Home » Hobi » 10 Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

10 Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

Bagaimana reaksimu kalau menyaksikan burung berukuran besar secara langsung? Kalau jaraknya dekat, kamu pasti akan mengabadikannya lewat gambar atau video. Iya, ‘kan?

Burung-burung yang berukuran besar ini ada yang bisa terbang, ada juga yang tidak. Namun ketidakmampuan mereka untuk melayang tak lantas menghapus pesona yang ada. Mereka betul-betul menakjubkan.

Nah burung apa saja yang memiliki ukuran jumbo dan masih hidup di dunia ini? Jom!

Wandering Albatross / Albatros kelana

diomedea exulans exulans, bird albatross, albatross species, giant albatross wingspan, information about albatross, where do wandering albatross live, how big are albatross, different types of albatross, burung paling panjang umur

Albatros Pengembara (Diomedea exulans)
gambar : wikipedia.org

Burung ini terlihat sangat besar ketika dia mengepakkan sayapnya. Bahkan Wandering Albatross disebut sebagai pemilik sayap paling lebar. Jika diperkirakan, burung ini bisa berukuran dari 2,5 – 3,5m. Sementara berat badannya bisa mencapai 12 kg.

Albatross memiliki 24 spesies yang tersebar di berbagai wilayah. Namun Wandering Albatross menjadi yang paling bongsor diantara semuanya. Makanan kesukaan mereka adalah cumi-cumi dan ikan-ikan kecil. Untuk minumnya sendiri, mereka lebih menyukai air asin. Tak ayal kalau mereka jarang terlihat di darat. Spot favoritnya tak akan jauh dari permukaan samudera, tempat di mana dia memeroleh makanan dan minumnya.

Begitu tiba musim kawin, burung-burung ini akan terbang berkoloni ke pulau-pulau terpencil. Hasil dari perkawinannya hanya sebutir telur. Beberapa bulan setelah telur menetas, albatross ini sudah bisa terbang mandiri.

Mute Swan / Angsa Putih

burung terbesar di dunia yang masih hidup

via : pinterest.com

Burung air ini terkenal karena lehernya yang unik dan menarik, yang menyerupai huruf S. Leher panjang itu tak tercipta tanpa alasan, melainkan membantu angsa untuk menjangkau makanan yang ada di permukaan air. Mereka biasa mengonsumsi vegetasi atau tanaman air, ikan-ikan kecil, atau serangga. Selain itu, mereka juga memiliki lebar sayap mencapai 2,4m. Sementara ukuran tubuhnya bisa sampai 1,5m, dengan kisaran berat badan 12-13kg.

Sifat alaminya memang agresif, namun mereka juga begitu cerdas, strong, dan sayang anak. Mereka tak akan segan melakukan penyerangan, khususnya di masa-masa bersarang. Apapun yang mengancamnya akan diburu untuk kemudian digigit. Pokoknya mereka akan memberi perlindungan total terhadap sarang, telur, dan buah hatinya. Selain itu, angsa putih bahkan bisa ingat betul, siapa yang sudah merawatnya dengan baik.

Dalmatian Pelican / Undan dalmasia

burung terbesar yang masih hidup, burung terbesar yang masih ada, burung terbesar yg masih hidup

via : pinterest.com

Jika ada list tentang burung terbang paling berat di dunia, dalmatian pelican pasti masuk. Bobot badannya antara 12-14 kg, dengan panjang sekitar 1,8m. Untuk kepak sayapnya bisa menjangkau 2,7m. Sementara paruhnya yang khas berukuran rata-rata 18 inci. Mereka menjadi juara dua untuk kontes paruh burung paling panjang pasca Australian Pelican.

Burung ini sendiri datang dari Asia Selatan dan kawasan Eropa. Bentuknya mirip dengan pelican putih, tetapi pelican ini berukuran lebih jumbo. Betapa tidak, mereka bisa melahap ikan, lele, atau belut sampai 2 kg banyaknya.

Andean Condor / Kondor Andes

burung terbesar yang dapat terbang, burung kondor, vulture

via : blogspot.com

Burung ini menjadi satu dari sekian famili para konsumen bangkai. Andean Condor biasa ditemukan di sekitar pantai Amerika Selatan dan Pegunungan Andes. Mereka bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 1,2 m. Kita juga bisa kaget karena beratnya sampai menyentuh angka 15 kg. Kalau sedang mengepakkan sayap, ukurannya bisa sampai 3 m. Lebar tersebut sangat bermanfaat kalau Andean Condor ingin terbang melayang.

Namanya juga bagian dari burung pemakan bangkai, makanan utama mereka tentu berupa bangkai hewan lainnya. Tak peduli hewan domestik atau juga yang buas. Kadang-kadang mereka juga bersikap nakal, misalnya dengan mencuri sarang burung lain untuk telur mereka sendiri. Sebenarnya mereka termasuk burung panjang umur, sebab bisa hidup sampai 75 tahun lamanya. Namun kini mereka sudah berstatus hampir punah.

Kori Bustard

burung terbesar di dunia, burung terbesar di dunia yang dapat dan bisa terbang, burung terbesar di dunia 2017-2018, burung terbesar di dunia yang masih ada hidup, burung terbesar di dunia yang pernah ditemukan

via : pinterest.com

Burung terbang ini bisa memiliki berat badan sampai 20 kg, dengan panjang 1,2m, dan lebar sayap mencapai 2,7m. Tak heran kalau kori bustard dinobatkan sebagai burung terbang paling raksasa. Apalagi kalau yang berjenis kelamin jantan, sebab ukurannya bisa dua kali lipat dari yang betina.

Makanan favorit mereka adalah serangga, ular, kadal, buah berry, dan  biji-bijian. Untuk itu, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di daratan atau tanah demi memburu serangga kesukaannya.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working