Home General 4 Metode atau Tips Sederhana Mengusir Lalat dari Rumah Kita

4 Metode atau Tips Sederhana Mengusir Lalat dari Rumah Kita

7
SHARE

4 Metode atau Tips Trik Sederhana untuk Mengusir Lalat dari Rumah Kita

Meski ukurannya kecil, namun lalat atau serangga lain selalu berhasil membuat kita risih. Rumah jadi terkesan kotor tak terawat. Tak jarang kita begitu sebal, lebih lagi teknik untuk membasmi mereka tidaklah semudah yang diduga.

Keberadaan mereka tak hanya membawa citera negatif, tetapi juga bahaya bagi para penghuni rumahnya. Sebagaimana kita tahu, lalat biasa hinggap di tempat-tempat kotor. Lalu mereka bebas beterbangan di rumah, menyebarkan potensi penyakit ke sekitar. Baik itu menjadi racun makanan atau mengundang disentri.

Tentu kita mau hal itu terjadi, bukan? Nah, berikut ini 4 metode atau langkah-langkah ampuh untuk menghilangkan lalat di rumah. Jom!

cara mengusir lalat dari rumah, tips mengusir lalat dari rumah, cara mengusir lalat dari rumah makan, mengusir lalat dari dalam rumah, cara mengusir lalat dari rumah secara alami

1. Perhatikan Hal-hal yang Menjadi Daya Tarik Bagi Lalat

Sebelum lebih lanjut, lebih dahulu kita musti mengenal segala hal yang menjadi magnet kedatangan lalat. Sebab tanpa disadari, kita sendiri yang sudah mengundangnya. Untuk itu, ada baiknya mempraktikkan hal-hal berikut demi mencegah kedatangan lalat:

  • Perhatikan keadaan dapur. Pastikan kita sudah menutup akses pada makanan, serta membersihkan remah-remah (sisa makanan) yang ada. Jangan sampai membusuk di tempat. Segera buang ke luar atau menjadikannya sebagai bahan kompos. Demikian juga dengan piring, mangkuk, atau wadah makanan lain yang kotor. Sebisa mungkin kita musti segera membersihkannya. Semua itu biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi lalat.
  • Tutup wadah atau ember kompos. Jika keadaannya terbuka, lalat akan sering hinggap. Bahkan mereka seperti diberi kemudahan untuk bertelur di area tersebut.
  • Tutup makanan untuk hewan peliharaan (jika punya). Tak hanya sisa manusia, makanan yang tak termakan hewan pun musti kita tutup. Aromanya akan membuat lalat tergiur. Demikian juga dengan alas makannya yang harus segera dibersihkan.

2. “Meminta Bantuan” Pembasmi Serangga

Kadang kita tak habis pikir, meski rumah sudah bersih, namun lalat masih saja berdatangan. Padahal kita pun sudah menyingkirkan segala hal yang kira-kira mengundang eksistensi mereka. Jika sudah begitu, kita pun perlu mengerahkan para pembasmi lalat yang bisa diandalkan. Coba saja:

  • Minyak pengusir lalat. Yang terbaik tentu yang natural. Misalnya saja citronella oil, eucalyptus oil atau minyak kayu putih, lavender, dsb.
  • Lalat memiliki “alergi” tersendiri terhadap bau-bauan tertentu, seperti vodka atau juga cengkeh. Kita bisa memanfaatkan minyak cengkeh, atau yang versi utuhnya. Simpan saja 10 sampai 15 cengkeh di ruang depan atau tengah, niscaya lalat akan kapok mengganggu kita.
  • Yang satu ini bisa tersedia dalam bentuk produk jadi, bisa juga dengan membuatnya sendiri. Kita bisa mencampuradukkan setengah cangkir sari cuka apel dengan witch hazel. Tambahkan sedikitnya 60 tetes minyak kayu putih. Kemudian kocok larutannya agar merata. Lotion yang efektif ini bisa kita pakai sewaktu-waktu, hanya saja pastikan untuk tidak terkena kontak dengan mata.
  • Tanaman Herbal. Keuntungan tersendiri apabila kita memiliki ruang untuk menanam tanaman herbal, atau yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Sebut saja daun mint, basil, lavender, dsb. Aroma mereka bukanlah aroma favorit untuk para lalat.

 3. Jebakan Khusus Lalat

Usaha untuk menyingkirkan penyebab kedatangan lalat tidak membuahkan hasil. Demikian juga dengan penggunaan para pembasmi lalat. Hasilnya nihil juga. Kita pun bisa mencoba trik berikutnya, yakni dengan membuat jebakan untuk lalat. Beberapa caranya yakni:

  • Menggunakan “Fly Papers”. Cara yang satu ini terbilang murah-meriah, namun juga efektif. Kertas ini memiliki aroma manis yang memanjakan lalat. Tapi begitu mereka terperangkap, tekstur kertas yang lengket membuatnya terjebak dan tak bisa bergerak. Sebagian kertas ini bahkan mengandung zat yang bisa beracun bagi lalat.
  • Memanfaatkan Vacuum Cleaner. Selain sebagai penyedot debu, benda yang satu ini juga bisa diandalkan untuk membuat lalat jadi jera. Kita bisa menggunakan yang ukurannya kecil, sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Kita hanya menodongkan mulut pipanya, lalu membuat lalat jadi terperangkap. Ada baiknya untuk segera membersihkan alat tersebut, sebab tak ada jaminan kalau lalat yang sudah tertangkap langsung mati seketika.
  • Menggunakan “Fly Trap”. Benda ini sudah didesain khusus untuk membuat lalat jadi terperangkap. Di dalamnya terdapat sesuatu yang menjadi perangsang lalat untuk mendekat. Kita tinggal mengisikan air ke dalamnya. Jika sudah masuk, lalat bisa perlahan tewas di dalam air tersebut.

4. Menyemprotkan Cairan Kimia

Cara terakhir ini menjadi pilihan pamungkas apabila semua upaya masih saja tak berhasil mengusir lalat. Bagaimanapun, cairan kimia memiliki efek samping yang cukup serius juga. Kandungannya beracun. Belum lagi lingkungan sekitar bisa tercemar. Sebelum memutuskan untuk memakainya, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pilih merek atau brand cairan kimia yang dirasa paling aman, atau memiliki kandungan racun yang lebih sedikit. Jangan dulu buru-buru mengandalkan produk cairan kimia, melainkan melakukan upaya pencegahan dulu. Misalnya dengan mempertahankan lingkungan agar tetap bersih dan higienis.
  • Pertimbangkan untuk mengupayakan alternatif lain, yakni dengan membuat cairan kimia sendiri menggunakan sabun cuci dan air. Di dalam sabun cuci biasanya terdapat zat yang bisa membunuh serangga dengan cepat.
  • Sebisa mungkin hindari produk penyemprotan cairan kimia dalam bentuk yang vaporized atau seperti uap. Meski bisa membunuh serangga secara cepat, namun dampaknya bisa serius. Apalagi kalau di dalam ruang tersebut terdapat bayi, anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik.

Intinya, sebelum berangkat pada cara yang melibatkan unsur kimia, ada baiknya untuk meningkatkan upaya secara natural. Nah semoga postingan ini bermanfaat, dan rumah kita bebas dari lalat. Demikian,  4 Metode atau Tips Trik Sederhana untuk Mengusir Lalat dari Rumah Kita. #RD