10 Aksesoris atau Hiasan yang Cocok untuk Rambut Pendek

Posted on

Sekilas, aksesoris dan rambut pendek tak bisa berpadu dengan baik. Bagaimana pun rambut pendek sudah tidak bisa diapa-apain. Tak bisa diikat atau direka-reka sesukanya.

Padahal asumsi itu sangat keliru. Rambut pendek juga bisa dihias sedemikian rupa agar tampil menarik. Tetapi gaya rambut ini memang istimewa, sebab kita harus memerhatikan satu aturan utamanya. Yakni, less is more. Sederhana saja.

Selanjutnya, kita juga mesti selektif dalam memilih hiasan atau aksesoris rambut. Berikut ini aksesoris yang bisa dipilih untuk rambut pendek agar tampil lebih cantik dan menarik. Jom!

1. Jepitan

 hiasan rambut pendek untuk pesta, hiasan rambut pendek untuk kebaya, hiasan rambut pendek sebahu, hias rambut pendek, hias rambut pendek sebahu

Benda yang satu ini banyak dipilih oleh perempuan dengan rambut pendek. Namun ada beberapa yang perlu kita pertimbangkan. Sebaiknya memilih jepit yang berukuran kecil, tak mudah terlepas, hindari warna cerah, dan memilih warna-warna yang halus seperti tortoiseshell. Kalau pun untuk acara malam hari atau sekadar menambahkan kesan ceria, kita bisa menambahkan sebuah payet atau pernak-pernik. Penempatannya sendiri bisa di atas atau pun di belakang telinga.

2. Bobby pin atau jepit pipih-bergerigi

aksesoris rambut untuk rambut pendek, hiasan rambut yang cocok untuk rambut pendek

Rupanya aksesoris ini sudah muncul sejak tahun 1920-an. Benda ini sendiri sangat bermanfaat untuk menghadang rambut atau poni yang tampak berantakan dan bikin tidak nyaman. Bahkan sampai sekarang, si mungil ini tetap menjadi andalan. Secara penampilan, jepit ini memang tidak mencolok. Namun sifatnya memang sangat fungsional.

3. Bando Tipis

aksesoris rambut untuk rambut pendek, hiasan rambut yang cocok untuk rambut pendek, aksesoris untuk rambut pendek sebahu

Apapun bahannya, benda ini masih menjadi padanan yang cocok bagi rambut pendek. Namun kita perlu pilih-pilih, jangan sampai menjatuhkan pilihan pada bando yang terlalu berbunga dan berukuran besar. Pilih saja yang mungil dan sederhana. Kalau pun ingin tampak menonjol, kita bisa memadukan pola dan warnanya.

4. Selendang Kepala

hiasan kepala untuk rambut pendek
via : pinterest.com

Aksesoris selanjutnya tak hanya membantu “menyamarkan” tampilan rambut pendek yang kurang berkesan, melainkan juga memberi nilai yang lebih stylish. Gayanya sendiri bisa bermacam-macam, entah dengan menerapkan bandana style atau melipat dan mengikatnya ke area tengkuk. Selendang juga cukup cocok dengan rambut yang tumbuh nanggung.

5. Bunga

hiasan rambut pendek untuk kebaya, hiasan rambut pendek sebahu, hias rambut pendek, hias rambut pendek sebahu

Keberadaan bunga ini memberi sentuhan yang cukup kuat pada tampilan rambut. Bunga juga memang kerap menjadi teman kolaborasi bagi jepitan atau bando, namun kualitasnya jelek, bunga itu malah seringkali copot. Untuk itu, tak ada salahnya memetik bunga asli untuk diselipkan di telinga. Kesan floral ini memberi harum alami pada rambut, serta tampilan penggunanya akan tampak segar dan hidup.

6. Ikat Rambut (Karet)

Berbicara ikat rambut, kita yang berambut pendek tampaknya akan langsung pesimis. Padahal ikat rambut yang berukuran imut bisa dimanfaatkan juga. Jika tak mau terlihat kekanak-kanakkan atau terlalu cute, kita bisa memilih warna-warna yang netral. Dengan demikian, kesan dewasa sekaligus stylish-nya tidak hilang.

7. Bulu

Kesan chick dan trendy selalu hadir di saat orang berambut panjang bisa menggunakan feather extension. Nah, kesan ini juga bisa berlaku untuk kita yang memiliki rambut pendek. Khususnya yang berukuran dari sedagu, sampai sekitar bahu. Namun kita harus memastikan agar bulunya tidak terlampau panjang. Jika mau, kita bisa melebihkan panjangnya sedikit dari batas rambut.

8. Ekstension

Di zaman sekarang, hair extension bisa menjadi alternatif yang dipilih jika kita kurang nyaman dengan tampilan rambut pendek. Bagi muslim, hukumnya sendiri terbagi. Ada yang mutlak mengharamkan, dan ada juga yang melarang pemakaian rambut asli. Dengan kata lain, rambut sambungannya lebih baik yang sintetis atau buatan. Namun di luar pengetahuan hukum agama itu, penggunaan hair extension bisa menguras kocek dalam kalau kita ingin tampak elegan dan natural.

9. Kristal

Aksesoris ini bisa menyesuaikan agenda-agenda semacam pernikahan, prom, atau night out bersama teman. Meski terlihat kecil dan sederhana, namun efeknya cukup kentara juga. Ada kesan memesona ketika kita terampil menghiaskan kristal di rambut dengan proporsional atau tidak berlebihan. Kita bisa menempatkannya sebagai bingkai wajar, atau kita juga bisa membentuk semacam garis di satu sisi, tepatnya di dekat area telinga.

10. Pewarna/ cat rambut

Poin berikutnya juga bukan hal yang baru, yang bisa mensiasati rambut pendek. Sehingga pewarna rambut pun mudah ditemukan di pasaran. Temponya sendiri beragam, tergantung pewarna rambutnya. Demikian juga untuk pemilihan warnanya, semua itu menyesuaikan dengan kehendak kita untuk memilih dan memberi kesan pada orang-orang

Jadi, siapa bilang rambut pendek itu tak bisa stylish dan fashionable? Pemilihan aksesoris atau hiasan rambut yang tepat bisa membantu penampilan agar lebih cantik, menarik, dan memesona. Demikian, 10 Aksesoris atau Hiasan yang Cocok untuk Rambut Pendek. DBS #RD