10 Nama Judul Film Pertarungan Barat Terbaik

Siapa yang suka film fighting atau pertarungan?

ngasih.com. Film jenis ini bisa memiliki bumbu lain berupa romantisme, drama, laga, dsb. Namun salah-satu ciri khasnya, ajang pertarungan, tentu tak pernah lepas. Pertarungan itu sendiri bisa hadir karena berbagai motif ata latar-belakang.

Yang jelas, ada hiburan dan sensasi tersendiri ketika menyaksikan film seperti ini. Semakin eksplisit dan terlihat real, semakin puas juga penontonnya. Apalagi kalau semua itu ditunjang oleh jalan cerita, aktor, pengarah, dan judul yang keren.

Beberapa judul berikut dianggap sebagai yang terbaik dan paling pas dalam suatu film pertarungan. Nah, apakah film favorit kamu juga masuk? Jom!

10.Cinderella man (2005) – Russell Crowe

film tinju terbaik, film tinju terlaris film tinju terpopuler, film tinju terbaru

Film biografis ini mengangkat kisah tentang James Walter “Cinderella Man” Braddock. Dia merupakan petinju berkebangsaan Amerika, yang sempat berjaya meraih kejuaraan kelas berat dunia di periode tahun 1935 sampai 1937. Judul filmnya sendiri diambil dari julukan sang petinju, Cinderella Man, yang diberikan oleh sportswriter bernama Damon Runyon. Hal tersebut tak terlepas dari kisah hidupnya yang seru dan menarik.

Diceritakan kalau James J. Braddock (Russell Crowe) itu merupakan petarung kelas “light heavyweight” yang terkenal akan kekuatan tangan kanannya. Namun nahas, tangannya cidera. Ia pun terpaksa ke luar. Hal tersebut menjadi dilemma tersendiri. Isterinya lega, sebab sang suami tak akan terlibat profesi yang berbahaya. Namun di sisi lain, ia juga sadar kalau sumber pendapatannya sudah tiada.

Si petinju itu kemudian bekerja kasar dengan menjadi kuli. Namun keadaannya yang sudah tak sama membuatnya tak bisa bekerja optimal tiap hari. Sampai suatu hari, datanglah Joe Gould. Dia adalah teman sekaligus manajer lama sang petinju, yang kemudian menawarkan satu pertandingan dalam satu malam. Lawannya sendiri yaitu Corn Griffin, petinju nomor dua di dunia. Meski demikian, James J. Braddock menerima lantaran butuh uang juga. Namun tak disangka, ia memenangkan pertandingan. Kekuatan tangan kanannya seolah-olah berpindah pada yang kiri. Sampai-sampai ia juga menumbangkan Max Baer, yang kesohor sebagai petinju tak terkalahkan.

9. Bloodsport (1988) – Jean-Claude Van Damme

film barat tentang pertarungan, film barat pertarungan terbaik, film pertarungan paling terbagus, film pertarungan bagus

via : pinterest.com

Film ini sekaligus menjadi debutnya Jean-Claude Van Damme yang sangat sukses. Sampai sekarang, Bloodsport sudah memiliki 3 sekuel. Ada Bloodsport II: The Next Kumite (1996), seri ketiga tahun 1997, dan Bloodsport IV: The Dark Kumite rilis pada tahun 1999. Tetapi sang aktor utamanya tidak membintangi semua sekuel itu.

Ceritanya sendiri terfokus pada Frank W. Dux, seorang atlit bela diri sekaligus fight choreographer. Sebagian kerap memanggilnya sebagai “Dux Ryu Ninjutsu”, murid dari Senzo Tanaka. Sebagian dari klaimnya yang muncul dalam Majalah Black Belt tahun 1980, kemudian diadaptasi menjadi sebuah film bertajuk “Bloodsport” ini. Adalah sang co-writer bernama Sheldon Lettich, yang kemudian mendapat ide kalau cerita ala Frank Dux itu bisa diangkat menjadi film layar lebar dengan judul “Bloodsport”.

8. Blood and Bone (2009) – Michael Jai White

film pertarungan terbaik 2009-2016-2017-2020, film pertarungan terbaik di dunia, film dengan pertarungan terbaik, 10 film pertarungan terbaik

Dibanding dengan yang lain, yang satu ini termasuk film laga berbudget rendah. Namun beberapa review menunjukkan kepuasannya, khususnya akan sosok Michael Jae White yang memerankan diri sebagai Isaiah Bone. Nama belakangnya itu kemudian dijadikan sebagai judul film.

