Home General 12 Tips dan Cara agar Melahirkan Normal

12 Tips dan Cara agar Melahirkan Normal

4
SHARE

12 Tips Agar Bisa Melahirkan Secara Normal

ngasih.com. Melahirkan menjadi salah-satu momen yang tak akan terlupakan bagi para perempuan. Kita begitu menunggu waktu, di mana janin yang sudah dikandung sekian lama akan ke luar menyapa dunia. Hal tersebut semakin paripurna manakala proses kelahirannya berjalan dengan normal.

Sebagian besar bumil aka ibu hamil memang mendambakan persalinan yang normal dan lancar. Tak peduli sang calon ibu baru hamil anak pertama atau yang ke sekian kalinya.  Nah, berikut ini 10 tips atau trik agar proses persalinannya berjalan dengan normal. Jom!

1. Makanan Sehat

tips melahirkan normal tanpa sakit, tips melahirkan normal tanpa jahitan, tips melahirkan normal setelah caesar, tips melahirkan normal pasca caesar

Selama hamil, menjalani persalinan, sampai dengan melahirkan, diet atau pengaturan makanan memiliki peranan yang sangat besar. Sebisa mungkin kita selektif memilih makanan. Konsumsi makanan yang sehat dan membuat kita lebih kuat. Kebiasaan ini juga sangat mendukung pertumbuhan bayi di dalam rahim. Dia juga akan mudah memposisikan diri, untuk kemudian membantu melancarkan persalinan. Kita juga harus memerhatikan berat badan. Yang bobotnya berlebih bisa menghambat persalinan normal. Untuk itu, demi kesehatan ibu dan bayi, ada baiknya orang-orang di sekitar pun memerhatikan pola makan sang calon ibu.

2. Jangan Sampai Dehidrasi!

Persalinan itu menjadi tugas berat nan melelahkan. Butuh energi lebih untuk menjalaninya. Seperti halnya orang-orang yang berolahraga atau mendaki gunung. Mereka memerlukan energi yang lebih prima. Salah-satu cara vitalnya yaitu dengan menjaga suplai air dalam tubuh. Hal tersebut berlaku juga bagi para ibu hamil. Keadaan yang hidrasi bisa memulihkan atau menstabilkan energi selama proses persalinannya berlangsung. Jika bisa meminta saran dokter jika ingin meminum cairan tambahan.

Baca Juga : 11 Film Terbaik Bertema Kehamilan dan Bayi

3. Olahraga Secara Teratur

Meski olahraga itu bukan hobi atau kebiasaan, namun selama masa kehamilan, kita harus mulai membiasakannya. Banyak bukti yang menunjukkan kalau olahraga memang membantu melancarkan proses kelahiran secara normal. Olahraga tersebut tak perlu yang rumit atau berat. Misalnya saja jalan-jalan, kegel, yoga, dsb. Kalau perlu, kita juga bisa meminta bimbingan pelatih atau bergabung dengan kelas prenatal agar gerakannya tetap ada di jalur yang benar. Sebab gerakan yang salah itu bisa berisiko pada ibu dan bayinya.

4. Meperdalam Pengetahuan Tentang Persalinan

Tak ada salahnya untuk memanfaatkan kuota internet dengan browsing seputar persalinan dan proses melahirkan. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Hal tersebut bisa menjadi modal tersendiri, sehingga kita bisa lebih siap ketika memasuki ruang persalinan.

5. Latihan Pernapasan

melahirkan normal, tips melahirkan normal, tanda-tanda melahirkan normal, tanda akan melahirkan normal, tips agar melahirkan normal

Teknik pernapasan yang baik dan benar memang sangat bermanfaat. Hal tersebut bisa mengurangi stress, membantu tumbuh-kembangnya bayi, serta meningkatkan energi. Pernapasan yang ideal akan meningkatkan asupan oksigen, sehingga vitalitas dan kesehatannya semakin baik saja. Sehingga ketika proses persalinan berlangsung, bayi dan ibu bisa bekerja sama dengan baik.

6. Minta Bantuan Doula Berpengalaman

Bisa dibilang, doula adalah orang dari luar medis yang membantu ibu hamil, baik pra atau pun pasca kelahiran. Apalagi ketika nanti proses persalinan. Yang sudah berpengalaman tentu tahu bagaimana caranya membantu, menyemangati, atau menenangkan calon ibu. Akan merepotkan kalau yang menemani sang calon ibu malah sosok yang parno.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working