Home Fun 10 Fakta Unik dan Menarik seputar Sloth atau Kungkang

10 Fakta Unik dan Menarik seputar Sloth atau Kungkang

20
SHARE

10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Sloth atau Kungkang

Ada yang familiar dengan rupa hewan ini?

Ini dia sloth atau kungkang, binatang yang cukup sering jadi bahan meme dan gif. Apalagi begitu film Zootopia rilis, kungkang semakin terkenal. Hewan ini juga sering diperbincangkan lantaran keunikannya. Nama ilmiahnya “Bradypus”, yang bisa diartikan sebagai “kaki lambat”.

Sesuai dengan kenyataannya. Mereka ini memang slow. Mereka juga menjadi gambaran seorang pemalas. Kerjaannya tak jauh dari bergelantungan, makan, dan tidur. Sesekali mereka akan pergi berenang. Ah, kiyutnya bikin gregetan!

Sekarang kita coba mengenal kungkang lebih jauh, ya. Jom!

kungkang lambat, kungkang zootopia, kungkang binatang, kungkang raksasa, kungkang hewan lambat, kungkang di zootopia, kukang lambat

1. Semua Sloth atau Kungkang Memiliki 3 Jari Kaki

Ada yang mengatakan kalau kungkang dibagi menjadi 2, yang memiliki 2 dan 3 jari kaki. Faktanya, mereka semua memiliki 3 jari kaki yang bisa dilihat di tungkai belakangnya. Sementara di bagian depannya ada 2 jari tangan. Kita memang kerap terkecoh dengan jari tangan dan kakinya.

2. Nenek Moyang Kungkang itu Berukuran Super Besar

Kungkang yang kekinian cenderung berukuran kecil. Padahal leluhurnya bisa setara dengan ukuran seekor gajah. Waktu itu mereka disebut sebagai kungkang darat. Mereka tersebar di berbagai wilayah, dan senang sekali mengkonsumsi pucuk-pucuk pohon. Para peneliti percaya kalau jejaknya bisa mencapai Amerika Utara dan Selatan.

3. Kungkang adalah Perenang yang Handal

Salah-satu julukan kungkang yaitu sebagai hewan mamalia paling malas sejagat raya. Namun begitu nyemplung di air, mereka memiliki kemampuan untuk mempercepat gerakannya. Bahkan 3x lebih cepat ketimbang ketika mereka ada di darat. Hal tersebut ditunjang oleh lengannya yang cukup panjang.

4. Kebiasaan Mandi Kungkang

Kurang-lebih selama seminggu sekali, kungkang akan keluar dari habitat pelindungnya dengan susah payah. Mereka harus turun ke tanah via batang-batang pohon, mencengkeram pohonnya, lalu buang air dan mandi. Biasanya mereka akan melakukannya di spot yang itu-itu saja. Hal ini sudah jadi kebiasaan. Tetapi momen tersebut memang rentan. Bagaimana pun, predator selalu mengawasinya. Dan kungkang sendiri tak memiliki kemampuan berlebih untuk menghindar dengan cepat.

5. Cengkeraman Kungkang yang Kuat

harga kukang, mitos kukang, makanan kukang, kukang api, kukang jawa, kukang sunda, kukang kalimantan

Bisa kita perhatikan, kungkang dikaruniai cakar yang panjang nan kuat. Karena itu, mereka bisa berpegangan pada cabang atau batang dengan sigap. Bahkan ketika tidur sekalipun, cengkeraman itu begitu kuat. Fakta mengejutkannya, beberapa kungkang ditemukan tewas ketika mereka masih menggelantung, dengan cakar yang masih menancap pada cabang pohon.

6. Bulu Kungkang Menjadi Sebuah Ekosistem

Kungkang dikenal sebagai “rumah” bagi beberapa makhluk hidup lain seperti ngengat, jamur, kumbang, tungau, kutu, dsb. Pergerakannya yang lambat bahkan bisa membuat alga tumbuh berkembang. Tak ayal kalau warna kungkang itu terlihat seperti hijau kabur.

7. Kungkang Menghadapi 3 Predator Utama

Kungkang patut was-was akan 3 pemangsa utamanya. Ada ular, jaguar, dan burung elang. Manusia pun bisa menjadi musuhnya apabila kita merusak habitatnya. Nah, gerakannya yang lambat bisa menjadi kelemahan, bisa juga jadi kelebihan. Apalagi kalau mereka sudah menjadi “tempat tinggal” alga, sehingga kungkang bisa berkamuflase layaknya lumut. Meski demikian, mereka juga bisa mengandalkan senjata lain kalau memang kepergok. Senjata tersebut tak lain adalah cakarnya yang panjang dan kuat.

8. Kungkang Memiliki Diet yang Terbatas

Pantas saja kungkang bergerak dengan cukup lambat. Asupan nutrisi dan kalorinya memang kecil. Mereka hanya mengkonsumsi sedikit daun dan buah-buahan, yang menyumbang sedikit energi untuk beraktivitas. Demikian juga dengan kadar metabolismenya. Proses tersebut berjalan dengan sangat perlahan, hampir setengah dari proses metabolisme mamalia lainnya.

9. Kungkang Memiliki Kepala yang Fleksibel

Kebiasaan mereka memang bergelantungan di pohon dengan posisi terbalik. Kepala di bawah, dan pucuk pohon tetap di atas. Beberapa spesies kungkang pun berevolusi. Mereka jadi memiliki kemampuan untuk memutar kepalanya, hampir 360 derajat.

10. Kungkang Tidak Tidur Sepanjang Hari, kok!

Meski dijuluki sebagai hewan termalas, bukan berarti mereka menghabiskan waktu untuk tidur. Sebuah penelitian menyebutkan kalau kungkang tidur selama 10 jam tiap harinya, setengah dari perkiraan kita, kalau mereka tidur sampai 20 jam.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa sebutan kungkang bagi orang Sunda adalah serangga yang mengeluarkan bau busuk.

Sungguh unik dan menarik bukan kungkang ini? Demikianlah, 10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Sloth atau Kungkang. #RD