Pengertian Eco-Friendly ? Adalah…

Posted on

Eco-Friendly itu Apa, Sih?

ngasih.com. Kita sering mendengar orang mengkampanyekan aksi eco-friendly atau go green. Entah dalam iklan, kemasan suatu produk, atau memang dibahas khusus dalam suatu talk show. Yang jelas, pemahaman tentang eco-friendly membuat kita lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan planet serta seluruh penghuninya.

Pengertian Eco-Friendly

Secara harfiah, eco-friendly adalah sesuatu yang tidak mendatangkan bahaya bagi lingkungan atau aman bagi bumi. Sesuatu yang dimaksud sering ditujukan pada aneka produk, khususnya yang berkontribusi menjaga sumber daya seperti energi dan air. Produk tersebut juga meminimalisir kerusakan atau polusi di udara, darat, dan air. Kita sendiri bisa menerapkan sikap eco-friendly ketika memanfaatkan sumber daya tersebut.

eco friendly adalah, eco friendly product, eco friendly house, maksud eco-friendly, pengertian eco friendly, pengertian eco friendly technology, pengertian konsep eco friendly, eco friendly cookware, eco friendly laundry

Kualifikasi Produk

Perusahaan yang sudah memegang teguh program eco-friendly, berarti sudah berkontribusi dalam menjaga keamanan bagi lingkungan dan manusia. Paling tidak, produk mereka tidak mengandung racun. Demikian juga dengan bahan atau materialnya tidak mengusik ekosistem, tanpa pestisida, dan bebas herbisida beracun. Atau, bisa juga berupa produk daur ulang yang berasal dari plastik, kaca, logam, dan kayu.

Contoh Latihan

Kita bisa berperan dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Salah-satunya dengan menghemat penggunaan energi. Misalnya dengan mematikan lampu di ruang-ruang yang tak terpakai. Kita juga bisa melakukan inisiatif yang lebih besar. Entah dengan mendukung program daur ulang, penurunan konsumsi bahan bakar, penurunan polusi udara, dsb.

Greenwashing

Greenwashing adalah istilah yang sering dimanfaatkan pihak perusahaan atau organisasi, khususnya bagian marketing, untuk mempromosikan atau memberikan kesan kalau produk mereka memang eco-friendly atau ramah lingkungan. Padahal kenyataannya belum tentu sesuai janjinya.

Mereka biasanya hanya mengincar konsumen yang memang sadar akan keadaan ekologi. Prioritasnya bukan lingkungan, melainkan keuntungan yang besar. Karena itu, disarankan agar kita lebih selektif lagi dan memperkaya informasi. Bila perlu, kita saring produk mana yang benar-benar lulus uji.

Jadi jelas, ya. Eco-friendly atau going-green itu bukan sekadar kata dan slogan. Nyatanya kedua istilah itu harus kita terapkan dalam keseharian. Eco-Friendly itu Apa, Sih?. (DBS)#RD