10 Petinju Terbaik dan Melegenda di Dunia Sepanjang Masa

Posted on

Nama-nama petinju legenda sebenarnya sudah tak asing lagi di telinga kita. Pasti yang itu-itu saja. Tetapi jika dibuatkan ranking, tentu pembahasannya akan jadi lain. Orang bisa menyusun urutan yang berbeda-beda.

Lebih lagi masing-masing boxer memiliki fansnya tersendiri. Di mata mereka, petinju idolanya adalah yang terbaik, terkuat, dan tak terkalahkan. Namun memang, banyak survey atau semacam voting yang diadakan terkait petinju terbaik sepanjang masa. Hasilnya sendiri mengeluarkan banyak nama, yang terdiri dari berbagai generasi.

Berikut ini top 10 petinju keren yang melegenda sepanjang masa. Jom!

1. Muhammad Ali

petinju terbaik sepanjang masa, 10 petinju terbaik sepanjang masa, siapa petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik indonesia dunia sepanjang masa, 50 petinju terbaik sepanjang masa
via : pinterest.com

Saking tenarnya, Cassius Marcellus Clay, Jr. Aka Muhammad Ali menjadi satu dari sekian atlit selebritis. Ketika meninggal pada 3 Juni 2016 saja, dunia langsung dibuat geger. Berbagai media massa dan sosial terus-terusan menjadikan namanya sebagai trending topic.

Pria kelahiran 17 Januari 1942 ini memang sangat berprestasi, khususnya di kelas heavyweight. Majalah tinju ternama, The Ring, sampai mencatat namanya sebagai “Fighter of the Year” sebanyak 6 kali. Pada tahun 1996, mereka juga yang menobatkan Muhammad Ali sebagai petinju kelas berat terbaik dari semua generasi atau era. Berbagai gelar juara dan penghargaan juga terus menghujaninya. Para komentator, pengamat, termasuk sejarawan pun kerap menyebut namanya sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Namanya tak hanya dikenal di arena ring. Dia juga melebarkan karier sebagai seorang musisi dan aktor.

2. Sugar Ray Robinson

10 petinju terbaik sepanjang masa, siapa petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik indonesia dunia sepanjang masa, 50 petinju terbaik sepanjang masa
via : pinterest.com

Petinju dengan nama lahir Walker Smith Jr. ini sudah dilantik ke dalam “International Boxing Hall of Fame” di tahun 1990. Penghargaan prestisius tersebut tentu tak lepas dari kerja kerasnya, khususnya di kelas welterweight atau middleweight. Dia memecahkan rekor sebagai petinju yang memenangkan kejuaraan dunia sebanyak 5 kali berturut-turut.

Sugar Ray Robinson percaya bahwa ritme dalam tinju itu sangat penting. Demikian juga dengan latihan rutin, yang ia klaim bisa membuat teknik dan naluri spontanitas seorang petinju jadi lebih terasah. Sugar Ray Robinson terkenal menguasai aneka gaya ketika meninju lawannya. Begitu juga dengan kecepatan dan kekuatannya, yang kerap membuat musuh jadi ciut. Belum lagi tangan kanan dan kirinya sama-sama kuat untuk menghantam siapapun.

3. Mike Tyson

petinju terbaik di dunia, petinju terbaik di dunia saat ini, petinju terbaik di dunia 2013--2018-2019-2020, 10 petinju terbaik di dunia, 5 petinju terbaik di dunia
via : pinterest.com

Semenjak menjadi mualaf, Michael Gerard “Mike” Tyson dikenal juga sebagai Malik Abdul Aziz. Ketika menjalani karier secara profesional, Mike Tyson membuat rekor dengan menjadi petinju paling muda yang memenangkan aneka kejuaraan dunia. Sebut saja WBC, WBA, dan IBF khusus untuk kelas heavyweight. Waktu itu usianya masih 20 tahun-an.

Gelar juara yang diraihnya selalu dibarengi dengan catatan yang mencengangkan. Dia memukul knockout, mengalahkan nama-nama besar, atau merenggut julukan keren bagi petinju lain. Di luar dari kontroversinya, tak bisa dipungkiri kalau Mike Tyson menjadi salah-satu legenda tinju dunia. Dia juga sudah dilantik dalam “World Boxing Hall of Fame” dan “International Boxing Hall of Fame”.

 4. Joe Louis

petinju terbaik sepanjang masa, petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah
via : pinterest.com

Lahir dengan nama Joseph Louis Barrow, memakai stage name sebagai Joe Louis, dan kerap diberi sebutan “Brown Bomber”. Salah-satu rekor kerennya yaitu ketika ia memukul KO 23 lawan dalam 27 pertandingan. Lima diantaranya bahkan berstatus sebagai kejuaraan kleas berat tingkat  dunia.

Pada tahun 2005, dirinya menjadi jawara petinju kelas berat versi International Boxing Research Organization. Majalah The Ring bahkan menempatkannya di tahta tertinggi dalam list “100 Pemukul Terbaik Sepanjang Masa”. Majalah yang sama juga sempat menganugerahi gelar sebagai “fighter of the year” padanya. Petinju yang legendaris ini bahkan dibuatkan monumennya di Detroit. Monumen tersebut berbentuk patung lengan dan tinju, sebagai representasi atau simbol dari dari “pukulan” sang petinju di dalam dan luar arena ring pertandingan.

5. Rocky Marciano

petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah
via : pinterest.com

Persentasenya KO-nya mencapai 87,75%, jumlah terbesar sepanjang sejarah tinju di kelas berat. Para lawan selalu dibuat kewalahan dengan gaya bertarungnya yang seperti tak kenal henti. Brutal. Lebih lagi kekuatan atau staminanya terkenal begitu kuat dan awet.

Bisa dikatakan, Rocky Marciano melakukan debut profesionalnya lebih lambat. Kesempatannya untuk berlatih pun cukup sebentar, sehingga skill bertarungnya kerap menuai kritik. Misalnya dengan gerakan kaki yang cukup buruk, atau terlalu sering menghantam kepalan tangan. Namun justeru power mentah dan persistensinya ketika meninju itulah yang kerap menjadi kunci kemenangannya. Bahkan di sepanjang kariernya, ia hanya KO sebanyak 2 kali.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working