10 Fitur Bawaan Android 6.0 Marshmallow

Posted on

10 Fitur Bawaan Android 6.0 Marshmallow

Android Marshmallow adalah generasi terbaru dari sistem operasi android. Sistem ini dikenalkan oleh Google pada akhir Mei 2015. Walaupun baru dikenalkan selama 1 tahun namun menurut survei sebanyak 10% pengakses Google play adalah pengguna sistem operasi Marshmallow. Dengan begitu banyaknya pengguna, sebenarnya apa kelebihan fitur Android 6.0 Marshmallow dibandingkan dengan versi sebelumnya (Lollipop)?

1. Doze

marshmallow android features, marshmallow android review, marshmallow android release date, android marshmallow launcher, android 6, android 6 features, android 6.0 review

Di kalangan masyarakat memiliki smartphone bukan lagi hal yang luar biasa. Banyak pengguna smartphone merupakan gamers hingga pebisnis beromzet miliaran. Kebanyakan dari mereka memerlukan smartphone dengan fitur yang maksimal untuk menunjang kebutuhannya. Selain memiliki sistem operasi yang tidak lelet alias cepat, pengguna smartphone ini memerlukan baterai yang mempunyai kemampuan maksimal.

Seperti yang telah diketahui, smartphone terkenal dengan baterainya yang boros. Oleh karenanya Google membenahi sistem operasinya yang lama untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Pada fitur Android 6.0 Marshmallow, pihak Google memperkenalkan fitur baru yaitu fitur doze. Jenis fitur ini diklaim oleh Google mampu membuat daya pakai baterai menjadi dua kali lebih besar dari pada sebelumnya.

Fitur ini akan berjalan ketika smartphone dalam keadaan siaga. Fitur Doze ini meminimalkan penggunaan aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Peminimalan tersebut tidak akan mempengaruhi sistem alarm dan panggilan, oleh karena itu pengguna marshmallow tidak perlu khawatir.

2. Sensor Sidik Jari

fingerprint android app, fingerprint android terbaik, fingerprint android phones, fingerprint android api, fingerprint android 6.0

Sensor sidik jari merupakan fitur yang sedang booming di kalangan pengguna smartphone. Pengguna Google pay akan menemukan kinerja sistem ini disetiap transaksi yang dilakukan. Pengguna juga tidak perlu repot membawa banyak kartu karena secara virtual kartu tersebut telah terpasang pada smartphone ini. Sistem ini akan meminimalisir terjadinya penipuan pada kartu kredit ataupun kartu debet. Sebab kartu-kartu virtual ini baru bisa diakses jika sidik jari pengguna cocok dengan yang tersimpan pada database

Pemindai sidik jari ini juga berguna untuk sistem keamanan tambahan untuk privasi dari ponsel pintar yang anda miliki. Seringkali ada beberapa kawan kepo membuka ponsel yang dimiliki. Sangat berbahaya jika ponsel tersebut juga mengandung rahasia perusahaan yang tidak boleh dilihat oleh kalangan awan. Dengan fitur pemindai sidik jari hanya anda yang dapat mengakses informasi penting ini.

3. Rotating Home Screen

android 6.0 adalah, android 6.0.1, android, 6.0.1 review

Kekurangan yang masih dimiliki oleh sistem operasi android sebelumnya adalah halaman muka serta scrooling menu dari smartphone android selalu vertikal. Fitur Android 6.0 Marshmallow telah mengakomodasi keluhan dari pelanggan ini. Pihak Google mengupdate sistemnya agar saat smartphone digunakan dalam keadaan horizontal maka tampilan home screen maupun menu scrooling secara horizontal dapat berfungsi.

4. USB Type-C

usb type-c adalah, usb type-c 1.0 reversible connector, usb type-c port, usb type-c cable, usb type-c charger

Pengisian baterai pada smartphone umumnya memiliki port USB. Pada tipe USB lama mereka memiliki tampilan depan dan tampilan belakang yang berbeda. Sehingga pengguna tidak bisa sembarangan memasukannya. Namun pada fitur Android 6.0 Marshmallow, jenis USB ini telah tergantikan dengan USB type-C.

Jenis USB ini mempunyai tampilan yang sama antara bagian depan dan belakang. Jadi untuk pengguna yang mengisi baterai dalam keadaan ngantuk tidak usah takut salah posisi sehingga harus terbangun. USB tipe ini juga memiliki manfaat tambahan dalam mempercepat pengisian baterai. Anda tidak perlu lagi menunggu dalam waktu yang lama untuk menggunakan kembali smartphone yang anda miliki.

5. Memory Manager

marshmallow android features, marshmallow android review, marshmallow android release date, android marshmallow launcher, android 6, android 6 features, android m 6.0 review, marshmallow review

Selain baterai yang cepat habis, pengguna khususnya gamer mengeluhkan kurangnya memori internal untuk mengakomodasi kebutuhannya. Oleh karena itu produsen smartphone menambahkan slot memori eksternal di dalamnya. Pemberian slot ini kadang juga masih menimbulkan beberapa masalah.

