Cara membersihkan perhiasan emas kusam agar kembali berkilau atau mengkilap

Posted on

Tips Cara Membersihkan Perhiasan Emas agar Kembali Berkilau atau Mengkilap

ngasih.om. Pada dasarnya, emas tak mudah ternoda atau memudar. Tetapi oplosan di dalamnya memang bisa menjadi penyebab di balik turunnya kualitas emas tersebut. Kecuali kalau emasnya murni yang 24k. Selain itu, kilau emas bisa memudar lantaran debu atau kotoran yang semakin tebal. Kita pun bisa kaget manakala menggosok atau membersihkan emas yang sudah terlihat suram, sebab kita akan menemukan bagaimana mengkilaunya logam mulia tersebut sebelum terkontaminasi kotoran.

cara membersihkan emas kuning, cara membersihkan emas kuning yang menghitam, cara membersihkan emas kuning yang kusam, cara membersihkan emas kuning di rumah, cara mencuci emas kunig, cara mencuci emas kuning di rumah

Kita juga kadang lupa atau justru tak tahu fakta tentang emas, yang merupakan logam super lembut. Sehingga kita harus ekstra hati-hati ketika membersihkannya. Jangan sampai tergaruk atau tergores. Nah, berikut ini metode untuk membersihkan emas. Jom!

Alat dan Bahan Untuk Membersihkan Emas

  • Air mendidih
  • Saringan
  • Periuk
  • Kain mikrofiber/kaos katun/kain lembut

Langkah-langkah untuk Membersihkan Emas

Pertama-tama, kita bisa merebus air dalam panci. Sementara itu Letakkan emas dalam saringan lembut yang sekiranya pas dengan permukaan periuk / panci lainnya. Sebaiknya tidak menggunakan saringan logam. Hal tersebut bisa berisiko pada stratching atau goresan pada permukaan emasnya. Setelah itu, tuangkan air mendidih itu pada emasnya. Diamkan saja sampai suhunya turun.

Kemudian angkat saringan ke luar dengan hati-hati. Tempatkan emas tersebut di atas kain lembut yang sudah disiapkan. Gosok atau poles emas sampai kering dengan kain lembut atau katun. Lakukan dengan gerakan berputar kecil-kecil dengan perlahan. Pastikan untuk tetap hati-hati agar tak lecet. Sebelum mengamankannya, pastikan perhiasan tersebut sudah benar-benar kering.

Catatan :

Emas itu berbeda-beda, sehingga penangannya bisa berbeda juga. Tips di atas bisa diterapkan sebagai upaya sederhana untuk membersihkan aneka emas. Hanya saja, tak direkomendasikan untuk mengambil risiko terlalu besar. Jika barang perhiasannya memang sangat tua/klasik, berharga, langka, atau memang kita tak yakin, sebaiknya percayakan pada pihak yang lebih ahli atau profesional.

Selain itu, disarankan untuk menghindari kekusaman atau hal-hal yang membuat emas terlihat kotor. Caranya tak lain dengan melakukan upaya preventif. Misalnya dengan tidak mengenakan perhiasan ketika mencuci piring, memakain lotion, berkebun, atau aktivitas lain yang mengundang debut, kotoran, dan zat kimia. Demikian, Tips Membersihkan Perhiasan Emas agar Kembali Berkilau atau Mengkilap. #RD