5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor dan Mobil

Posted on

Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor dan Mobil

bisnis bengkel dan motor, usaha bengkel mobil, usaha bengkel mobil sederhana, usaha bengkel mobil dan motor terbaik, usaha bengkel mobil motor sederhanaDengan semakin banyaknya jenis dan varian motor serta mobil, dan akan semakin bertambah banyak, ditambah terus bertambahnya jumlah pemilik motor dan mobil dan juga masih akan terus bertambah, membuat peluang bisnis bengkel banyak dilirik. Cara memulai bisnis bengkel motor dan mobil berikut ini tidak ada salahnya untuk dipelajari, dan tentunya juga harus belajar dari sumber-sumber yang lain, karena meski prospek bisnis bengkel cukup cerah, tapi di sisi lain jumlah kompetitor ikut bertambah. Belum lagi harus bersaing dengan bengkel-bengkel yang sudah lebih dahulu berdiri.

Membuka bisnis bengkel memang tidak sulit selama modal tersedia, itu jika hanya sekedar mendirikan, tanpa memikirkan perkembangan dari usaha yang kita bangun. Jika kita berharap usaha bengkel yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik, maka bukan hanya modal saja yang harus disiapkan, tapi segala sesuatunya harus direncanakan dengan matang. Sebab, tanpa perencanaan yang matang, mustahil sebuah bisnis akan dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan, termasuk bisnis bengkel, mengingat persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk mematangkan perencanaan dan persiapan sebelum mengawali usaha bengkel, cara memulai bisnis bengkel motor dan mobil berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan kajian.

1. Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi merupakan langkah awal dalam memulai bisnis bengkel, karena lokasi sangat menentukan ramai tidaknya bengkel dikemudian hari. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi, pertama jangan memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum yang membutuhkan suasana tenang, seperti Puskesmas, rumah sakit, sekolah dan fasilitas untuk belajar lainnya.

Karena bagaimanapun juga yang namanya bengkel pasti berhubungan dengan kendaraan bermotor yang suara mesinnya dapat menimbulkan suasana bising dan mengganggu ketenangan. Kedua, pilih lokasi yang lingkungan sekitarnya banyak masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor, atau banyak dilalui motor/mobil. Ketiga, lokasi mudah dijangkau, bila perlu berada di  pinggir jalan poros, sehingga selain mudah diakses, juga gampang dilihat oleh siapapun yang berlalu-lalang di jalan poros tersebut. Keempat, lokasi yang dipilih usahakan memiliki lahan parkir yang luas, guna mengantisipasi membludaknya konsumen yang datang dalam satu waktu, dan harus menunggu antrean sebelum mendapatkan pelayanan.

2. Tentukan Market

Meskipun sama-sama berbentuk usaha bengkel kendaraan bermotor, namun sebenarnya ada 4 jenis bengkel yang berbeda satu dengan yang lain, berdasarkan market atau pangsa pasarnya. Keempat jenis bengkel kendaraan bermotor tersebut adalah:

  • Bengkel Resmi

Untuk membuka usaha bengkel resmi sudah barang tentu harus menghubungi kantor service centre merek kendaraan bermotor tertentu dan menjalin MoU dengan mereka. Biasanya mereka akan mengajukan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memberikan lisensi, dan persyaratan tersebut tidak sama antarapabrikan yang satu dengan pabrikan yang lain. Namun yang pasti, modal untuk pendirian bengkel resmi ini cukup besar, sehingga cukup berat untuk pengusahapemula dengan modal yang relatif sedikit.

  • Bengkel Umum

Bagi pengusaha pemula, membuka bengkel umum bias dijadikan sebagai alternatif karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bengkel umum ini memberikan pelayanan ganti oli dan sparepart kendaraan, perbaikan ringan baik mesin maupun kelistrikan, serta service standard, seperti pembersihan karburator, pembersihan filter udara, cek busi,dan sebagainya.

  • Bengkel Tune Up

Bengkel ini memberikan pelayanan khusus untuk mereka yang ingin memodifikasi mesin atau ingin meningkatkan kecepatan dari motor/mobil yang mereka miliki. Karena itu dibutuhkan tekhnisi khusus yang memiliki keahlian dalam mendongkrak kemampuan mesin standard menjadi tidak standard  guna meningkatkan kecepatan dan akselerasi kendaraan.

