Home Fun 7 Drama Korea Tema Kawin Kontrak

7 Drama Korea Tema Kawin Kontrak

423
SHARE

7 Drama Korea Tentang Kawin Kontrak atau Pura-pura Menikah

ngasih.com. Namanya saja kawin atau nikah kontrak, maka sifatnya itu tidak tulus dan tidak diniatkan untuk abadi. Biasanya ada beberapa syarat yang telah disepakati, atau ada batasan waktu yang mengatur lamanya pernikahan itu. Dasar-dasar ini tentu membuat kita meringis. Ironis. Hubungan sesakral suami-isteri bisa dinegosiasi.

Tetapi gagasan seputar hubungan kontrak ini tak lepas dari para seniman perfilman atau drama Korea. Terbukti banyak judul yang isinya menceritakan seputar kawin kontrak. Meski idenya sama, namun kemasannya begitu berwarna.

Nah, drama atau film apa saja yang ternyata membahas tentang kawin kontrak? Jom!

1. Full House

drama korea kawin kontrak, drama korea kawin muda, drama korea kawin paksa, drama korea tema kawin kontrak, drama korea cerita kawin kontrak

Sepertinya sebagian pecinta drakor Indonesia sudah tahu bagaimana skema cerita diantara Jie eun dan Yeong jae. Karya yang rilis di tahun 2004 ini bahkan menjadi pelopor ide “nikah kontrak” dalam drama atau film Korea. Kebetulan waktu itu gagasan tersebut terbilang baru dan sangat menarik.

Ceritanya sendiri tentang Ji eun, seorang penulis yang memiliki warisan berupa rumah dari ayahnya. Namun ia kaget ketika rumah tersebut sudah dimiliki oleh seorang aktor terkenal bernama Yeong jae. Rupanya para culprits yang ada di balik bencana tersebut adalah sahabat-sahabatnya sendiri. Dan demi mendapatkan rumah yang sebenarnya haknya, dia sampai harus menyepakati kawin kontrak dengan sang aktor. Sementara bagi Yeong jae sendiri, pernikahan kontrak tersebut bermanfaat untuk urusan cintanya yang bertepuk sebelah tangan.

2. Marriage Contract

drama kawin kontrak, drama korea nikah kontrak, drama korea nikah kawin kontrak, drama tentang nikah kontrak, drama korea kawin kontrak

Kisahnya begitu sedih dan mengharukan. Drama banget. Kita akan mengikuti cerita tentang Hye soo, seorang janda muda yang memiliki satu anak perempuan. Secara finansial, mereka memang kekurangan. Jangan warisan, sang mendiang suami malah meninggalkan beban utang. Untuk itu, Hye soo terus pontang-panting demi mengais rezeki. Ia ingin mengumpulkan banyak bekal untuk anaknya. Bagaimanapun, ia yang menderita tumor otak, sudah memprediksi kalau waktu hidupnya tak akan lama lagi.

Namun Nasib mempertemukannya dengan Ji hoon. Dia adalah tipikal bujangan anak orang kaya, dan memang sedang menjalani usaha restoran pribadi juga. Kebetulan Hye soo sendiri bekerja di tempatnya. Ia kemudian tahu kalau sang bos tengah membutuhkan donor hati. Sang pendonor harus bersedia dinikahi sebagai legalitas, dan kemudian menerima imbalan yang sangat setimpal. Hye soo melihat situasi ini sebagai peluang emas. Ia pun mengajukan diri untuk menjadi pengantin perempuan, yang otomatis akan menyerahkan organ hatinya.

3. Marriage Not Dating

korea nikah muda, nikah korea, artis korea nikah muda di film, drama korea nikah kontrak, artis korea menikah di drama

Cerita drama ini memang unik. Termasuk juga dengan karakternya. Diketahui ada perempuan bernama Jang Mi. Sebagaimana kaum hawa lain, ia juga memiliki mimpi untuk segera menikah, khususnya dengan orang yang dicintainya. Namun sayang, pacarnya sendiri malah memutus komunikasi dan menelantarkannya.

