10 Merek atau Brand Smartphone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2016

Posted on

10 Merek atau Brand Smartphone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2016

Apa jadinya jika kita hidup tanpa smartphone?

“Kita tak bisa hidup tanpa smartphone” kedengarannya berlebihan. Namun tak bisa ditampik, peranan gadget yang satu ini memang begitu vital. Di setiap waktu, mayoritas dari aktivitas kita pasti berhubungan dengan smartphone. Entah sebagai alarm ketika bangun tidur, alat berkomunikasi, sumber berita atau informasi, sumber referensi, dsb.

Tak ayal, smartphone saja sudah jadi sektor pasar yang menggairahkan. Berbagai perusahaan begitu agresif bergerak, merilis dan mempromosikan produk terbaik mereka. Begitu juga dengan aneka aplikasinya yang menawarkan kemudahan, efektivitas, dan hiburan tersendiri.

Namun dari sekian perusahaan smartphone yang bersaing, pasar tetap memiliki caranya sendiri untuk menyaring yang terbaik. Seperti beberapa nama di bawah ini, yang sebagian tentu sudah sangat familiar. Namun sebagian lain merupakan merek-merek junior yang sama-sama tengah mengepakkan sayapnya. Jom!

10. Vivo

hp terbaik terlaris di dunia, hp terbaik 2015-2016, hp terbaik harga 2 jutaan, hp terbaik dibawah 3 juta, hp terbaik 2016-2017

Vivo adalah merek ponsel yang mulai beroperasi pada tahun 2009. Basis mereka ada di Tiongkok. Mereka terfokus pada software, smartphone, perangkatnya, dsb. Meski terbilang sebagai “pemain baru”, namun reputasi mereka melesat cepat. Produknya merenggut perhatian lebih dari 100 negara.

Brand yang menjadi anak dari BBK Electronics ini bahkan masuk dalam satu dari sekian merek ponsel yang pertumbuhannya paling cepat. Khususnya ketika mereka me-launching deretan smartphone mahal yang dinamakan seri X, yang pertengahannya bernama seri V, dan yang versi ekonomis disebut seri Y.

Vivo begitu serius menargetkan pertumbuhan globalnya. Mereka terus menggencarkan iklan dan strategi untuk memasarkan produknya. Baik itu iklan via televisi, media online, jadi sponsor berbagai event, dsb. Total yang terjual pun mencapai 44 juta unit.

Baca Juga : 10 Merek Ponsel atau Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2015

9. TCL Alcatel

smartphone terbaik 2016, smartphone terbaik 2015-2016, smartphone terbaik 2016 harga 2 jutaan, smartphone terbaik di dunia, smartphone terbaik harga 2 jutaan

Senior dari Vivo ini lahir pada tahun 2004. Mereka juga sama-sama berpusat di Tiongkok. Namun TCL Alcatel sudah menjangkau lebih dari 170 negara.

Dalam memasarkan produk, perusahaan tentu sudah membidik targetnya sendiri. Imej mereka pun dibentuk sedemikian rupa agar bisa lebih fun dan merenggut hati para kawula muda. Beberapa produk andalan mereka yaitu Pixi, pop, dan Idol.

Perusahaan yang juga menyediakan tablet ini mengklaim akan senantiasa memberikan yang terbaik, sehat, dan aman bagi pelanggan. Inovasi akan terus dilakukan demi kecanggihan. Demikian juga dengan tampilan visualnya, yang terus didesain seunik mungkin. Total unit yang sudah mereka rilis sebanyak 48 juta.

8. Oppo

merk hp terbaik dan harganya, merk hp terbaik 2015-2016-2017, merk hp terbaik untuk internet, merk hp terbaik saat ini, merk hp terbaik dunia, merk hp terbaik di dunia 2014, merk hp terbaik 2016, merk hp terbaik dan awet

Oppo jadi seniornya TCL Alcatel, yang juga berkembang amat pesat. Mereka berdiri dari tahun 2001 di Tiongkok. Namun dulu mereka masih fokus pada pembuatan MP3 players, sampai kemudian di tahun 2008, Oppo juga melebarkan sayap pada ranah smartphone.

Merek ini bahkan menjadi ancaman tersendiri bagi pemain-pemain lama yang tengah berkompetisi. Lebih lagi mereka cukup getol mengaplikasikan slogannya, the art of technology. Tak ayal, Oppo pun bisa merasuki hati pelanggannya yang tersebar di lebih dari 20 negara. Produk kebanggaan mereka meliputi OPPO Mirror, Neo, Joy, F1, dan R7.

Seperti perusahaan lain, Oppo pun menawarkan fitur andalannya. Mereka kerap menggaungkan kamera yang berkualitas bagus. Keunggulan lain juga gencar dipromosikan lewat iklan di media masa serta beberapa event besar yang ada. Untuk produk terbarunya saja, yang R7, mereka sampai menggaet klub bola seraksasa Barcelona. Brand ini tentu semakin dikenal saja. Sampai saat ini, penjualan mereka saja sudah mencapai 50 juta unit.

