Home General Tips Suami : Mencintai Istri Dengan Bijaksana

Tips Suami : Mencintai Istri Dengan Bijaksana

1
SHARE

Agar tenang hidupmu, cintailah istrimu dengan bijaksana : Kalian harus tahu kapan waktunya memuja atau membenci mereka. Dan yang paling utama kalian musti belajar menerima mereka apa adanya. Jangan salah pahami maksud saya: ‘loving them just the way they are’ bukan berarti menelan mentah-mentah watak brengseknya atau diam terombang-ambing dipecundangi olehnya.

Menerima istrimu sebagaimana adanya adalah menajamkan naluri, menggali hikmah dan makna dibalik segala perangainya. Dia bisa jadi ibumu, sosok yang menghidupimu, mencukupi berbagai kebutuhanmu. Dia sering jadi kekasih yang mendaulat kelelakianmu: kehadirannya membuatmu merasa perkasa dan teramat berkuasa–karena kecantikan dan kesetiaannya kau dikagumi sanak dan tetangga. Sesekali dia bisa jadi musuhmu: celaan dan omelannya membuat kau sakit hati berminggu-minggu.

Kerling matanya yang keliru sasaran bisa membuatmu diamuk cemburu. Dia bisa jadi inspirasi dan satu-satunya penyulut semangatmu: sanjungan dan rengekannya bisa membuatmu bangkit berusaha menerabas belukar berduri demi menyenangkan hatinya, demi mencuri senyumnya, demi meredam tangisnya.


Perempuan yang berpasrah diri itu merelakan hidupnya jadi istrimu, jadi ibu bagi benihmu, jadi menteri yang mengatur rumahtanggamu, mencukup-cukupkan gajimu agar kau bisa makan kenyang sampai penghujung bulan. Dia jadi maharani di bilik dan peraduanmu, bersolek memantas diri agar bangkit hasratmu.

Dia akan berubah jadi tua, mungkin juga berubah perangai dan pesonanya, tapi semua itu ditempuhnya dengan keikhlasan dalam menjalani takdirnya sebagai teman hidupmu.

Menerima dia apa adanya berarti memaklumi, mengerti, mensyukuri dan memaknai berbagai peran yang musti dilakoninya sebagai istrimu. Kalau kau galau atau heran, cukuplah kau diam dan bersabar menanti surut reda badai di hatinya, sebab kau tak akan pernah paham susahnya jadi wanita.

Tips Suami : Mencintai Istri Dengan BijaksanaArif Subiyanto