Home Fun 9 Film Drama Asia Tentang Pernikahan atau Kawin Kontrak

9 Film Drama Asia Tentang Pernikahan atau Kawin Kontrak

267
SHARE

9 Film Drama Asia Tentang Pernikahan Kontrak dan Pura-pura Pacaran

Sebelumnya kita sudah membahas Daftar Film atau Drama Khusus Korea tentang Kawin Kontrak. Kali ini kita menuju sektor yang lebih luas, yakni Film atau Drama Se-Asia. Topiknya sendiri masih seputar nikah kontrak atau hubungan asmara yang direkayasa.

Biasanya karya semacam ini akan disertai dengan sebuah kontrak, baik tertulis atau tidak, yang berisi kesepakatan seputar hubungan yang dijalani. Keputusan untuk melakoni hubungan kontrak memang kontroversial dan tidak dianjurkan. Namun film atau drama berikut ini menjelaskan bagaimana alasannya. Masing-masing karakter tentu memiliki latar belakang tersendiri. Tak jarang, pernikahan yang awalnya berpura-pura itu bahkan jadi permanen dan sejati.

Daripada semakin penasaran, jomlah!

1. Pride (2004)

drama tentang kawin kontrak, drama jepang kawin kontrak, naskah drama kawin kontrak, jepang drama kawin kontrak, drama jepang tentang kawin kontrak

Asal: Jepang
Format: Drama
Jumlah Episode: 11
Pemain: Kimura Takuya, Takeuchi Yuko, Sakaguchi Kenji, Ichikawa Somegoro, dsb

Jalan cerita, karakter, dan chemistry-nya yang kuat kerapkali menjadi poin yang dipuji dalam drama ini. Ceritanya tentang Halu dan Aki. Halu adalah kapten tim hockey yang sangat fokus memikirkan olahraga tersebut, sampai-sampai percintaan pun dianggap permainan olehnya. Sementara Aki hanyalah gadis biasanya yang bekerja sebagai office lady. Dia menjalani hubungan jarak jauh atau LDR dengan pacarnya yang tengah menempuh pendidikan di Amerika. Namun pacarnya tersebut tak memberi tanda keseriusan untuk pulang.

Teman-teman Aki sampai menyuruhnya untuk mencari pengganti saja. Mereka kemudian mengajak Aki untuk menonton pertandingan hockey. Di sanalah keduanya bertemu dan berteman. Rekan-rekan mereka juga nampaknya suportif. Pertemanan itu kemudian menggiring mereka pada sebuah permainan, di mana keduanya harus menjalani hubungan palsu atau pacaran dengan kontrak tertentu.

2. Marriage Contract (2016)

drama kawin kontrak, drama korea nikah kontrak, drama korea nikah kawin kontrak, drama tentang nikah kontrak, drama korea kawin kontrak

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 16
Pemain: Uee, Lee Seo jin, Kim Yong gun, Park Jung soo, dsb.

Sebenarnya gagasan cerita ini cukup klise. Namun di bagian-bagian akhirnya, kita tetap saja akan terbawa suasana yang sedih nan mengharukan. Ada tokoh bernama Hye soo yang merupakan janda muda anak satu. Dia kelimpungan mencari cara agar bisa mengundang banyak uang. Selain untuk kebutuhan hidup dan menyicil utang suaminya, dia juga memerlukan jaminan bagi puteri tunggalnya. Pasalnya dia sudah memprediksi kalau usianya tak akan lama lagi, lantaran dirinya menderita tumor otak. Ia pun langsung membulatkan tekad untuk menyetujui tawaran Ji hoon, pengusaha restoran kaya yang tengah memerlukan pendonor organ hati bagi ibunya. Dan agar proses donor tersebut terkesan legal, ia pun harus menikahi sang pendonor dengan iming-iming imbalan yang menggiurkan.

3. Marriage Not Dating (2014)

korea nikah muda, nikah korea, artis korea nikah muda di film, drama korea nikah kontrak, artis korea menikah di drama

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 16
Pemain: Han Groo, Yeon Woo jin, Jin woon, Han Sun hwa, dsb.