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Wanita Jepang Tidak Mau Menikah

Bone sendiri merupakan narapidana yang baru bebas. Begitu menghirup dunia luar, dirinya langsung berkecimpung di dunia fighting bawah tanah. Kehidupannya di area jalanan atau gang-gang sempit kawasan Los Angeles begitu keras. Ia seperti melawan arus, karena kehidupannya memang penuh perjuangan. Sampai kemudian dirinya bisa mengambil alih sebuah organisasi kriminal. Tak tanggung-tanggung, organisasi tersebut merupakan penguasa di Pantai Barat.

7. Fight Club (1999) – Brad Pitt, Edward Norton

film fight club, film fight club kaskus, film fight club sinopsis, film fight terbaik

via : pinterest.com

Judul dan ceritanya diadaptasi dari sebuah novel karangan Chuck Palaniuk. Idenya yang gemilang dilengkapi juga oleh sutradaranya yang keren, David Fincher. Demikian juga dengan para pemainnya yang mencakup Brad Pitt, Edward Norton, Helena Bonham Carter, Meat Loaf Aday, Jared Leto, dsb. Intinya film ini menuai pujian karena aspek tema cerita, akting, pengarahan, dan pesan yang terkandung di dalamnya.

Uniknya, Edward Norton tak memiliki nama dalam film ini. Dia berposisi sebagai “narrator” yang merasa tak menemukan kebahagiaan atau kepuasan, sehingga berubah menjadi “gila” dengan mengambil jalan yang “gila” juga. Tak ayal kalau film ini memberi peringatan terkait kontennya yang eksplisit dan frontal.

6. The Fighter (2010) – Mark Wahlberg, Christian Bale

film Fighter, film barat tentang pertarungan, film barat pertarungan terbaik, film pertarungan paling terbagus, film pertarungan bagus

Seperti halnya “Cinderella Man”, film ini juga merupakan karya yang biografis bertema olahraga. Mark Wahlberg berperan sebagai “Irish” Micky Ward. Dia merupakan mantan petinju profesional kebanggaan Amerika. Dirinya sempat menggenggam gelar “WBU light welterweight”. Ceritanya ini terfokus pada kehidupan sang petinju bersama dengan kakaknya, Dicky Eklund, yang diperankan oleh Christian Bale.

Tanggapan penonton rata-rata positif. Mereka memuji skill akting dari trio aktor Christian Bale, Mark Wahlberg, dan Amy Adams. Film ini bahkan dihujani berbagai nominasi dan penghargaan. Termasuk 7 kali menjadi nominator Academy Awards, “Best Supporting Actor” (Christian Bale) dalam Golden Globe Awards, “Best Sports Movie” dalam ESPY Awards, dsb.

5. Never Back Down (2008) – Sean Faris, Djimon Hounsou

film barat pertarungan , film pertarungan terbaik di dunia, film dengan pertarungan terbaik, 10 film pertarungan terbaik

via : pinterest.com

Para pemainnya mayoritas masih remaja. Ratingnya sendiri merupakan PG-13, sebab film ini “patut diwaspadai”. Ada beberapa hal yang mungkin kurang membuat nyaman. Baik itu secara bahasa, kekerasan atau perkelahian, seksual, dan pesta pora. Di tahun rilisnya, mereka memenangkan kategori “best fight” dalam ajang MTV Movie Award.

Sebenarnya jalan cerita film ini termasuk klise, bahkan banyak yang membandingkannya dengan Karate Kid. Intinya tentang seorang remaja yang memasuki sekolah baru, kemudian terjerembab dalam fighting club jalanan. Tak ada lagi jalan ke luar. Apalagi setelah ia tak nyaman dengan ancaman yang tertuju pada dirinya sendiri, keluarga, dan teman-temannya. Ia pun memutuskan untuk berguru pada veteran yang jago ilmu bela diri.

