11 Manfaat Keren Dibalik Kantung Teh Celup Bekas

Posted on

11 Manfaat Keren Dibalik Kantung Teh Celup Bekas

Secangkir teh celup hangat, cemilan, alunan musik, dan buku bacaan di suatu petang sudah terbayang akan bikin kita santai. Otot tegang perlahan rileks. Suasana hati yang sempat keruh pun bisa kembali jernih. Selain itu, teh memang sudah diketahui menyimpan aneka manfaat lain.

Sari daun teh menciptakan rasa pahit tersendiri, yang ajaibnya begitu nikmat di lidah. Adapun tambahan gula, madu, melati, dsb, memang sesuai selera. Yang jelas, kita patut berterima kasih akan esksistensi minuman teh ini. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak yang praktis – tinggal dicelup ke air mendidih, dan teh sudah siap dinikmati. Namun ketika minuman tersebut habis, kita seringkali membuang kantung plastiknya begitu saja. Di mata kita, benda yang sudah diserap saripatinya itu dianggap sampah. Padahal siapa sangka, kantungnya itu masih menyimpan beragam kegunaan. Apa saja? Jom!

kantung teh untuk mata panda, manfaat kantung teh untuk mata, cara menggunakan teh celup untuk kantung mata, teh celup untuk kantung mata, manfaat teh celup untuk kantung mata

1.   Pembersih Rumah

Setelah puas menikmati teh, kita bisa bersih-bersih rumah menggunakan teh juga. Kantung-kantung teh yang sudah dipakai bisa kembali diseduh dalam segelas atau secangkir air. Setelah itu kita celupkan kain bersih, memerasnya, dan menggunakannya sebagai penghilang debu atau kotoran. Baik yang menempel di jendela, lemari, pintu, kaca, perlengkapan masak, dsb.

2.   Menjadi Pupuk Alami

Bicara tentang pupuk alami, kita tentu langsung ingat akan pupuk kompos yang terdiri dari kotoran hewan atau buah-sayuran. Namun tak perlu ragu untuk menyertakan kantung teh celup juga. Benda ini dipercaya mampu mencegah proses dekomposisi dini, menambah kandungan asam, serta mengundang bakteri yang diinginkan.

3. Manfaat Bagi Mata

Mata bisa terluka, kelelahan, merah-merah, dan juga sembab. Jika menghadapi masalah ini, kita bisa mengandalkan kantung teh celup. Setelah merendamnya di air biasa atau yang dingin, kita letakkan saja pada bagian mata. Upaya itu membuat mata kembali rileks dan segar.

4.   Manfaat Bagi Kulit yang Terbakar Matahari (Sunburned Skin)

Kulit terbakar pasti akan bikin kita sebal. Keadaan kulit sedang sensitif, dan rasa perihnya bahkan sampai memengaruhi mood juga. Sebagai peredanya, kita bisa menggunakan kantung teh yang sudah dibasahi air. Jika tidak, kantung teh tersebut dilarutkan dalam bak mandi yang akan kita gunakan untuk membasuh area kulitnya.

5.   Mengatasi Pendarahan Pada Luka

Insiden kecil seperti teriris pisau pemotong sayur sering terjadi dapur. Saat itu mungkin saja paket pertolongan pertama jauh dari jangkauan kita, atau bahkan tidak ada sama-sekali. Kita pun bisa segera meraih kantung teh celup bekas. Tekan luka dengan kantung tersebut. Benda itu siap menghalau pendarahan yang berlebihan.

6. Mempercepat Penyembuhan Lecet atau Luka

Mirip seperti poin sebelumnya, kantung teh memiliki peranan penting dalam menyembuhkan luka. Apalagi kita tak bisa memprediksi kecelakaan kecil yang akan terjadi. Entah itu lecet ketika main bola, atau lutut tergores ketika jatuh di atas jalanan aspal. Jika ingin lekas sembuh, kita musti segera membasahi kantung teh dan menekankannya pada area luka. Kandungan tannin-nya cukup membantu proses penyembuhan ini.

7. Mengurangi Luka Akibat Suntikan

Ketika disuntik, kemungkinan kita masih kebal akan rasa sakit. Namun beberapa saat setelahnya, mulai timbul rasa yang aneh dan cukup menyakitkan. Efek dari pembengkakan itu pun sampai membuat seorang bayi jadi rewel dan terus menangis. Kantung teh bisa jadi alternatif penyembuhnya. Kita basahi kantung tersebut, dan simpan di spot kulit yang disuntik. Asam tannic yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu meredakan dampak bengkak tersebut.

8. Manfaat Bagi Kilau

Rambut dipandang sebagai mahkota seseorang. Meski dirasa sudah cukup sehat dan sempurna, kadang kita pengin tampilannya lebih halus dan menebar kilau tersendiri. Jika demikian, kita bisa mencampurkan kantung teh ke dalam air bilasan rambut.

9. Mengurangi Bau Tak Sedap

Sudah tak terlihat, bau tak sedap juga membuat pernapasan kita sesak. Sumbernya bisa dari mana saja. Entah itu lemari pendingin, sepatu atau pun dari kaki sendiri. Kalau tidak mau bau tersebut mengganggu orang lain juga, kita tinggal meletakkan kantung teh celup untuk menyerap baunya. Kalaupun pada kaki yang bau dan berkeringat, kita bisa merendamnya pada air hangat yang sudah diisi kantung-kantung teh celup. Durasinya kurang-lebih 15 menit saja.

10. Menjadi Pembersih Mulut Alami

Beneran? Ya, fungsi yang satu ini menjadi salah-satu keunggulan dari kantung teh bekas. Khususnya kalau kita menggunakan teh peppermint. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan antiseptics dan mentol. Bahkan proses ini diklaim bisa meredakan peradangan, rasa nyeri pada gusi, dan sakit gigi.

11. Membuat Daging Lebih Lunak

Rasa daging yang nikmat akan lebih lengkap kalau teksturnya juga enak. Salah-satu triknya ternyata menggunakan kantung teh ini. Kita bisa melakukan marinasi daging dengan memanfaatkan kantung teh celup hitam pada air mendidih. Setelah dirasa cukup, kita didihkan dan bisa langsung mengeksekusi atau memasaknya. Teksturnya akan lebih empuk.

Nah, setelah membaca postingan ini, pastikan kamu pikir-pikir dulu sebelum membuang kantung-kantung teh yang ada. Ternyata masih banyak manfaat yang bisa kita serap. Hebat! 11 Manfaat Keren Dibalik Kantung Teh Celup Bekas. #RD