Lazada Indonesia

9 Jenis Pesawat Tempur Terbaik

Mendengar frase “pesawat tempur”, apakah kamu langsung terpikirkan peperangan? Atau justeru kamu langsung mengingat petikan lirik lagu Iwan Fals, ‘seperti kemarin kamu hanya lemparkan senyum, lalu pergi begitu saja bagai pesawat tempur’?

Apapun itu, yang jelas kita cukup sering dibuat berbeda pendapat soal pesawat tempur terbaik yang pernah ada. Sampai kemudian, Military-Today memaparkan hasil analisisnya terhadap aneka pesawat tempur yang dibanggakan masing-masing negara. Analisis tersebut berdasarkan data yang tersedia, spesifikasi, serta perbandingan teknis.

Mereka memberikan skoring terhadap unsur-unsur penting seperti kecepatan, jangkauan, persenjataan, teknologi, manuver, dan kemampuan untuk beroperasi secara secretive. Website tersebut juga mempertimbangkan opini para pilotnya, khususnya ketika mereka mengendalikan pilot dalam rangka pelatihan. Berikut ini top 9 pesawat tempur terbaik di dunia. Jom!

1. Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor (Amerika Serikat)

jenis jet tempur amerika, jenis pesawat tempur milik amerika, gambar jenis pesawat tempur amerika, jenis pesawat tempur buatan amerika

via : pinterest.com

Sampai sekarang, fighter aircraft ini menjadi yang termahal yang pernah diproduksi. Bisa kita simpulkan kalau pesawat ini masih menjadi yang terbaik. Betapa tidak, F22 Raptor ini begitu canggih.

Pesawat tempur ini hampir tak bisa terdeteksi oleh radar. Persenjataannya juga keren. Begitu juga dengan avionik dan sensornya. Mesin kekiniannya membuat pesawat tempur ini meluncur dengan lihai. Kemampuan bermanuvernya juga tak perlu diragukan. Amerika Serikat pun memutuskan untuk tidak membuka celah ekspor, termasuk pada negara-negara NATO atau bahkan sekutu sekalipun.

2. Lockheed Martin F-35

jenis pesawat tempur milik amerika, gambar jenis pesawat tempur amerika, jenis pesawat tempur buatan amerika

via : pinterest.com

Pesawat tempur yang “multi-tasking” ini dijuluki sebagai Lighting II. Adalah program Joint Strike Fighter yang mengembangkan F-35 ini. Rencananya, pesawat tempur ini akan menggeser posisi AV-8B, F-16, A-10, dan F/A-18 dalam dunia militer Amerika. Satu dari beberapa variannya, F-35B, bahkan beroperasi sejak tahun 2015 bersama Korps Marinir AS. Produk ini juga akan diekspor.
Konfigurasinya mirip dengan F-22. Namun yang satu ini kecil. Mesinnya pun hanya ada satu. Tetapi tetap saja, F-35 merupakan pesawat tempur yang sulit terdeteksi. Perannya pun cukup banyak. Baik sebagai pertahanan, pemboman taktis, atau pun close air support. Kemampuan ini tentu sangat mendukung operasi rudal terbarunya.

3. Boeing F/A-18E/F Super Hornet (Amerika Serikat)

jenis pesawat tempur tercanggih di dunia, jenis pesawat tempur tercanggih saat ini, jenis pesawat tempur tercanggih dunia, jenis jet tempur tercanggih

Ini dia pesawat tempur yang paling diandalkan Angkatan Laut AS. Australia pun demikian, memanfaatkan produk ini dalam pelayanan militer mereka. Bagaimana pun, Super Hornet bisa melakukan serangan udara atau darat dengan baik.

Dibanding dengan F/A-18C/D Hornet, F/A-18E/F menjadi versi yang lebih besar dan keren. Mesin Super Hornet ini sudah diperbaharui, jumlah rudah yang dibawa bisa bertambah, bahan bakar bisa lebih besar, dan avioniknya juga sudah ditingkatkan.

4. Eurofighter Typhoon (Uni Eropa)

jenis jet tempur amerika, jenis pesawat tempur milik amerika, gambar jenis pesawat tempur amerika, jenis pesawat tempur buatan amerika

Pada tahun 1986, empat negara besar membentuk Konsorsium Eurofighter. Mereka adalah Jerman, Amerika Serikat, Italia, dan kemudian Spanyol. Persatuan tersebut bahu-membahu mengembangkan pesawat tempur yang multi-peran. Pesawat tempur Typhoon ini bisa membawa rudal canggih. Paket avioniknya juga dinilai begitu modern dan komprehensif.

Tetapi, banyak yang mengklaim kalau efektivitas Typhoon itu hanya setengah dari F-22 Raptor. Namun kita bisa menilai kalau Typhoon itu lebih superior jika dibandingkan dengan pesawat tempur lain seperti F-15F, varian Russian Su-27, atau French Rafale. Pesawat tempur ini pun berpeluang untuk terus berkembang.

5. Dassault Rafale (Prancis)

jet tempur tercanggih di dunia, jet tempur tercanggih saat ini, jet tempur tercanggih buatan prancis rusia, jet tempur tercanggih tni, jet tempur tercanggih 2016-2017

Pesawat tempur multi peran ini sudah memiliki fitur berupa sistem avionik terkini. Rafale juga memiliki kemampuan untuk melacak 40 target serta secara simultan bisa mengetahui api di 4 titik. Kelihaiannya untuk bermanuver juga menjadi salah-satu faktor, kenapa Rafale ini menjadi andalan di Angkatan Udaranya Prancis. Bahkan Angkatan Laut mereka pun memanfaatkan produk ini. Rafale yang versi terbaru bahkan bisa diadukan dengan F-16 ala Amerika.

