Home Bisnis 14 Ide Usaha Berbisnis Di Kota Kecil atau Pedesaan

14 Ide Usaha Berbisnis Di Kota Kecil atau Pedesaan

58
SHARE

14 Ide Usaha Berbisnis Di Kota Kecil atau Desa

Pergerakan bisnis di desa atau kota kecil dianggap tidak bisa berjalan dengan leluasa. Karena itu, banyak orang yang memilih berkelana ke kota-kota besar. Ada yang memilih untuk bekerja di bawah telunjuk orang, ada juga yang memang membuka usaha.

Namun, apa anggapan tersebut memang benar ?

Faktanya, banyak pengusaha yang bisa sukses di desa atau kota kecil. Memang perlu kejelian juga untuk menyisir ide apa yang sekiranya cocok diterapkan. Sampai kemudian, eksekusi ide tersebut bisa berbuah manis.

Selain itu, berbisnis di desa atau kota kecil juga mengundang banyak keuntungan. Ide bisnisnya sangat bervariasi, proses organisasinya belum terlalu rumit, persaingannya sedikit, dan biaya usahanya tidak melangit.

Lalu, apa ide bisnis yang menjanjikan dan mungkin bisa dijalankan dengan modal kecil di desa atau kota kecil? Jom!

1. Usaha Produk Organik

ide usaha di desa, ide bisnis desa, ide peluang usaha di desa, ide bisnis kota kecil, ide bisnis pedesaan

Di zaman sekarang, orang sudah mulai meninggikan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Kita begitu jeli memilah-milah produk, apalagi yang langsung berhubungan dengan konsumsi tubuh sehari-hari. Untuk itu, jaminan produk yang tanpa pestisida atau bahan kimia pun sudah sangat menjual. Produknya sendiri bisa berupa sayur-mayur, buah-buahan, makanan olahan seperti saus, selai, dsb. Label makanan yang “organik” dan “aman” menjadi poin penting yang sangat dipertimbangkan.

2. Usaha Telur Segar

Telur menjadi salah-satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan tiap harinya. Bukan saja untuk konsumsi rumahan, melainkan juga berbagai usaha lainnya. Karena itu, kita tak perlu khawatir akan permintaan pasarnya yang pasti tinggi. Hanya saja, kita musti memberi jaminan akan kualitas telur yang segar dan sehat.

3. Usaha Daging

Daging juga menjadi salah-satu bahan konsumsi yang dicari tiap harinya. Entah itu daging ayam, kambing, atau pun sapi. Orang membutuhkannya untuk disajikan di meja makan masing-masing, atau diolah dan dijadikan bahan usaha lainnya. Tapi tak lupa, kita musti melakukan perawatan ekstra terhadap segala keperluan hewan-hewan penghasil dagingnya.

4. Usaha Susu Segar

Susu segar menjadi salah-satu opsi utama yang datang dari desa atau kota kecil. Lebih lagi kalau daerahnya memang menjadi tempat yang ramah bagi hewan penghasil susu, seperti sapi atau kambing. Omset dari usaha ini tentu menjanjikan. Namun kita memang perlu menyusun strategi untuk menyajikan produk susu segar terbaik. Kalau dibutuhkan, tak ada salahnya untuk merangkul orang-orang yang sudah ahli menangani bidang ini.

5. Usaha Salon

Opsi usaha yang satu ini juga bisa diterapkan. Bagaimanapun, salon menjadi salah-satu tempat yang akan rutin dikunjungi orang. Entah itu memotong rambut, perawatan, membeli produk rambut, atau treatment lain. Kita memang perlu menjadi sosok yang profesional, atau paling tidak, mencari rekan yang bisa dipercaya. Usaha ini sangat potensial, apalagi kalau pelayanan dan penawaran harganya bisa memuaskan.

6. Usaha Bangunan

Desa atau kota kecil biasanya menjadi pemasok kayu untuk kawasan yang lebih besar. Tak ada salahnya kalau kita memenej usaha tersebut di “kandang sendiri”. Kita juga bisa sekalian mengembangkan usaha pertukangan. Meski berada di desa, orang-orangnya tetap saja memerlukan jasa konstruksi. Entah untuk membangun rumah, membuat kandang, mendirikan toko, dsb. Keberadaan usaha seperti ini tentu sangat diperlukan, bukan?