  • Bengkel Jual Beli Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan Bermotor

Tampilan motor/mobil saat ini juga menjadi perhatian khusus, sehingga hobby memodifikasi kendaraan pun juga semakin banyak penggemarnya.  Karena itu bengkel jual beli aksesoris kendaraan juga berdiri dimana-mana seiring dengan semakin banyaknya modifikator yang ingin merubah tampilan kendaraan bermotor mereka.

3. Perhitungkan Kompetitor

Cara memulai bisnis bengkel motor dan mobil berikutnya adalah dengan menghitung jumlah kompetitor, baik jumlahnya maupun service atau layanan yang merekaberikan kepada pelanggan. Sebaiknya, persaingan tersebut ditekan seminim mungkin, artinya jika memungkinkan, jangan membuka bengkel dengan jenis layanan yang sama, karena bagaimanapun juga yang namanya persaingan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kedua belah pihak. Jika memang tidak memungkinkan, usahakan untuk mencari lokasi yang cukup jauh, sehingga tidak menimbulkan kesan merebut pelanggan dari bengkel yang lebih dahulu berdiri. Jika kedua hal tersebut tidak dapat dielakkan, maka berarti kita harus siap untuk bersaing dengan kompetitor.

Jika terpaksa harus bersaing, makamau tidak mau kita harus menghitung layanan yang diberikan kompetitor kepada pelanggan, dan berusaha untuk memberikan layanan yang lebih baik dibanding kompetitor. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga etika dan sportifitas dalam persaingan, seperti tidak menjelek-jelekkan layanan yang diberikan kompetitor atau memasang harga yang terlalu murah.  Layanan yang lebih bisa diwujudkan lewat hasil kerja yang lebih cepat dan lebih memuaskan, memperlakukan pelanggan dengan ramah dan sopan, atau memberikan service tambahan dengan memberikan air minum dan camilan disaat pelanggan menunggu kendaraan bermotor mereka yang sedang diperbaiki.

4. Manajemen dan Teknisi

Keberadaan manajemen dan teknisi juga merupakan bagian penting dari cara memulai bisnis bengkel motor dan mobil. Manajemen yang dimaksudmeliputi manajemen ke luar dan manajemen ke dalam. Manajemen keluar yang baik menyangkut pelayanan yang diberikan bengkel kepada para pelanggan, seperti kemudahan dalam administrasi keuangan, sikap dan layanan dari pegawai bengkel yang ramah dan sopan, penampilan para pegawai yang selalu terlihat rapi meskipun bersinggungan dengan mesin dan oli, dan sebagainya. Sedang manajemen ke dalam meliputi keberadaan usaha bengkel itu sendiri serta hubungan antara perusahaan dengan karyawan yang juga harus terbangun dengan baik, seperti penggajian karyawan dasn sistem bonus yang mereka terima sesuai dengan prestasi kerja, manajemen keuangan perusahaan dengan menentukan target yang harus dicapai setiap harinya, memperhitungkan target BEP terkait modal yang diinvestasikan,dan sebagainya.

Selain membangun manajemen yang baik, bengkel juga harus memiliki para teknisi yang benar-benar mumpuni dalam bidang mesin, kelistrikan, dansegala sesuatu yang bersentuhan dengankendaraan bermotor. Ibarat sebuah restoran, yang menjadi koki dari sebuah bengkel adalah para teknisi. Jika para teknisi berkompeten di bidangnya, maka pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dipastikan akan memuaskan.

5. Perlengkapan dan Peralatan Kerja

Perlengkapan dan peralatan kerja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keberhasilan bisnis, utamanya bisnis bengkel, karena lengkap tidaknya perlengkapan dan peralatan kerja ikut mempengaruhi kualitas dari pekerjaan yang dihasilkan. Semakin lengkap peralatan maka semakin sempurna pula hasil pekerjaan. Peralatan inipun secara berkala juga harus diperharui, sebab selain aus karena dipakai untuk bekerja, pada masa-masa tertentu diperlukan jenis peralatan baru untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi otomotif, disamping teknologi yang digunakan kendaraan bermotor itu sendiri juga senantiasa mengalami perkembangan.

Selain untuk kesempurnaan hasil pekerjaan, lengkapnya peralatan juga dapat membangun kepercayaan para konsumen terhadap bengkel. Meskipun bengkel memiliki seorang teknisi yang mumpuni, tapi jika peralatan yang ada sangat terbatas, sulit bagi konsumen untuk dapat percaya terhadap kualitas kerja dari sebuah bengkel. Itulah cara memulai bisnis bengkel motor dan mobil yang dapat dipelajari, utamanya bagi mereka yang membuka usaha bengkel untuk pertama kalinya. 5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor dan Mobil (*) #SM