Kong Ki tae merupakan figur laki-laki yang sempurna, khususnya secara penampilan. Usianya pun sudah matang, sehingga keluarga mulai mendesaknya untuk melepas masa lajang. Namun ia memang nyaman hidup sendirian.

Di sisi lain, ada Joo Jang mi yang kesal lantaran diabaikan oleh pacarnya sendiri. Padahal ia sangat ingin melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Ki tae sendiri merupakan teman Jang mi. Pertemuan dan konflik mereka rupanya berujung pada kesepakatan tentang nikah kontrak. Meski keluarga Ki tae agak keberatan, namun mereka tak bisa berbuat apa-apa. Apalagi setelah Ki tae mengancam tak akan menikah sama-sekali jika gadis pilihannya tak direstui.

4. Delightful Girl, Choon Hyang / Sassy Girl Chun Hyang (2005)

drama korea nikah kontrak, drama korea nikah muda, drama korea menikah paksa, drama korea menikah terpaksa, drama korea nikah terpaksa

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 17
Pemain: Han Chae-Young, Jae hee, Uhm Tae woong, Park Shi eun, dsb.

Dilihat dari tahun rilisnya, drama ini memang cukup jadul. Namun tak ada salahnya untuk kembali menyaksikan, mengingat produksinya sendiri ditangani oleh Hong Sisters. Cerita drama ini juga cukup unik dan menarik.

Ada dua murid SMA bernama Choon Hyang dan Mong Ryong yang dipaksa menikah. Hal itu dikarenakan keduanya sudah menghabiskan waktu malam bersama. Meski tidak melakukan apa pun yang dituduhkan, pihak sekolah tetap menganggapnya sudah melanggar aturan. Mereka pun harus mengikat janji suci di usia belia. Jika Mong Ryong menjadi cinta pertama bagi Choon Hyang, namun Chae rin yang menjadi gadis idaman bagi Mong Ryong. Choon hyang sendiri justeru dikejar-kejar lelaki lain bernama Byun Hak do.

5. Fated To Love You (2014)

Film Drama Asia Tentang Pernikahan Kontrak, Film Drama Asia Tentang Perkawinan Kontrak


Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 20
Pemain: Jang hyuk, Jang Na ra, Choi Jin hyuk, Wang Ji won, dsb.

Versi lain dari drama Taiwan ini tak kalah menarik perhatian. Diceritakan ada sosok Mi yeong, gadis biasa yang kehidupannya berubah drastis pasca sebuah cinta satu malam. Kejadian “kecelakaan” itu sendiri dilaluinya bersama Lee Gun, putera keluarga kaya raya nan berpengaruh. Kedua belah pihak kemudian mufakat untuk menikahkan mereka. Apalagi ketika Mi yeong ternyata langsung mengandung.

Di dalam isi perjanjiannya sendiri disebutkan kalau mereka harus bercerai pasca bayinya lahir. Tetapi tak disangka, pasangan itu ternyata tak ingin mematuhi aturannya. Mereka ingin mempertahankan hubungan atau statusnya.

6. Goong / Princess Hours (2006)

drama korea nikah muda, drama korea menikah paksa, drama korea menikah terpaksa, drama korea nikah terpaksa

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 24
Pemain: Yoon Eun hye, Ju Ji hoon, Kim Jeong hoon, Song Ji hyo, dsb

Lagi-lagi drama yang cukup jadul. Namun di tahun rilisnya, drama ini menjadi salah-satu yang paling populer. Settingnya sendiri cukup menarik. Ada di abad ke-21, namun memiliki sistem monarki atau kerajaan.

Di era yang tampak seperti Joseon itu, ada putera mahkotanya yang bernama Lee shin. Dia jatuh hati pada Hyo rin, seorang penari balet yang cantik nan ambisius. Sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan. Sampai kemudian kakeknya menyampaikan sesuatu yang tak ia duga. Rupanya dia sudah membuat perjanjian dengan seorang teman untuk menikahkan sang pangeran dengan gadis biasa bernama Chae kyeong.

7. Mary Stayed Out All Night (2010)

drama korea kawin muda, drama korea kawin paksa, drama korea tema kawin kontrak, drama korea cerita kawin kontrak

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 16
Pemain: Jang Geun suk, Moon Geun young, Kim Jae wook, dsb.

