Lazada Indonesia

14 Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cantik

14 Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Bagus dan Tepat

Apa yang sering terlintas ketika memilih warna cat?

Dulu kita langsung teringat warna yang netral, yang sekiranya cocok dengan berbagai tema rumah, yakni putih atau krem. Ada ketakutan tersendiri ketika mencoba warna-warna lain yang masih banyak tersedia. Sebab, kita tak bisa leluasa menggonta-ganti warnanya kalau hasilnya ternyata tidak memuaskan. Pengecatan rumah sempat dianggap sebagai “aksesoris” belaka. Yang penting hunian kita terlihat indah terawat seperti rumah-rumah pada umumnya.

Namun kini anggapan tersebut bergeser. Orang sangat mementingkan peranan cat untuk rumah. Baik itu brand-nya, kualitasnya, ataupun pemilihan warnanya. Warna cat tak hanya memperindah rumah, melainkan bisa jadi media ekspresi, menjelaskan konsep rumah, atau menjadi simbol kepribadian penghuninya. Tetapi kita masih saja kesulitan untuk menentukan apa polesan warna yang cocok untuk tembok rumah kita nantinya. Nah, jom!

1. Memahami Warna

memilih warna cat rumah bagian luar, memilih warna cat rumah yang cantik, memilih warna cat rumah minimalis, memilih warna cat rumah kecil, memilih warna cat rumah yang bagus

Paling tidak, langkah ini membuat kita lebih memahami warna dan kecocokannya terhadap ruangan. Kita mengenal istilah warna dasar seperti merah, biru, dan kuning. Ada juga istilah saturasi atau intensitas penampakan warna, misalnya pink, yang membuat warna dasar merah jadi kurang dominan. Untuk ruangan besar yang terkesan aktif, kita bisa mempertimbangkan opsi warna terang atau yang lebih intens. Kalau untuk ruangan agar terang, pilihan saturasi dan juga warna-warna pastel juga bisa jadi pilihan.

2. Melakukan Percobaan

Jika masih ada keraguan, kita bisa melakukan percobaan untuk menerapkan warna cat. Percobaannya bisa diterapkan di ruangan-ruangan kecil seperti kamar mandi, kamar hias, gudang, dsb. Apalagi kalau kita memutuskan untuk mengkolaborasikan warna. Dan sebagai aksen utamanya, kita bisa merujuk pada furniture rumah, karpet, karya seni, aksesoris, dsb.

3. Cat Rumah dengan Secara Virtual Dulu

Zaman sekarang sudah serba praktis dan mudah. Kita bisa memilih opsi untuk melakukan percobaan cat di ruangan-ruangan tertentu. Namun jika hal itu merepotkan, kita masih memiliki pilihan untuk mencat rumah secara virtual. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan fitur tersebut. Contohnya “Paint My Place” yang ada di iTunes.

4. Mempertimbangkan “Mood” Ruangan

Proses seleksi warna juga musti menyesuaikan dengan mood masing-masing ruangan. Di ruangan kamar kita bisa tercipta berbagai suasana. Ada yang mengedepankan kenyamanan, intimasi, atau romantisme. Karenanya, warna cat yang cocok untuk suasana ruangan semacam ini bisa dengan putih atau aksen yang netral. Jika tema ruangan lainnya berbeda-beda, tentu akan beragam juga pilihan warnanya.

5. Perhatikan Pencahayaan

memilih warna cat rumah, memilih warna cat rumah bagian dalam, memilih warna cat kamar tidur, memilih warna cat rumah yang cantik, memilih warna cat interior

Penentuan warna cat akan terpengaruh oleh lighting ruangan. Di tengah sinar biasa atau alami, tembok akan menampilkan warna asli catnya. Namun keadaan bisa berbeda jika kita menggunakan sumber cahaya seperti lampu pijar atau neon. Terangnya lampu pijar bisa menciptakan kesan kekuning-kuningan yang hangat. Kalau neon cenderung membuat warna jadi semakin tajam.

6. Warna Atap yang Lebih Terang

Jika warna atap sama persis dengan dinding, performa yang timbul akan lebih terkesan lebih gelap. Untuk itu, kita bisa menerapkan trik dengan menambah tingkatan warna yang lebih terang dari dinding. Dengan demikian, kombinasinya akan terlihat lebih matching.

7. Cat Bukan untuk Tembok Saja

Selain untuk mempertajam fitur, cat juga bermanfaat untuk menyamarkannya. Jika di sekitar tembok terdapat benda yang sekiranya mengganggu pemandangan, kita bisa menyemprotnya dengan warna tembok. Misalnya di area belakang dengan memoles mesin air, radiator, selokan, atau apapun. Dengan demikian, tampilan mereka akan terlihat membaur.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working