7. ZTE

produk smartphone terbaik di dunia, merek handphone terbagus, merek handphone termahal di dunia, merek handphone terpopuler di dunia, merek handphone samsung, merek handphone hp, merek handphone pertama di dunia

Masih produsen smartphone dari Tiongkok. Kali ini ada ZTE, yang sudah bergerak sejak tahun 1985. Sejak saat itu, mereka sudah menjadi perusahaan terkemuka. Mereka menawarkan aneka smartphone, tablet, software, dsb. Beberapa yang jadi produk unggulan yaitu serinya Blade, Axon, Nubia, Zmax, Grand, dsb.

Salah-satu strategi penjualan yang mereka terapkan yaitu menghadirkan produk dengan aneka spesifikasi dan harga. Kita bisa memboyong produk ZTE yang murah sampai yang mahalnya. Namun harga yang dipatok tentu sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Entah itu berupa kamera dengan resolusi tinggi, sistem operasi yang kekinian, aplikasi yang lebih banyak, dsb.

Perusahaan ini memiliki hubungan erat dengan jasa telecom dunia. Sebut saja Vidafone, Telstra, China mobile, dsb. Nama mereka pasti begitu besar. Adapun penjualan produknya mencapai 56 juta unit.

6. LG

merk hp terbaik 2016, merk hp terbaik sekarang saat ini, merk hp terbaik 2016 di indonesia, merk hp terbaik dan awet, merk hp terbaik di dunia tahun 2016

Lahir pada tahun 1958, menjadikan LG sebagai satu dari sekian pionirnya perusahaan IT. Khususnya yang bergerak di bidang elektronik, perlengkapan rumah tangga, ponsel, dsb. Mereka tak hanya unggul di kandangnya saja, Korea Selatan, melainkan sudah jadi perusahaan ternama di dunia.

Sudah kita ketahui kalau LG juga eksis di balik kemajuan produk-produk seperti smartphone, tablet, jam tangan pintar, dsb. Untuk ponsel sendiri, mereka hadir dengan jagoan-jagoannya. Ada seri LG G, LG G Flex, LG K, Nexus, dan LG Tribute. Fitur demi fitur terus dikembangkan. Termasuk juga dengan ponsel yang nantinya tak akan menggunakan tombol.

Soal marketing atau promosi, nama LG memang ada di mana-mana. Entah dalam iklan TV, media online, agenda Formula 1, dsb. Pemilik slogan “Life’s Good” ini pun semakin mengukuhkan eksistensi dan reputasinya.

5. Xiaomi

merk hp terbaik 2016-2017 di indonesia, merk hp terbaik dan awet, merk hp terbaik di dunia tahun 2016-2017, merk hp terbaik 2016, merk hp terbaik sekarang saat ini

Tahun kelahiran 2010 memang mengkategorikan Xiaomi sebagai perusahaan baru. Namun jika melihat produk dan antusiasme pelanggannya, mereka terbilang sangat melesat. Segmen smartphone yang mereka serang rupanya cukup berhasil mengenai sasaran.

Hadirnya suntikan dana yang besar semakin mendukung kemajuan perusahaan. Hasilnya, produk mereka pun memiliki kualitas yang bisa diadu. Namun uniknya, mereka memangkas biaya perusahaan dengan sistem penjualan online-nya. Untuk produk andalannya sendiri ada yang seri Mi dan RedMi.

Membangun branding menjadi perkara yang penting. Xiaomi sendiri menerapkan cara yang cukup efektif dan unik, sehingga pelanggan begitu tertarik. Penjualan mereka pun begitu tinggi, sampai mencapai 65 juta unit.

4. Lenovo Motorola

merk handphone terbaik, merk handphone terbaik 2016, merk handphone android terbaik, merk handphone terbaru, merk hanphone buatan indonesia

Dulu kita masih mengenal brand Motorola yang mandiri. Namun di tahun 2011, merek tersebut sudah jadi bagian dari Lenovo. Sebab, Lenovo memang mengakuisisinya dari Motorola Inc. Duet tersebut ternyata cukup “maut”.

Perusahaan yang berpusat di Illinois – Amerika Serikat ini perlahan namun pasti bisa merambah pasar global. Mereka memperkaya produk yang berkualitas pada segmen smartphone, jam pintar, tablet, dsb. Fakta bahwa perusahaan memiliki sandaran dana yang besar juga mendukung upaya pengembangan produk yang dihasilkan. Beberapa penawaran terbaik mereka meliputi Moto G, Moto X, Moto E, Moto Maxx, dan Moto Razr.

