kepercayaan para pelanggan.

Selain yang bersentuhan langsung dengan hasil dari jasa yang diberikan, pelayanan juga memiliki arti yang lebih luas, yakni layanan dari sisi harga yang kompetitif, memberi rasa nyaman kepada konsumen saat menunggu mobil/motornya selesai dicuci dengan menyediakan tempat yang representatif seperti menyediakan ruang tunggu yang menyenangkan dilengkapi dengan Koran, majalah, televisi atau free Wi-Fi , juga sikap dan perilaku dari para pekerja yang menyenangkan, ramah, serta sopan. Itu sebabnya, dalam merekrut tenaga kerja ditekankan agar mencari tenaga kerja yang memiliki etos kerja tinggi serta memiliki sikap dan perilaku yang baik,ramah dan menyenangkan.

5. Ciptakan Suasana Tempat Usaha yang Menyenangkan

Berusahalah untuk menghapus ungkapan ”menunggu itu membosankan” dengan cara menciptakan suasana tempat kerja yang menyenangkan. Sehingga selama menunggu mobil atau motornya dicuci atau bahkan tatkala harus menunggu antrean panjang menunggu giliran untuk dilayani, pelanggan tidak merasa bosan dan jenuh. Caranya sudah barang tentu  lewat layanan yang lebih sebagaimana paparan di atas.

Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dapat pula dilakukan dengan melengkapi tempat cucian mobil dan motor dengan café yang menyediakan makanan ringan dan minuman. Sehingga para pelanggan yang menunggu, tidak hanya memanfaatkan tempat usaha cucian untuk membersihkan kendaraan mereka tapi juga mereka fungsikan sebagai rest area untuk dipakai beristirahat. Menambah layanan dengan  membuka café di lokasi tempat cucian juga dapat dijadikan sebagai tambahan income, karena meski café itu sendiri hanya bisnis sampingan, sedikit banyak akan memberikan pemasukan.

Itulah cara menangkap peluang usaha cucian mobil dan motor, baik lewat kerjasama dengan franchise maupun dilakukan secara mandiri. Cara Bisnis Cuci Motor dan Mobil (*) [SMK)