Jang mi tak pantang menyerah. Ia mencari sosok yang dianggap sebagai belahan jiwanya itu. Ketika proses pencarian itu, dia bertemu dengan Ki tae. Kontras dengan Jang mi, temannya yang satu ini malah enggak terlalu suka dengan ide akan pernikahan. Dia suka dan nyaman hidup menyendiri di apartemennya. Hanya saja, dirinya terus mendapat tekanan dari orang tuanya. Ki tae menegaskan kalau dia akan menikahi siapa pun yang dia mau. Orang tua jangan sampai mengintervensi. Kalau tidak, maka dia tak akan menikah sama-sekali.


Keadaan itu menginspirasi Jang mi dan Ki tae untuk membuat kesepakatan kawin kontrak. Jika Ki tae ingin menenangkan desakan orang tua, maka Jang mi ingin balas dendam terhadap pacarnya.

4. Delightful Girl, Choon Hyang

drama korea nikah kontrak, drama korea nikah muda, drama korea menikah paksa, drama korea menikah terpaksa, drama korea nikah terpaksa

Drama yang berdasarkan cerita rakyat ini menghadirkan karakter utama bernama Choon hyang dan Mong Ryong. Mereka adalah siswa-siswi SMA yang ceritanya sudah menghabiskan waktu bersama. Tetapi tak ada hal-hal di luar batas yang terjadi. Hanya saja ketika sekolah tahu, mereka langsung memberikan penghakiman yang tidak-tidak. Mereka dianggap telah melanggar aturan dan moral, sehingga memaksa keduanya untuk menikah. Drama ini sendiri kemudian menggambarkan bagaimana kehidupan pasangan muda tersebut di masa SMA, kuliah, sampai menjadi sosok yang dewasa.

5. Fated To Love You (Korea)

Film Drama Asia Tentang Pernikahan Kontrak, Film Drama Asia Tentang Perkawinan Kontrak

Drama originalnya memang berasal dari Taiwan. Yang satu ini merupakan remake versi Koreanya. Ceritanya cukup menyesakkan, khususnya bagi seorang perempuan. Adalah Mi yeong, yang terjebak dalam “cinta satu malam” dengan Lee gun. Dia kemudian hamil, dan keluarga pun mengetahui. Atas suatu kesepakatan, keluarga menyuruh mereka menikah, namun dengan suatu persyaratan. Pasangan tersebut harus bercerai ketika bayinya lahir. Namun kontrak tersebut sebenarnya dilanggar. Mereka tetap bertahan tanpa sepengetahuan orang tuanya.

6. Goong

drama korea nikah muda, drama korea menikah paksa, drama korea menikah terpaksa, drama korea nikah terpaksa

Lee shin adalah seorang putera mahkota yang masih duduk di bangku SMA. Namun ia harus menikah dengan Chae Kyung, yang merupakan gadis biasa. Pernikahan tersebut digelar lantaran almarhum kakek Lee shin sudah membuat kesepakatan dengan temannya. Mereka pun jadi pasangan suami-isteri, dan Chae kyung harus meninggalkan kehidupan “normalnya”. Ia pindah ke istana, dan otomatis harus mentaati semua peraturan di sana. Meski terlihat seperti drama saeguk ala Dinasti Joseon, namun Goong ini terkesan lebih modern.

7. Mary Stayed Out All Night

drama korea kawin muda, drama korea kawin paksa, drama korea tema kawin kontrak, drama korea cerita kawin kontrak

Fans Jang Geun suk tentu tahu drama debutnya ini. Cerita bermula ketika Mae Ri ingin membatalkan deal yang dibuat oleh ayahnya. Kebetulan dia dan sang ayah hidup di tengah kejaran para debt collector. Sampai kemudian datang “seorang pahlawan”, yang tak lain adalah teman sang ayah. Dialah yang membantu membayar utang tersebut. Namun kebaikannya ternyata bersyarat. Dia meminta agar Mae ri bersedia dinikahkan dengan puteranya yang bernama Jung in. Sayang, Mae ri menolaknya. Dan demi memuluskan aksinya itu, dia meminta Moo kyul alias Geun suk untuk pura-pura menikahinya.

Meski sudah, atau berencana akan menamatkan semua tayangan di atas, namun semoga tak terinspirasi untuk melakukan kawin kontrak, ya. Hehe… demikian, 7 Drama Korea Tentang Kawin Kontrak atau Pura-pura Menikah. #RD