Lazada Indonesia

12 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bintang Laut atau Starfish

12 Fakta Unik dan Menarik Tentang Starfish atau Bintang Laut (Tapak-tapak)

Hewan ini disebut bintang laut karena memang rupanya menyerupai bintang. Mereka menjadi salah-satu ikon binatang yang unik dan lucu. Orang-orang begitu tertarik pada bentuk, ukuran, dan warnanya. Bintang laut bisa memiliki tekstur yang lembut, tapi ada juga yang permukaan atasnya berduri dan bagian bawahnya begitu lembut.

general fact about starfish, sexy starfish, starfish ykm, report text about starfish, starfish seal online, starfish facts, starfish live

via : pinterest.com

Untuk mengenalnya lebih jauh, kita coba pelajari 12 fakta unik dan menarik mereka. Jom!

1. Binatang Laut Bukan Termasuk Ikan

Meski disebut sebagai starfish, hewan yang satu ini bukan termasuk ikan. Jika diperhatikan, mereka memang tak memiliki ciri-ciri ikan pada umumnya. Bintang laut tak memiliki sisik, insang, atau sirip. Begitu juga dengan cara bergeraknya, yang jauh berbeda dengan ikan. Jika ikan menggunakan ekor, maka bintang laut memanfaatkan kaki-kaki tabungnya yang kecil.

2. Bintang Laut itu Termasuk Echinodermata

Rekan satu filum echinodermata hewan ini yaitu landak, sand dollar, dan juga mentimun laut. Mereka memiliki kesamaan, yakni terdiri dari lima bagian atau mungkin kelipatannya.

3. Bintang Laut Terdiri dari 2000-1n Spesies

Diperkirakan jumlah spesies bintang laut ada sekitar 2000-an. Mereka tersebar di berbagai zona. Ada yang hidup di zona air yang dalam, dingin, tropis, dan intertidal atau litoral.

4. Tak Semua Bintang Laut Memiliki Lima Lengan

Umumnya bintang laut memang memiliki lima lengan. Tetapi faktanya, ada juga yang lebih. Contohnya bintang laut sun star. Mereka bahkan bisa memiliki 40 lengan.

5. Bisa Melakukan Regenerasi Bagi Lengannya yang Hilang

Setiap makhluk memiliki trik tersendiri untuk menghindari kejaran musuh atau predator. Salah-satunya yang dilakukan oleh bintang laut ini. Mereka bisa menggeletakkan salah-satu lengannya untuk mengelabui musuh, untuk kemudian kabur, dan menumbuhkan lengan baru. Hanya saja prosesnya memang cukup lama, bisa memakan waktu sampai satu tahunan.

6. Permukaan “Baja” Melindungi Bintang Laut

Permukaan yang dimaksud ini tergantung pada spesiesnya. Kulit mereka ada yang terasa kasar, dan ada juga yang memang berduri. Yang jelas di bagian atasnya, mereka memiliki penutup yang tebal nan kokoh. Permukaan itu sendiri terbuat dari kalsium karbonat dan duri-durinya. Semua itu dirancang sedemikian rupa sebagai perlindungan dari predator. Baik itu berupa berang-berang laut, ikan, atau juga burung.

7. Mereka Tidak Berdarah

Jika manusia memiliki sistem darah, maka bintang laut memiliki sistem water vascular. Artinya, mereka memompa air laut menggunakan madreporite atau semacam pelat saringannya menuju kaki-kaki tabung, sehingga bisa memanjang. Otot di dalam kaki-kaki itu kemudian yang menariknya.

8. Kaki-kaki Tabung Kecilnya Membantu Bintang Laut untuk Bergerak

Tube feet mereka bisa jadi ada ratusan, dan posisinya sendiri ada di bawah. Kaki-kaki tersebut dipenuhi oleh air laut, dipompa, dan di bawa ke atas. Mereka pun bisa bergerak, bahkan lebih cepat dari yang kita duga. Bukan hanya itu, kaki-kakinya bisa dimanfaatkan untuk menggenggam makanannya. Entah itu kerang, ikan kecil, keong, atau pun remis.

9. Makannya Menggunakan Perut Luar-Dalam

Hal unik lain yang perlu dibahas yakni tentang cara makan mereka. Mulut binatang ini terdapat di bawah. Tetapi bisa kita bayangkan kalau mereka hendak makan, dan harus mengupas cangkang remis atau kerang. Betapa susahnya. Untuk itu, mereka memiliki tips tersendiri. Bintang laut akan merangkulkan lengannya ke makanan, lalu menariknya. Dia kemudian mendorong perut melalui mulutnya, sampai bisa masuk ke dalam cangkang. Setelah puas melahap dan mencerna, perut tersebut akan kembali ke tempatnya. Cara yang terkesan ajaib ini memungkinkan mereka untuk memangsa makanan yang berukuran lebih besar.

10. Binatang Laut Berkembangbiak secara Aseksual maupun Seksual.

Secara seksual : Ada jantan dan betina tetapi tidak dapat dibedakan satu sama lainnya. Mereka umumnya bereproduksi melepaskan sperma atau telur ke dalam air, yang ketika dibuahi, menjadi larva dan berenang bebas lalu mengendap di dasar laut.

Secara Aseksual : Yaitu dengen regenerasi, seekor bintang laut dapat meregenerasi lengan dan seluruh tubuhnya jika ‘disk’ pusatnya utuh.

11. Memangsa Hewan yang Lebih Besar

Makanan Bintang Laut adalah jenis kerang-kerangan, seperti remis dan hewan lain seperti ikan kecil, tiram, siput dan keong bahkan lobster.

12. Bintang Laut Memiliki Mata

Ya, mereka memang tak bisa melihat sebagaimana mata manusia. Akan tetapi, hewan ini memiliki spot khusus indera penglihatan di ujung-ujung lengannya. Mata tersebut memang tak bisa bekerja maksimal atau melihat secara detail. Namun mereka bisa merasakan adanya gelap atau terang.

Nah, sekarang kita tak hanya tahu kalau bintang laut itu imut, unik, dan lucu. Kita juga mulai mengenal bagaimana fakta unik dan menarik mereka. 12 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bintang Laut atau Starfish #RD