Home General 5 Hal Menyenangkan Sebagai Alternatif Hiburan Bersama Anak dan Keluarga

5 Hal Menyenangkan Sebagai Alternatif Hiburan Bersama Anak dan Keluarga

2
SHARE

5 Hal Menyenangkan Sebagai Alternatif Hiburan Bersama Anak atau Keluarga

Waktu untuk bersantai atau liburan memang diperlukan oleh setiap orang, khususnya anak-anak. Mereka mungkin saja bosan dan kelelahan dengan rutinitas sehari-harinya. Baik itu sekolah, kerja kelompok, mengerjakan PR, les, menjalani kegiatan ekstrakurikuler, dsb.

Di sisi lain, pihak orang tua atau yang lebih dewasa juga tak kalah mumet. Kita sadar sudah “kurang piknik”, tetapi rasanya energi untuk berpikir atau merencanakan sudah terkuras dengan berbagai kegiatan. Namun tenang saja, kita pun memilih opsi atau alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan.

Rencana itu sendiri tak perlu rumit, mengeluarkan budget banyak, atau usaha yang keras. Kita bisa mencoba hal-hal menyenangkan di bawah ini. Jom!

1. Bermalas-malasan Berjamaah

aktiviti bersama anak di rumah, bermain bersama anak di rumah ketika malas, aktivitas bersama anak di rumah, permaianan bersama anak di rumah, kegiatan bersama anak di rumah
via : pinterest.com

Opsi yang satu ini bisa jadi pilihan ketika kita benar-benar lelah, dan tak punya banyak waktu mengatur segala sesuatu. Caranya sangat sederhana. Kita bisa menggelar karpet atau tikar yang sangat nyaman. Bila perlu, anak-anak menggunakan sleeping bag. Kalau tidak, cukup dengan selimut dan bantal.

Hal tersebut tak komplit tanpa adanya makanan, entah buatan sendiri atau dengan membelinya. Popcorn, kripik, pizza, dsb. Agar lebih seru lagi, tonton film keluarga atau yang agak horror dalam keadaan lampu yang dimatikan. Setelah acara selesai, ada kemungkinan anak langsung tidur. Jika tidak, kita bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengobrol atau mendongeng. Bisa tentang masa lalu atau bagaimana masa kanak-kanak kita dahulu kala, tentang sebuah mitos, cerita seram, dsb.

2. Makan Malam Spesial

makan malam bersama anak dan keluarga, aktifitas bersama anak, aktivitas bersama keluarga, aktivitas bersama anak di rumah, aktivitas bersama bayi

Tiap kali kita pergi ke luar atau jalan-jalan malam untuk menonton film, menyaksikan festival, window shopping, dsb, dinner selalu tampil sebagai pelengkapnya. Apalagi kalau agenda tersebut dihelat di rumah sendiri. Suasananya jadi lebih hangat. Hanya saja, kadang kita terlalu penat untuk jalan-jalan membawa anak-anak. Mood juga terlalu buruk untuk belanja bahan makanan dan memasak.

Untuk itu, tak ada salahnya kalau kita sengaja pergi ke luar khusus untuk makan malam. Biarkan anak-anak memilih hendak menyantap apa. Kita bisa menyerap energi positif mereka. Dengan menyaksikan mereka tersenyum bahagia saja sudah membuat suasana hati jadi lebih baikan. Kita pun tak perlu repot-repot memasak, menyiapkan meja, atau mencuci piringnya.

3. Tamasya Sederhana

bermain bersama anak di rumah ketika malas dan cape, aktiviti bersama anak-anak, aktiviti hujung minggu bersama anak-anak

Sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan cuaca yang bersahabat. Matahari bersinar tak terlalu panas, angin berhembus tak terlalu kencang, dan hawanya hangat. Keadaan itu bisa dimanfaatkan untuk mengendorkan otot bersama anak-anak. Segera berkemas, lakukan perjalanan yang fun, siapkan budget untuk jajan atau lebih baik membawa bekal sendiri, dan hampiri spot favorit di luar rumah. Setelah itu kita bisa membiarkan anak-anak bermain sesuka hatinya. Sementara kita tinggal menyaksikan mereka, atau sekadar terdiam bersantai di atas tikar atau bangku taman.

4. Sekadar Jalan-Jalan

Yang punya kendaraan pribadi, khususnya mobil, bisa mengeksekusi pilihan yang satu ini. Kita bisa mengajak anak-anak atau keluarga untuk “mengukur jalanan”. Baik itu ke jantung kota, ke daerah pinggiran, ke kampung halaman, ke tempat dengan pemandangan yang indah, dsb. Isi perjalanan dengan nyanyi bersama, menjelaskan berbagai spot-spot khusus, mengadakan permainan, dsb. Akhir dari perjalanan bisa dengan mampir ke tempat makan, membeli es krim, memboyong camilan, dsb.

Sementara untuk yang tidak memiliki kendaraan pribadi, kita bisa memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Apalagi kalau memang kita dekat dengan stasiun bis atau kereta api. Meski tak ada tujuan khusus, kita bisa memilih tempat yang sekiranya memakan waktu perjalanan cukup lama. Jika sudah sampai, kita bisa mampir ke sana-sini. Tak lupa dengan mengabadikan kebersamaan dengan berpoto selfie atau groufie, serta makan bersama di tempat-tempat sederhana. Waktu tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk having fun, bercengkerama lebih intens, mengenalkan anak pada dunia luar, dsb.

5. “Pengasuh” Alternatif

Untuk opsi ini, kita akan melibatkan pihak di luar keluarga inti. Banyak sekali pihak yang bisa dimintai tolong. Ada kakek-nenek, paman-tante, atau para sahabat. Kita bisa mengunjungi mereka, yang secara langsung meminta mereka untuk mengasuh anak-anak terlebih dahulu.

Syukur-syukur kalau di rumah mereka juga terdapat anak-anak. Tak lupa bekali dengan uang atau makanan. Kita pun bisa leluasa pulang ke rumah untuk menuntaskan tugas, ngopi atau ngeteh, membaca, dsb, yang sekiranya bisa mengendurkan rasa stress. Ketika menjemput anak-anak pun, mereka biasanya sudah memiliki suasana hati yang lebih asyik. Bisa kita buktikan dengan raut mereka yang ceria atau bagaimana antusiasme mereka ketika bercerita.

Sebenarnya masih banyak ide liburan lain yang murah-meriah, sederhana, namun bermakna. Intinya kita sebisa mungkin meluangkan quality time untuk keluarga, apalagi anak-anak. Hal tersebut bisa berdampak positif secara fisik atau pun psikologis semuanya. Aktivitas Alternatif Bersama Anak dan Keluarga di Rumah #RD