Home Bisnis 10 Langkah Sukses Bisnis Kursus atau Les Private Anak

10 Langkah Sukses Bisnis Kursus atau Les Private Anak

4
SHARE

10 Langkah Sukses Bisnis Les Private Anak

Jika saat ini anda tengah bertanya-tanya kira-kira apa usaha yang cocok untuk anda jalankan, anda dapat mempertimbangkan bisnis les privat anak yang mudah menjalankannya dan juga terbukti menghasilkan. Sekarang ini banyak orang tua ingin anak-anaknya mendapatkan jam tambahan belajar dengan les privat karena persaingan belajar yang sangat ketat di sekolah. Apabila anda tertarik dengan bisnis tersebut, ini adalah 10 langkah sukses memulainya:

1. Target pasar

Terlebih dulu Anda harus menentukan target yang anda tuju atau dengan kata lain untuk siapa usaha tersebut dibuat. Ketika anda mmemilih target pasar, anda harus memperhatikan kemampuan Anda. Misalnya saja, Anda memilih menargetkan anak SMA maka Anda tau persis dan menguasai bidang pelajaran di jenjang itu. Selain soal kemampuan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah calon murid yang akan Anda bidik. Jika anda ingin mendapatkan murid dari anak-anak yang bersekolah di sekitar tempat tinggal Anda, berarti Anda harus membuka bisnis les privat anak sesuai jenjang sekolah mereka.

bisnis kursus komputer, bisnis kursus komputer anak, usaha kursus komputer rumahan, peluang binsis kursus komputer, proposal bisnis kursus komputer
Usaha Kursus Komputer Rumahan

2. Mata Pelajaran yang Akan Diajarkan

Pilih mata pelajaran yang biasanya dianggap sulit untuk siswa sehingga mereka mau meluangkan waktu untuk memperoleh jam tambahan. Pelajaran yang biasanya diminati adalah pelajaran yang berhubungan dengan cara menghitung dan rumus, komputer, les privat bahasa asing juga cukup digemari. Jika anda menyediakan les privat untuk anak-anak, Anda juga dapat menyediakan kelas khusus untuk mengajari membaca, menulis dan berhitung tingkat dasar yang akan sangat membantu orang tua yang tidak sempat mengajari anaknya yang masih kecil dan perlu bimbingan.

3. Mempersiapkan Materi Pelajaran

Jika anda baru saja membangun bisnis les privat anak tak perlu bingung soal persiapan materi, Anda bisa melanjutkan apa yang diajarkan di sekolah mereka. Itu akan membuat Anda tidak perlu berpikir panjang dan menunda-nunda waktu dalam mendirikan usaha ini. Namun, jika bisnis anda semakin maju,  anda harus menyiapkan langkah ke depan dengan melengkapi semua fasilitas yang ada termasuk meyediakan modul pembelajaran sehingga proses belajar menjadi lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas dalam membantu siswa menguasai bidang tertentu.

4. Tingkat Kemampuan Mengajar

Ketika anda membuka bisnis les privat anak ini, anda tahu betul bahwa yang Anda tawarkan adalah kemapuan Anda dalam bidang ilmu tertentu yang ingin anda bagikan kepada anak didik. Nah, jika anda ingin membangun kepercayaan dari orang tua dan peserta didik kalau Anda memang pintar dalam hal tersebut, sebaiknya Anda mengajarkan tentang hal yang sangat anda kuasai saja. Jika bisnis Anda semakin berkembang nantinya Anda bisa membuka bidang lain yang saat ini sambil Anda pelajari. Nantinya kemampuan Anda akan terbukti dengan sendirinya ketika Anda berhasil mengajarkan hal tersebut kepada anak didik dan pengetahuan siswa menjadi meningkat.

5. Tentukan Tarif

Mentukan tarif tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan, terlebih dahulu Anda harus melakukan survei berapa tarif yang diterapkan oleh lembaga les privat lainnya yang juga ada di sekitar Anda. Jangan sampai Anda memasang tarif terlalu tinggi atau pun sangat rendah. Tarif yang tinggi akan membuat para orang tua merasa keberatan, sedangkan jika sangat rendah tidak bisa membangun citra profesional dari bisnis yang Anda kelola. Intinya adalah tentukan tarif yang dapat diterima oleh target yang sudah Anda bidik.