Untuk mengatasinya fitur Android 6.0 Marshmallow terbaru memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk menggabungkan memori internal dan memori eksternal yang dimiliki. Fitur tersebut akan memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar.

6. Pesan Pada Lock Screen

marshmallow android review, marshmallow android release date, android marshmallow launcher, android 6, android 6 features, android m 6.0 review, marshmallow review

Kadang diperlukan aplikasi lain untuk membuat tampilan smartphones agar lebih terlihat chic. Namun dengan fitur Android 6.0 Marshmallow para pengguna tidak perlu lagi menambah aplikasi yang biasanya memakan memori. Contohnya adalah penambahan fitur penulisan pesan pada lock screen.

Penggunanya dapat membuat pesan yang beragam yang akan ditampilkan pada saat smartphone terkunci. Tulisan ini akan muncul di bawah jam digital yang terpasang secara default. Walaupun terdengar sepele, penambahan fitur ini mampu membuat suasana baru dari smartphone kesayangan.

7. Kemudahan Un-Install Aplikasi Bawaan

marshmallow review, marshmallow android features, marshmallow android review, marshmallow android release date

Memori smartphone dimanfaatkan untuk menginstall beragam aplikasi yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan. Namun terkadang, memori yang disediakan kurang menunjang. Selidik punya selidik ada beberapa kendala, salah satunya adalah aplikasi bawaan yang terpasang default oleh pabrikan.

Aplikasi bawaan dapat di uninstall dengan melakukan root pada smartphone. Metode lama ini dianggap cukup efektif namun cara ini dianggap cukup berbahaya.Root akan memberi kesempatan pada virus untuk menyerang karena sistem keamanannya telah dibongkar. Selain itu jika root terjadi saat masa garansi, maka garansi yang berlaku atas smartphone tersebut langsung hangus.

Pada fitur Android 6.0 Marshmallow, pihak Google telah merancang sebuah sistem yang memudahkan pencopotan aplikasi bawaan pabrik. Hasilnya para pengguna smartphone yang masih merasa memorinya kurang akan mendapatkan memori tambahan. Selain aman dari gangguan virus yang menyerang, sistem ini juga legal untuk digunakan.

8. Tampilan Menu Berbeda

marshmallow android features, marshmallow android review, marshmallow android release date, android marshmallow launcher, android 6, android 6 features, android 6.0 review

Sistem operasi android terbaru tidak hanya memberikan kemudahan untuk pengoperasiannya saja. Pada fitur Android 6.0 Marshmallow, Google melakukan perubahan pada tampilan menu. Berbeda dengan tampilan menu yang lama pada android lollipop, tampilan menu yang dipasang pada OS Android ini lebih elegan dan dinamis.

9. App Permissions

marshmallow android review, marshmallow android release date, android marshmallow launcher, android 6, android 6 features, android m 6.0 review, marshmallow review

Masih ingat saat penginstallan aplikasi dari Google play? Setiap kali install sebuah pop-up akan muncul. Pop up ini berisi perjanjian bahwa setelah pemasangan,  pengguna setuju bahwa aplikasi dapat melakukan akses terhadap penyimpanan, kontak dan beberapa hal pribadi lainnya. Pada Fitur Android 6.0 Marshmallow pengguna dapat merubah pengaturan ini. Sehingga akses yang dilakukan hanya akan terjadi saat aplikasi digunakan.

10. Pencarian Otomatis dengan OK GOOGLE

ok google everywhere, ok google now, ok google commands, ok google not working, ok google adalah, android 6.0 review

Kemudahan yang akan di dapatkan dari upgrade ataupun membeli smartphone dengan OS nya yang terbaru adalah adanya fitur canggih yang terpasang. Pengguna smartphone akan menemukan sensasi baru dalam menggunakan smartphone. Dengan mengandalkan sistem Google Now, pengguna smartphone dapat mengtahui beragam informasi hanya dengan bersuara OK GOOGLE.

Misalnya saja pencarian restoran lokal yang direkomendasikan. Jika pengguna mencari menggunakan OK GOOGLE maka segala informasi yang berkaitan akan dengan lengkap tersedia termasuk juga halaman website restoran tersebut (hanya untuk restoran yang memiliki website saja sih).

10 hal diatas merupakan fitur-fitur yang ada pada OS Android terbaru. Sangat menggoda untuk diuji langsung untuk para pengguna android. Untuk mencoba android marshmallow pengguna dapat membeli smartphone yang baru atau melakukan upgrade pada sistem operasi android yang lama (pastinya yang smartphonenya harus kompatibel lho ya). 10 Fitur Bawaan Android 6.0 Marshmallow #MC