4. Rocky (1976) – Sylvester Stallone, Talia Shire

film tinju terlaris, film tinju terpopuler, film tinju terbaru, film tinju terbaik

via : pinterest.com

Penggemar Sylvester Stallone tentu tak akan melupakan film dramatis bertema olah raga ini. Karya ini sangat sukses dan berkesan. Dengan modal $1 juta, mereka bisa meraup $225 juta. Demikian juga dengan review terkait kualitasnya secara keseluruhan. Di tahun 2008, American Film Institute bahkan menempatkan Rocky sebagai film terbaik kedua dalam daftar “film olahraga terbaik yang pernah dibuat atau diproduksi”.

Baca Juga :  10 Padang Pasir dengan Oasis Paling Indah dan Keren

Pemenang 3 kategori Oscars ini mengambil judul film dari nama karakternya, Rocky Balboa, yang diperankan dengan khas oleh Sylvester Stallone. Nama tersebut bahkan kerap menjadi sebutan akrab bagi sang aktor. Betapa tidak, filmnya sendiri sudah memiliki 6 sekuel, yang selalu mengundang antisipasi penonton.

3. Undisputed 2: Last Man Standing (2006) – Michael Jai White

film tarung bebas, film tarung bebas terbaik, film tarung bebas genggong, film tentang tarung bebas

via : pinterest.com

Film Amerika ini merupakan sekuel dari Undisputed yang rilis pada tahun 2002. Di seri perdana, George “Iceman” Chambers diperankan oleh Ving Rhames. Namun khusus di sekuelnya, peran tersebut diambil alih oleh Michael Jai White.

Penonton mengapresiasi skill akting dan fighting dari sosok White. Sebagai Chambers, ia berhasil menunjukkan totalitasnya. Khususnya ketika terlibat kompetisi ketat nan prestisius dengan Yuri Boyka (Scott Adkins), yang begitu disegani dan ditakuti di penjara.

2. Undisputed 3: Redemption (2010) – Scott Adkins, Mykel Shannon Jenkins

film barat tentang pertarungan, film barat pertarungan terbaik, film pertarungan paling terbagus, film pertarungan bagus

via : pinterest.com

Terusan dari “Indisputed 2” ini berstatus rated R, karena pertarungannya semakin brutal, berdarah-darah, dan bahasanya seperti tak tersaring. Lebih badass! Film ini menjadi momen “comeback”-nya sosok Yuri Boyka yang tetap dimainkan oleh Scott Adkins.

Seri kedua ketika Boyka bertanding dengan George “Iceman” Chambers sudah meninggalkan cidera serius di lutut Boyka. Dia tak lagi dipandang sebagai fighter menakutkan di penjara. Karena itu, dirinya sempat mengesampingkan harga diri dengan membersihkan toilet. Sampai suatu saat ada wacana terkait turnamen gulat. Hadiahnya sangat menggiurkan, yakni berupa kebebasan. Namun tentu saja lawannya tak ringan. Dia adalah sosok pegulat terhebat dan paling tangguh di penjara seluruh dunia.

1. Warrior (2011) – Tom Hardy, Nick Nolte

film tarung bebas terbaik, film tarung bebas genggong, film tentang tarung bebas, film tarung bebas

via : pinterest.com

Adu akting dua aktor gagah, Tom Hardy dan Joel Edgerton, menambah nilai tersendiri bagi film olahraga yang cukup dramatis ini. Sisi olahraga atau laganya tak diragukan, namun penonton juga terkesima dengan kemasannya yang sangat emosional. Bagaimanapun, film ini mengungkapkan bagaimana bonding keluarga yang sempat retak bisa kembali erat meski dengan perjuangan rumit nan berat.

Tom Hardy menjadi Tommy Riordan Conlon. Demi peran ini, ia sampai menjalani program untuk menaikkan berat badan dan memadatkan ototnya. Bagaimanapun, dia diceritakan sebagai lelaki yang memiliki bakat sebagai petarung handal. Semua lawan ditumbangkan dengan mudah. Namun ia menyimpan luka tersendiri, yang memicu kebenciannya pada sosok ayah dan kakaknya. Tetapi nasib malah mempertemukan dia dan kakak di satu ring pertandingan.

Baiknya mempertimbangkan dulu konten atau rating yang diberikan pihak produksi sebelum menyaksikan beberapa film ini. Tentu tak bijak juga jika penonton yang belum layak harus menonton adegan kekerasan, bahasa kasar, keterlibatan obat-obatan terlarang, dsb. Nah, demikian daftar 10 Nama Judul Film Pertarungan Barat Terbaik. #RD