6. Sukhoi Su-35

jet tempur tercanggih saat ini, jet tempur tercanggih buatan rusia, jet tempur tercanggih tni, jet tempur tercanggih 2016-2017

Setelah Su-27 dikembangkan, Su-35 pun lahir. Rusia menawarkan pesawat tempur ini untuk diekspor, sekaligus mengganti yang versi Su-27 dan MiG-29. Dari tahun 2012, Angkatan Udara Rusia sudah mengadopsinya. Menurut pengembang, Su-35 ini menjadi generasi keempat. Kecepatan dan manuvernya lebih keren. Persenjataannya pun lebih lengkap. Jumlah yang diangkutnya juga bisa lebih banyak, yakni mencapai 8000 kg.

Pesawat ini memang begitu superior di udara. Tanpa penggunaan afterburner pun, mesinnya bisa mendorong pesawat agar mencapai kecepatan supersonic. Meski demikian, Rusia harus tetap meningkatkan beberapa hal. Baik itu terkait akuisisi, pengembangan, maupun pengerjaan teknologi terkini. Yang terbaru, mereka tengah mengembangkan Sukhoi PAK FA.

7. McDonnel Douglas F-15 Eagle (Amerika Serikat)

daftar pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini

Menembus pertahanan musuh. Demikianlah misi inti dari pembuatan F-15 Eagle ini. Meski sudah berkecimpung selama sekitar 30 tahun dan didatangi para pesaingnya, namun yang satu ini tetap bertahan sebagai pesawat yang sangat tangguh. F-15 Eagle bahkan diklaim sebagai salah-satu pesawat tempur era Perang Dingin yang terbaik atau paling sukses.

Pesawat ini dilengkapi dengan persenjataan dan keperluan elektronik. Sambil beroperasi, mereka bisa sambil menggunakannya untuk melacak dan menyerang musuh. Selain mampu bermanuver dengan kecepatan tinggi, mereka juga siap mengeluarkan aneka rudal air-to-air.

Performa apik tersebut tak lepas dari upgrade yang dilakukan secara kontinyu. Apalagi produk ini masih tengah dipakai oleh Angkatan Udara AS. Bahkan kerja-sama tersebut diperkirakan akan tetap dipertahankan, paling tidak sampai menjangkau tahun 2025. Selain di AS, pesawat tempur canggih ini juga sudah diekspor ke Jepang, Israel, dan Arab Saudi.

8. Mikoyan MiG-31 (Rusia)

pesawat tempur tercepat, pesawat tempur tercepat di dunia 2016-2017, pesawat tempur tercepat tercanggih, pesawat tempur tercepat 2016-2017, pesawat tempur tercepat dan canggih

Sang interseptor ini memiliki kemampuan maksimal dalam hal kecepatan dan ketinggian. MiG-31 bahkan masuk dalam jajaran produk yang paling cepat melesat. Mereka bisa menembakkan rudal dengan jarak jauh. Keistimewaan ini pun harus dibayar mahal dengan skill manuvernya.

Versi terbaru dari pesawat tempur ini dinamakan sebagai MiG-31BM. Proyek standardisasi pesawat tempur ini bahkan sudah disusun sejak tahun 2010. Kini mereka memanfaatkannya sebagai pesawat andalan untuk sektor pertahanan udara di Rusia.

9. Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon (Amerika Serikat)

jenis pesawat tempur tercanggih di dunia, jenis pesawat tempur tercanggih saat ini, jenis pesawat tempur tercanggih dunia, jenis jet tempur tercanggih

Jika F-15 Eagle dinilai berat dan mahal, maka F-16 ini bisa menjadi alternatifnya. F-16 juga cenderung multifungsi, dan bisa melakukan penyerangan dengan sasaran yang ada di darat maupun udara. Mendukung suatu pertempuran. Tak ayal kalau pesawat ini sudah diproduksi dalam jumlah banyak, lebih dari 4500 unit, dan menjadi saksi di berbagai konflik. Ada sekitar 26 negara yang mengekspor dan mengoperasikannya.

Dari segi ukuran, pesawat tempur ini memang kecil. Namun ia mampu melakukan manuver yang keren. Ada bagian tertentu dalam pesawat ini, yang mendukung penglihatan pilot agar lebih maksimal. Apalagi kalau pesawat ini tengah diandalkan dalam peperangan jarak dekat. Aneka kelebihan lain membuat pesawat ini masih berkolaborasi dengan Angkatan Udara AS. Bahkan diperkirakan hubungan tersebut akan terjalin sampai tahun 2025. Sementara sebagai penggantinya, versi F-35 Lightning II masih terus dikembangkan.

Bagaimana dengan negara Indonesia sendiri? Tak perlu diremehkan, pertahanan dan perlindungan di darat, laut, dan udara kita terus mengalami kemajuan. Meski bukan termasuk negara maju, namun Indonesia terus melakukan yang terbaik bagi negara. Demikianlah, 9 Jenis Pesawat Tempur Terbaik tercanggih di dunia saat ini. (DBS) #RD