Lazada Indonesia

6 Tips Memulai Bisnis Gaming Center dan Biaya Menjalankannya

Tips Memulai Bisnis Gaming Online Center dan Biaya Menjalankannya

Bisnis gaming center kini mulai banyak dijumpai di kota-kota besar. Game online memang memiliki banyak peminat, terutama pelajar SMA dan mahasiswa. Jasa game online biasanya menerapkan tarif Rp. 2500 – Rp. 3000 per jamnya, namun mereka biasanya bermain selama berjam-jam. Sistem bukanya yang memang 24 jam tentu akan mendapatkan hasil yang lumayan jika dikelola dengan baik. Apabila anda ingin membuka game center pastikan untuk membuat suasana ruangan senyaman mungkin agar pengunjung betah berlama-lama di tempat itu dan yang terpenting adalah memiliki komputer dengan konektivitas internet yang cepat.

Berhubungan dengan komputer dan internet, untuk memulai binis gaming center anda harus menyediakan modal yang cukup besar. Pertama anda harus menyediakan ruangan yang akan dipakai sebagai tempat usaha. Ruangan sekitar 200 m2 bisa digunakan untuk meletakkan 20 komputer. Tidak seperti warnet, jika anda membuka bisnis ini anda tak perlu menyiapkan tambahan sekat.

Tips Memulai Bisnis Game Online

Nah, apa saja sih tips untuk memulai bisnis ini? Inilah beberapa hal yang haru anda perhatikan ketika akan membuka bisnis gaming center:

1. Lokasi

Lokasi mendirikan usaha tentu sangat menentukan apakah usaha tersebut akan berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan atau justru sebaliknya. Dalam mendirikan bisnis gaming center anda perlu membidik sasaran yang hendak anda tuju. Membuka usaha di sekitar perumahan atau sekolah yang banyak pelajar dan remajanya akan membuat usaha yang akan anda jalankan memiliki kemungkinan dikunjungi orang 60%-70%. Berbeda jika anda justu mendirikan usaha game center itu di lokasi yang berdekatan dengan pekerja pabrik, kemungkinan ramai hanya 20-30% saja.

Selain membidik pelanggan, anda juga harus memperhatikan tingkat keamanan dan kenyaman lokasi yang akan anda jadikan untuk memulai bisnis. Pastikan ada tempat untuk pakir kendaraan bermotor, karena jika tidak, tentu saja itu akan menyulitkan dan membuat bingung pelanggan akan diparkir dimana kendaraan mereka. Selain tempat parkir yang luas, hal tak kalah penting adalah tingkat keamanannya. Minimnya tingkat kejahatan di tempat itu akan membuat pelanggan merasa aman dan tenang berlama-lama berkunjung di game center yang anda buka karena mereka tidak perlu khawatir kehilangan sesuatu atau pun mendapat  masalah lainnya.

2. Koneksi internet yang bagus

Usahakan anda mengunakan koneksi ISP agar lebih stabil karena pengguna game center pasti tidak ingin permainannya terganggu gara-gara internet yang lambat. Jika koneksi di tempat anda sering bermasalah, kemungkinan besar pengunjung tidak akan datang lagi dan lebih memilih ke tempat pesaing. Anda juga harus selalu memperhatikan peralatan komputer, jangan sampai ada yang rusak atau sulit dipakai oleh pelanggan yang bisa membuat mereka kecewa dan tidak ingin datang lagi. Bila perlu anda harus mengupgrade komputer menjadi lebih mutakhir apabila bisnis anda berkembang nantinya.

3. Kenyamanan

bisnis game onliene + warnet, bisnis game online center, bisnis game online 2016-2017-2020, bisnis game online yang menguntungkan serta perhitungan kalkuasi, bisnis game online kaskus

Sebenarnya masalah kenyamanan itru relatif, jika anda tak memiliki dana yang cukup untuk memasang AC dan tagihan listriknya, anda juga bisa menggunakan kipas angin. Para pelanggan masih akan betah di ruangan itu asalkan mereka menikmati permainan online tersebut dengan internet yang stabil. Tapi sebaiknya, untuk kursi duduk siapkan kursi yang nyaman karena mereka bisa duduk disitu berjam-jam lamanya. Akan sangat tidak enak jika kursi tidak nyaman dipakai. Pastikan pula ruangan selalu dalam keadaan bersih dan rapi.