Wi Mae ri merupakan puteri dari seorang pebisnis yang gagal menjalankan usaha. Bukannya laba, ia malah terus menjadi buruan debt collector. Suasana sulit itu kemudian “diselamatkan” oleh teman sang ayah bernama Dae han, yang ternyata pernah menaksir ibu Mae ri. Tetapi Dae han tak mau uluran tangannya sia-sia. Ia meminta agar Mae ri bersedia dinikahkan dengan puteranya yang bernama Jung in.

Mae ri yang merasa enggan kemudian bertemu dengan Kang Moo kyul, seorang penyanyi indie yang tak sengaja ia “selamatkan”. Mae ri meminta Moo kyul agar mau berpura-pura sebagai pasangan alias suaminya. Melihat hal itu, ayah dari Mae ri malah menyuruhnya untuk menghabiskan waktu bersama Moo kyul dan Jung in secara adil. Setelah 100 hari, baru Mae ri bisa memutuskan siapa sosok lelaki yang akan ia pilih sebagai suami.

8. Sunny Happiness (2011)

drama tentang kawin kontrak, drama taiwan kawin kontrak, naskah drama kawin kontrak, korean drama kawin kontrak, drama taiwan tentang kawin kontrak

Asal: Taiwan
Format: Drama
Jumlah Episode: 25
Pemain: Li Yi feng, He Mike, Chang Janine. Li Zhi nan, dsb.

Tanpa Xiang Yun jie sangka, ternyata dia memiliki seorang putera dari isteri pertamanya. Karena mereka sudah bercerai, ia pun ingin mengajukan hak wali. Untuk mewujudkannya, ia harus menikah dulu. Di sisi lain ada Fang Yong yong. Dia adalah seorang gadis yatim piatu. Setelah dewasa, ia mendapat pekerjaan di sebuah hotel milik Yun jie. Sang bos kemudian menawarkan rencana kawin kontrak dengannya.

Rencana tersebut semakin rumit manakala keduanya mabuk dan sampai menghabiskan cinta satu malam. Yong yong bahkan langsung berbadan dua. Mereka pun memutuskan untuk menikah kontrak, sekaligus merawat anak yang memang merupakan darah daging masing-masing. Di luar semua itu, ada sosok Xiang Yun chao, saudaranya Yun jie yang ternyata terjebak dalam cinta segitiga.

9. Full House

kumpulan sinopsis drama korea nikah kontrak, daftar drama korea nikah kontrak, daftar drama korea tentang nikah siri, drama korea kawin kontrak

Asal: Korea
Format: Drama
Jumlah Episode: 16
Pemain: Song Hye kyo, Rain, Han Eun jung, Kim Sung soo, dsb.

Kita harus memberikan kredit pada penulis manhwa Full House, Won Soo yeon, yang sudah menjadi sumber ide bagi drama hits ini. Premis mengenai nikah kontraknya langsung menyita perhatian. Begitu juga dengan pasangan aktor-aktris dan keseluruhan kemasan dramanya.

Dalam Full House, kita dikenalkan pada sosok Han Ji eun, seorang scriptwriter yang nyentrik dan “terlalu baik”. Ia sebenarnya diberi warisan berupa rumah dengan desain khas dari ayahnya. Namun sepasang sahabat yang ia percaya malah mengkhianatinya. Mereka justeru menjual rumah itu pada seorang aktor bernama Lee Young jae.

Setelah mengalami serangkaian peristiwa, mereka kemudian sepakat melakukan nikah kontrak. Jika Ji eun memiliki misi untuk merenggut rumahnya kembali, maka Young jae ingin “menyelamatkan” luka hati karena cintanya pada Kang Hye won tak berbalas. Mereka yang memiliki perbedaan karakter tentu saja tak akur di awal-awal. Misalnya, Jie eun adalah tipikal penulis yang “berantakan”, sementara Young jae begitu mengutamakan kerapihan dan kebersihan.

Bisa kita lihat, satu topik tentang pernikahan kontrak ternyata bisa tersaji dari ide-ide yang menggurita. Nah, demikianlah, 9 Film Drama Asia Tentang Pernikahan Kontrak atau Pura-pura Pacaran. #RD