7. Usaha Oleh-oleh

Pilihan yang satu ini bisa dipertimbangkan, khususnya kalau desa atau kota kecil kita memiliki destinasi wisata. Pada dasarnya pengunjung pasti mencari sesuatu yang bisa dijadikan buah tangan ketika kembali ke daerah asalnya. Dalam hal ini, kita bisa tampil dan menawarkan berbagai produk oleh-oleh. Bisa berupa makanan-minuman khas, aksesoris, kaos, dsb.

8. Usaha Jajanan Daerah

Bisnis yang satu ini tak hanya jadi peluang oleh-oleh, melainkan untuk memenuhi kebutuhan cemilan warga sehari-hari. Kita bisa mencari referensi berbagai jajanan daerah yang sekiranya disukai dan bahan-bahan untuk membuatnya murah lagi mudah. Bisa dari “jajanan leluhur”, ide sendiri, atau mengadaptasi cemilan yang sedang naik daun di tempat lain. Selanjutnya, kita musti memiliki penempatan usaha yang bagus atau strategis. Jika berkembang, usaha ini bisa mengundang banyak cabang.

9. Usaha Perbaikan dan Barang Hasil Service-nya

Orang yang kreatif memang berpeluang untuk memungkinkan sesuatu yang dianggap mustahil. Di tangannya, barang-barang yang dianggap rusak dan musti dibuang justeru bisa kembali bermanfaat. Karena itu, orang-orang banyak yang mencari sosok ini untuk jadi sumber pertolongan. Usaha jasa ini juga bisa sekalian membuka lapak untuk menjual barang hasil service-nya. Sebut saja sepeda, ponsel, atau barang-barang elektronik.

10. Usaha Pendidikan atau Pengajaran

Berbagai ilmu yang kita kuasai memang tak akan sia-sia. Ilmu bahkan bisa menjadi jembatan rezeki. Jika memiliki kemampuan atau pengetahuan lebih, kita bisa sharing dengan semua orang. Minat usaha seperti ini bisa disalurkan dengan membuka aneka kursus, menjadi guru privat, trainer olahraga, instruktur musik, dsb.

11. Usaha Kemah/Kemping

Agenda kemping atau kemah diminati oleh warga desa atau pun yang ada di kota-kota. Sekolah-sekolah bahkan sudah menjadikannya sebagai kegiatan rutin tiap tahun. Karenanya, kita bisa menjadi media bagi minat mereka. Penyediaan lahan untuk disewa seperti buper (bumi perkemahan), tentunya menyediakan tempat ibadah, MCK, dan kelengkapan peralatan kemah bisa menjadi poin primer untuk segera dipersiapkan.

12. Usaha Laundry

Siapa yang tak suka akan kebersihan? Kebanyakan dari kita nyaman dengan pakaian atau barang-barang yang higienis. Hanya saja, rasa malas selalu menjadi musuh utama untuk mewujudkannya. Kita pun bisa melihat hal ini sebagai peluang bisnis. Sediakan peralatan dan tawarkan jasa ini dengan harga terjangkau.

13. Usaha Bunga/ Florist

Bunga tumbuh subur di desa-desa atau kota kecil yang masih memberi keramahan padanya. Buah dari tumbuhan ini memiliki pesona sendiri, sehingga orang-orang tertarik untuk memiliki atau berdekatan dengannya. Selain itu, bunga memang selalu diperlukan dalam berbagai kesempatan tertentu. Ketika hendak dijadikan hadiah, di acara pernikahan, prosesi pemakaman, dsb.

14. Usaha Olahraga

Olahraga di desa atau kota kecil memang bisa dilakukan dengan leluasa. Kita bisa bersepeda atau jogging, sambil menikmati udaranya yang bersih dan belum terpapar polusi yang parah. Namun tetap saja, ada yang ingin serius menjalankan hobi sehat ini. Mereka tentu perlu orang, jasa, tempat, atau media untuk membuat olahraganya semakin teratur. Orang yang jeli bisa langsung terpikirkan untuk membuka usaha gym atau fitnes sederhana, menjadi instruktur senam, yoga, dsb.

Nah, setelah dibuatkan daftar seperti ini, ternyata desa atau kota kecil pun bisa menjadi target tempat usaha yang menjanjikan keuntungan cukup lumayan lagi stabil. Tapi tentu saja, kita memerlukan strategi jitu serta konsistensi ketika menerapkannya. Nah, selamat mencoba. Semoga usahanya sukses dan berkah! Ide Peluang Usaha di Desa atau Kota Kecil #RD