6. Waktu atau Jam Bimbel

bisnis kursus bahasa inggris anak, bisnis kursus bahasa inggris untuk anak, bisnis kursus bahasa inggris rumahan, usaha kursus bahasa inggris, bisnis les bahasa inggris

Anda juga perlu menentukan kapan waktu yang akan anda gunakan untuk menjalankan usaha ini, biasanya bimbel akan dibuka pada sore atau malam hari, bisa juga siang hari sepulang sekolah. selain itu, Anda pun harus menentukan lama bimbingan belajar, biasanya sekitar 1-2 jam saja. Schedule juga perlu diatur, Anda ingin membuka les privat setiap hari atau hanya beberapa kali dalam seminggu.

7. Suasana Belajar

Bersikap ramah kepada peserta didik penting agar suasana belajar tidak kaku dan berjalan menyenangkan. Anda perlu menyiapkan ruangan yang bersih dan rapi untuk membimbing mereka belajar. Tempat yang nyaman juga dapat mempengaruhi mood belajar seseorang. Tidak perlu terburu-buru untuk membuat siswa Anda paham, banyak latihan yang diberikan dan memancing siswa untuk bertanya justru akan membuat pelajaran lebih melekat untuk diingat. Jangan lupa menanyakan apa hal yang dibutuhkan siswa agar maksimal dalam belajar karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

8. Berikan Konsultasi di Luar Les

Berikan kesan bahwa bisini les privat anda ini berbeda dengan yang lain dan jauh lebih baik dengan memperhatikan muridnya dan bukan hanya mencari keuntungan semata. Setiap orang pasti punya permasalahan dan itu tak jarang juga mempengaruhi hasil belajar seseorang karena ia tak fokus memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung. Saat Anda merasa hasil belajar siswa tidak mengalami peningkatan yang berarti, Anda bisa bertanya padanya sebenarnya apa yang ia alami dan mulai memberikan konsultasi beberapa kali di luar les. Memberikan motivasi selama beberapa menit juga dapat anda lakukan agar siswa semangat dalam belajar.

9. Jalin Komunikasi Dengan Drang Tua Murid

Sesekali mungkin anda perlu menyampaikan hasil belajar siswa kepada orang tuanya. Hal itu perlu supaya orang tua tahu peningkatan apa saja yang telah dicapai oleh anaknya, dengan begitu orang tua juga akan semakin percaya menitipkan anak-anaknya untuk les di tempat anda. Selain itu, berkomunikasi dengan orang tua juga dapat memungkinkan Anda untuk bertukar pikiran kira-kira apa yang terbaik bagi anak kedepannya dan anda juga dapat mengorek informasi tentang bagaimana belajar siswa di rumah serta apa saja yang bisa membuat siswa tertarik dalam belajar.

10. Evaluasi dan perbaikan

Kekurangan pasti tetap ada meski anda sudah berusaha keras untuk melakukan dan memberikan pelayanan terbaik dalam bisnis yang Anda kelola. Kalau begitu Anda bisa mambuat daftar tentang hal-hal apa saja yang masih kurang dan perlu diperbaiki pada waktu berikutnya. Hal itu penting agar bisnis semakin meningkat serta lebih baik dari waktu ke waktu. Anda tidak boleh merasa cepat puas dengan apa yang anda capai sekarang karena itu bisa membahayakan bisnis Anda. Selalu ingat bahwa bisnis les privat tidak hanya dimiliki oleh Anda sendiri, ada banyak pesaing anda di luar sana yang bisa saja mengungguli keberhasilan anda saat ini. Lagi pula, evaluasi juga berguna bagi peserta didik anda sehingga mereka dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa langkah sukses yang dapat anda tempuh dalam menjalankan Bisnis Kursus atau Les Privat Anak. Dari beberapa tips tersebut, yang terpenting adalah kesungguhan dan niat anda untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Dengan meniatkannya untuk tujuan yang baik, maka anda juga akan siap dan lebih ikhlas ketika menghadapi rintangan yang ada. Kalau begitu, kapan rencana anda membuka bisnis yang bermanfaat ini? Bisnis Kursus atau Les Privat Anak. #MC