5 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Secara Rutin

Posted on

5 Alasan Penting untuk Mencuci Tangan Secara Rutin

ngasih.com. Kenapa orang-orang begitu “berisik” menggaungkan kampanye cuci tangan?

Sebagian orang mungkin menganggap kalau ajakan tersebut hanya ditujukan bagi anak kecil. Mengingat mereka masih senantiasa bermain tanah atau aktif, sehingga kerap menyentuh berbagai objek. Padahal fakta mengerikannya, dalam kulit tangan kita terdapat sekitar 1500 bakteri per sentimeter perseginya.

Sebagaimana yang kita tahu, bakteri tersebut bisa mengundang ragam penyakit. Karena itu cara terbaik untuk mengusirnya yakni dengan mencuci tangan. Sangat dianjurkan untuk melakukannya dengan menggunakan sabun dan air, sehingga penyebaran bakteri atau kuman bisa dicegah dengan baik.

Tak hanya itu, pasca mencuci pun, tangan yang basah harus dikeringkan dengan pengering udara atau handuk yang sudah dijamin kebersihannya. Kebiasaan bukan berarti membuat hidup kita ribet, melainkan sebagai upaya untuk mengapresiasi kesehatan yang sudah dianugerahkan. Agar ke sananya tidak lebih ribet lagi.

Kalau bukan kita yang mencegahnya, siapa lagi?

Nah, berikut ini 5 alasan utama kenapa mencuci tangan itu sangat penting kita. Jom!

Kita Tak Bisa Melihat Kuman yang Tersebar Di mana-mana

Sifat dari bakteri, kuman, atau virus memang microscopic. Itu artinya, kita tak bisa melihat mereka dengan mata telanjang. Perlu alat tersendiri untuk memastikannya. Meski demikian, bukan berarti mereka tidak eksis. Justeru mereka tersebar di mana-mana. Termasuk dalam benda-benda terdekat kita, yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Entah itu smartphone, meja, sikat, sepatu, dsb. Bisa juga dari berbagai aktivitas yang tanpa terasa sudah mengundang mereka. Entah itu dengan bersin, batuk, terlibat kontak dengan hewan, dsb.

Kuman Jadi Sumber Penyakit

Proses transfernya kuman ini bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Jika sudah merangsek ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengusik sistem imun atau kekebalan tubuh. Belum lagi jika mereka melahirkan aneka racun, yang sudah pasti membuat kita tumbang, menderita diare, atau merasakan ketidaknyamanan di lambung.

Mencegah Penyebaran Kuman

mencuci tangan menurut who, mencuci tangan 7 langkah, makalah mencuci tangan, mencuci tangan ppt, tujuan mencuci tangan, mencuci tangan pdf, mencuci tangan yang benar, cara mencuci tangan
via : pinterest.com

Salah-satu cara efektif untuk tetap sehat yaitu dengan mencuci tangan secara baik dan benar. Bagaimanapun, tangan memang sering digunakan untuk menyentuh bagian-bagian tubuh lain. Tanpa terasa kita akan menyentuh pipi, mulut, hidung, mata, dsb. Tangan yang bersih higienis tentu bukan ancaman. Beda lagi kalau tangan tersebut kotor, sehingga kuman bisa cepat tersebar. Jika metode cuci tangannya sudah sesuai, kita bisa membersihkan kuman dan menghalangi mereka untuk semakin tersebar. Berbagai jenis bakteri yang terhalangi jalannya bisa berupa MRSA yang menyebabkan infeksi, clostridium difficile yang menyebabkan diare, e.coli yang menyebabkan infeksi saluran kencing, atau salmonela yang menyebabkan sakit perut atau mual.

Murah Meriah

Bisa kita bandingkan. Disiplin mencuci tangan dan tetap sehat, dengan sikap ngeyel yang berujung pada klinik atau rumah sakit. Biayanya akan lebih mahal yang kedua. Mencuci tangan lebih menyedot modal berupa kesadaran, sabun, dan air. Sementara efek dari tidak suka mencuci tangan bisa merogoh biaya yang lebih besar.

Menjaga Kesehatan

Poin terakhir ini sebagai ultimatum, bahwa kita harus menjaga amanat Tuhan YME. Kewajiban ini termasuk juga dengan memastikan kalau lingkungan sekitar kita juga bersih higienis. Dengan demikian, keadaan tubuh akan tetap stabil, sehat, dan bugar. Aktivitas kita pun cenderung lancar tanpa adanya gangguan.

Meningkatkan kesadaran akan pentingnya cuci tangan menjadi upaya kecil nan sederhana yang memiliki efek luar biasa. Ayo biasakan mencuci tangan! 5 Alasan Penting untuk Mencuci Tangan Secara Rutin. #RD