12 Hewan Penghisap Darah

12 Nama Jenis Hewan Penghisap Darah

Hewan pemakan darah disebut hematophagous. Bicara tentang penghisap darah, kita mungkin akan langsung teringat pada sosok vampire. Namun hantu western tersebut memang tidak riil. Selain karena cerita mistisnya, vampire semakin populer karena beberapa film justeru mengangkatnya. Sebut saja Twilight, Vampire Diaries, atau True Blood.

Tetapi makhluk yang doyan menyedot darah memang eksis. Mereka adalah hewan-hewan yang menyeruput si merah secara sembunyi-sembunyi, namun sangat gigih untuk mendapatkannya. Berikut ini 12 hewan yang bisa kita juluki sebagai the real vampire.  Jom!

1. Kelelawar Vampir

kelelawar penghisap darah wikipedia, hewan tinggi penghisap darah, hewan pemakan darah disebut, makhluk penghisap darah selain nyamuk

Kelelawar memang identik dengan vampire. Tetapi kita tidak bisa men-judge kalau semuanya merupakan peminum darah. Dari sekitar 1000 jenis kelelawar, hanya ada 3 spesies yang berkelakuan seperti vampire. Dua diantaranya memiliki ciri-ciri tubuh berupa kaki berbulu dan sayap berwarna putih. Sementara yang satunya lebih fleksibel. Mereka tersebar banyak di kawasan liar Amerika tengah dan selatan.

Suplai makanannya yang terus berkurang membuat makhluk ini melakukan ekspansi pemburuan. Mereka tak segan-segan menyedot hewan-hewan ternak atau pun manusia. Selain mencuri darah, gigitannya bisa menyebabkan rabies. Bahayanya, virus tersebut bisa menyebar ke sekitar. Salah-satu kasus mengerikan terjadi di suku Awajun, Peru. Tercatat ada empat anak meninggal karena wabah rabies dari kelelawar ini.

2.   Candirú

contoh ikan penghisap, jenis ikan penghisap, jenis ikan penghisap darah, makhluk penghisap darah

Meski berukuran imut, namun candirú menjadi salah-satu hewan yang paling ditakuti. Apalagi kalau kita tengah mengunjungi sungai Amazon atau Orinoco, di mana mereka berada. Ikan semacam lele kecil yang bersifat parasit ini bisa menerobos masuk ke area uretra manusia. Mereka kemudian akan “numpang” hidup dengan menyedot darah atau jaringan dalam tubuh. Kejadian ini sempat didokumentasikan dan menjadi salah-satu cerita horror yang membuat para renang lebih hati-hati lagi.

3. Nyamuk Betina

serangga penghisap darah selain nyamuk, serangga penghisap darah manusia, serangga penghisap darah di kasur, jenis serangga penghisap darah, cara membasmi serangga penghisap darah

Dibanding dengan hewan lain, nyamuk sering disebut sebagai biang kerok dari kematian umat manusia. Tapi kita tak bisa menuduh semua gender nyamuk sebagai terdakwanya. Yang jantan lebih doyan mengkonsumsi nektar. Katakanlah, mereka itu vegan. Sementara yang betina, apalagi yang tengah mengandung anak-anaknya, memang butuh darah sebagai tambahan protein. Namun efeknya bagi manusia tak banyak. Paling hanya gatal-gatal, bentol, dan merah-merah. Tetapi di balik semua itu, mereka sudah menancapkan penyakit berbahaya. Yang betina ini dikenal lebih sering menyebarkan bahaya tersebut. Entah berupa malaria, demam berdarah, virus West Nile, dsb.

4. Caplak (Tick)

cara menghilangkan caplak, obat caplak di apotek, penyakit caplak pada manusia, salep untuk caplak, caplak anjing, caplak pada sapi, caplak jajar legowo, caplak keras

Hewan ini menjadi vampire produktif, sebab bisa menenggak darah sampai 600 kali lipat dari berat badannya sendiri. Mereka memiliki senjata andalan berupa gigi tajam, cakar, serta tabung penampungan khusus. Biasanya kutu ini beraktivitas di area yang hangat atau di hutan dekat perairan. Ada yang menunggu, ada juga yang memburu. Begitu mendapat mangsa, mereka akan segera menancapkan gigitannya. Korbannya memang tak akan berubah menjadi vampire, namun sang kutu sudah mentransferkan penyakit yang tentu membuat korbannya jatuh sakit.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working