4. Patching game

Untuk patching game sebaiknya anda menggunakan satu komputer yang telah lengkap di patching. Kemudian untuk komputer lainnya hanya tinggal mengcopy software yang ada pada komputer itu. Bila perlu anda juga menyediakan satu komputer yang memiliki update anti virus terbaru sehingga komputer memiliki keamanan yang lebih.

5. Karyawan

Buka selama 24 jam full, anda perlu menyiapkan karyawan yang bertugas shift. Dalam memilih karyawan, tak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus tahu kelebihan dan kekurangannya. Pastikan mereka semua orang yang jujur karena usaha anda tidak bisa anda jaga selama 24 jam penuh, jadi anda harus benar-benar memilih orang yang bisa dipercaya. Jangan lupa pula untuk memilih beberapa karyawan yang ahli di bidang komputer sehingga jika ada masalah atau kerusakan kecil bisa segera diperbaiki.

6. Membangun komunitas dan promosi

Poin ini penting ketika membuka sebuah bisnis gaming center, tak hanya menyediakan fasilias yang lengkap serta nyaman, anda juga perlu untuk mempromosikan usaha anda. Ketika banyak orang berdatangan ke tempat anda, hal yang juga perlu anda lakukan adalah membuat mereka merasa nyaman hingga setia selalu datang bermain games hanya di tempat anda.

Telah banyak game center yang bisa tetap exis dan bertahan lama karena mereka memiliki pelanggan yang setia. Seringnya berkunjung ke tempat itu akhirnya membuat para pelanggan saling kenal, jika begitu tempat anda mungkin juga akan dijadikan sebagai tempat reoni bermain game atau pun ajang pertandingan untuk menjajal kemampuan masing-masing. Yang perlu anda ingat, jangan berhenti melakukan promosi meski game center anda ramai pengunjung karena anda membutuhkan pelanggan-pelanggan baru yang nantinya akan menggantikan pelanggan lama yang sudah mulai melepas hobinya karena banyak faktor.

Biaya yang diperlukan untuk Menjalankan Bisnis Game Center dan Perhitungannya

Membuka game center memang tidaklah murah, butuh dana yang tidak sedikit untuk sewa tempat atau pun membeli PC. Namun untungnya juga tak kalah menggiurkan lho, anda bahkan bisa balik modal dalam waktu 1,5 tahun jika bisnis berjalan lancar. Apabila anda berniat menjalankan usaha game center, berikut biaya yang harus anda persiapkan.

Sewa tempat untuk 1 tahun : Rp. 20.000.000
Dekorasi ruangan dan perlengkapan :Rp. 20.000.000
PC dengan spesifikasi game : Rp.5.000.000 x 20, menjadi: Rp. 100.000.000
Pemasangan jaringan : Rp.5.000.000
Dan lain-lain : Rp.10.000.000

Total dana yang hrus anda persiapkan untuk membuka jasa ini adalah: Rp.155.000.000.
Meskipun modal awal cukup besar tetapi bisa dikurangi jika tempat yang akan dijadikan game center adalah milik sendiri, dan inilah hasil yang akan anda peroleh setiap bulannya. Jika anda memiliki 20 unit komputer untuk masing-masing penggunaan 12 jam saja, anda sudah mendapatkan hasil yang lumayan besar. Berikut perhitungannya :

20 PC x 12 Jam x Rp. 3000/jam = Rp.21.600.000

Dipotong dana yang dikeluarkan setiap bulannya:

Tagihan listrik : Rp. 2.000.000
Gaji 3 karyawan : Rp. 3.000.000
Internet : Rp. 3.000.000
Lain-Lain : Rp. 2.000.000

Total pengeluaran adalah : Rp.10.000.000
Pendapatan bersih anda adalah pemasukan yang telah dikurangi oleh pengeluaran, jadi Rp. 21.600.000 – Rp.10.000.000 = Rp.11.600.000 Wah, lumayan besar bukan?

Lalu bagaiamna, anda siap mendirikan bisnis gaming online? Kalau ya, tak hanya modal besar yang harus anda siapkan, tapi juga kerja keras dan keyakinan kalau bisnis anda akan terus mengalami kemajuan. Jangan mudah menyerah pada kegagalan-kegagalan kecil yang anda alami. Anda juga harus jeli melihat persaingan. Tawarkan harga bersaing namun memiliki fasilas lebih dari yang ada di tempat lain. Selamat menjalankan usaha anda ya. Bisnis Game Online yang Menguntungkan serta Kalkulasinya. (SM)

Comments
  1. bejo |