Tak bisa kita lupakan, perusahaan ini yang menjadi pencetus dari hadirnya jam pintar semacam Moto 360. Produk yang sudah berperan besar dalam meningkatkan laba perusahaan ini juga sudah banyak dikembangkan produsen lain. Sementara pada segmen smartphone, mereka sudah mengeluarkan sebanyak 72 juta unit.

3. Huawei

handphone terlaris 2016, handphone terlaris di indonesia, handphone terlaris 2015-2016-2017, handphone terlaris tahun ini 2016, handphone terlaris di dunia 2015

Huawei adalah perusahaan asal Tiongkok yang sudah berdiri sejak tahun 1987. Untuk itu, perusahaan ini termasuk senior di industri telepon dan peralatan telekomunikasi. Mereka sudah memiliki tempat istimewa di segmen-segmen penting seperti smarphone, komputer, tablet, jaringan broadband, dsb.

Seperti halnya Xiaomi, Huawei pun menyedot sumber dana yang besar. Modal penting itu tentu menjadi pendorong yang sangat kuat, sehingga mereka semakin kokoh berada di deretan atas. Lebih lagi mereka menerapkan investasi dan kerja sama yang sangat strategis. Mereka merangkul brand lain seperti Vodafone, TalkTalk, Motorola, Orange, BT, dsb. Untuk produk andalannya sendiri ada seri Honor, Y, Enjoy, Mate, MediaPad, Ascent, dsb.

Produk perusahaan sudah melayang jauh, menjangkau lebih dari 160 negara. Pelanggan setianya terus memberi dukungan, sehingga Huawei kerap menempati posisi sebagai satu dari perusahaan paling inovatif dan dinamis. Toal keseluruhan produk yang mereka jual ada 104 juta unit.

2. Apple

merk smartphone terbaik, merk smartphone, merk smartphone yang tidak cepat panas, merk smartphone terlaris, merk smartphone terbaik terlaris

Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan perusahaan pada tahun 1976. Apple Inc. tampil sebagai brand yang terkemuka. Apalagi ketika mereka mencetak hits berupa Mac dan iPhones. Karena itu, bukan kejutan besar jika sekarang Apple ada di top 3.

Steve Jobs mengenalkan iPhone pada tahun 2007. Dunia begitu terkesima. Dan sejak saat itu, mereka menjadi ikon dan pelopor dari kehadiran smartphone. Dari tahun ke tahun, produk mereka bahkan selalu ditunggu-tunggu dan membuat membuat pelanggan harap-harap cemas jelang tanggal rilisnya. Beberapa produk yang membius konsumen meliputi iPhone 6, 6S, 6S Plus, dan yang SE.

Brand dan produknya sendiri begitu eksklusif, membuat siapapun pemiliknya merasa bangga dan bahagia. Ada kepuasaan tersendiri ketika gadget yang kita pakai bergambar logo apel yang seperti digigit sebelah. Jadi meski banderolnya cukup istimewa, penjualannya tak kalah istimewa juga. Apple berhasil menjual sampai 225 juta unit.

1. Samsung

10 merk handphone terbaik dunia, merek handphone samsung terbaru, perusahaan hp terbesar di dunia, merk hp terbaik di dunia, merek hp terbaik, vendor smartphone terbaik, brand smartphone terbaik

Ini dia juara yang mengungguli angka penjualan smartphone terbaru. Tak bisa disanggah lagi, perusahaan asal Korea Selatan ini memang jadi raksasa di segmen andalannya. Ketika mereka hadir di tahun 1969, berbagai upaya terus gencar dan konsisten dilakukan demi kemajuan produknya.

Dulu bahkan sudah ada brand yang sangat kuat dan berpengaruh, yakni Nokia. Namun Samsung berperan juga dalam menggulingkannya, sehingga mereka bisa merebut tahta pasar. Apalagi ketika publik dikenalkan pada sistem operasi Android. Angka penjualan produknya pun semakin hari semakin menanjak saja. Beberapa produknya yang popular yaitu serinya Samsung Galaxy S, Galaxy J, Galaxy A, Galaxy Note, dan Galaxy Grand.

Menilik pesat perkembangan perusahaan, kita pun bisa menebak dengan mudah kalau Samsung memiliki akar dana yang sangat kuat. Dalam periklanan saja, mereka sampai menggelontorkan budget sebesar 14 milyar dollar. Mereka juga tak tanggung-tanggung menjadi sponsor di berbagai klub atau acara akbar seperti sepakbola, olimpiade, bola basket, dsb. Keseluruhan penjualannya menyentuh angka 320 juta unit.

Tingginya angka penjualan unit demi unit produk tentu sebanding dengan naiknya permintaan masyarakat. Namun kita sama-sama berharap agar perusahaan yang sudah dipercaya terus menyajikan produk terbaiknya. Kita pun musti saling mengingatkan untuk tetap bijak menggunakan segala gadget yang ada. 10 Merek atau Brand Smartphone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2016 (DBS) #RD