Belajar Memahami Kehidupan

Posted on

ngasih.com. Jangan iri maupun bersikap hasut jika melihat orang sukses dan kaya. Anda tidak tahu betapa berat dan dahsyat ujian hidup yang pernah dijalaninya. Jangan pula heran kalau melihat orang yang cuma cengengesan tapi bisa hidup nyaman dan punya pekerjaan yang membanggakan. Itu karena ada orang lain yang berjuang dan bekerja keras untuk mereka.

memahami kehidupan, memahami kehidupan sosial manusia, memahami arti kehidupan, memahami bahaya prilaku tindak kekerasan dalam kehidupan

Setiap kali orang ketemu pesohor, milyarder, taipan atau manusia yang terpandang, hampir pasti mereka akan minta resep sukses atau rahasia keberhasilannya. Orang tak pernah pelit membayar mahal tiket talkshow, orasi atau workshop bertema ‘rahasia sukses’. Rating tayangan motivasi berjudul golden way, platinum way, atau diamond way di televisi selalu tinggi karena jutaan pemirsa penasaran ingin menggapai kunci sukses bisnis anu, kiat sukses menjadi anu, rahasia sukses menjadi manusia anu. Sukseskah mereka pada akhirnya.

Tidak. Mengapa tidak? Karena mereka terlampai silau dan bias oleh fatamorgana kesuksesan yang dibualkan oleh para narasumber itu. Kebanyakan pembicara terlalu pamer keberhasilannya tapi ogah bicara tentang kegagalannya, dan para pendengar pun terlalu bodoh untuk menanyakannya. Sesudah itu mereka pontang panting seperti celeng buta mengejar sukses yang diimpikannya.

Kalau ketemu orang sukses, ujilah kejujuran mereka: suruh mereka buka mulut tentang kegagalan-kegagalannya, tentang rasa takut yang pernah dialaminya, tentang kelicikan dan muslihat busuk yang pernah ditempuhnya. Beranikah mereka? Selama anda mendewakan mereka dan gagal memandang orang-orang itu sebagai manusia, selama itu pula anda akan dibodohi lewat ilusi tentang kehebatannya…

Belajar Memahami Kehidupan – Arif Subiyanto