10 Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Luka Bekas Jerawat

Posted on

Bagaimana perasaanmu ketika jerawat melanda?

Jerawat bikin kamu menderita, tidak percaya diri, dan gagal hidup hemat. Masalahnya, kamu kerap menggunakan sebagian dana untuk membeli krim khusus atau menjalani perawatan demi menyingkirkan jerawat. Cara-cara ini banyak yang terbukti efektif dan memuaskan, namun mereka juga cenderung membawa “oleh-oleh” berupa efek samping atau ketergantungan.

Untuk itu, banyak yang kembali pada komponen dan cara tradisional. Misalnya dengan memanfaatkan obat atau bahan alami. Selain lebih murah, alternatif ini dipandang lebih aman dan tak kalah manjur.

Nah berikut ini solusi natural yang bisa kamu coba. Jom!

1. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Sudah rahasia umum, gel lidah buaya yang segar sangat bermanfaat untuk menyembuhkan atau pun memudarkan bekas luka pada kulit. Selain itu, lidah buaya memang dikenal sebagai moisturizer atau pelembab natural. Sebagai efeknya, kulit kita pun akan terasa lebih sehat dan lembut.

Sekarang ini sudah banyak apotek atau toko obat yang menyediakan gel lidah buaya. Namun gel yang alami tentu akan lebih baik. Lebih lagi tanaman ini memang cukup mudah untuk ditemukan. Perawatannya pun tidak ribet, tidak harus memerlukan pestisida atau pupuk kimia. Untuk itu, memilih gel lidah buaya demi mengobati luka bekas jerawat bisa menjadi pilihan terbaik.

Caranya sendiri sangat mudah. Cukup potong atau sobek daun lidah buayanya, setelah itu oleskan pada kulit sambil dipijat dengan lembut. Alangkah lebih baiknya kalau mendiamkan gel tersebut selama kurang-lebih setengah jam-an sampai meresap ke dalam. Setelah dirasa cukup, barulah kamu bilas sampai bersih.

2. Baking Soda

Karena memiliki banyak manfaat, baking soda pun menjadi salah-satu keperluan rumah tangga umum tersedia. Satu dari sekian kegunaannya yaitu menyembuhkan bekas luka. Ketika kamu menggunakannya sebagai scrub pembersih, kandungan kristal sodium bicarbonate di dalamnya bisa membuat kulit terkelupas perlahan.

Caranya simpel. Kamu tinggal mencampurkan sedikit air dengan beberapa sendok teh baking soda sampai menjadi pasta. Setelah itu, usapkan campuran tersebut pada luka kulit. Diamkan sekitar satu atau dua menit. Meski cukup singkat, namun proses ini akan membuat soda bekerja. Soda akan membersihkan pori-pori kulit sekaligus mencegah noda lebih lanjut. Kalau sudah selesai, basuh wajahmu dengan air hangat. Selanjutnya kamu bisa mengoleskan moisturizer alami seperti kelapa, minyak zaitun, jojoba, dsb.

3. Minyak Kelapa

Bicara tentang pelembab alami yang bisa menyembuhkan luka, kelapa pasti masuk dalam list. Untuk menguji kemampuannya, kamu tinggal siapkan seperempat sendok teh dari minyak kelapa asli. Oleskan pada telapak tangan. Biarkan saja sampai meleleh oleh suhu tubuh sendiri. Kemudian oleskan pada luka kulit dengan menggunakan ujung jari. Biarkan sampai meresap. Tak masalah kalau kamu enggan membersihkannya. Sebab kandungan asam lemak esensial serta vitaminnya justru akan meningkatkan kesehatan kulit. Namun kalau merasa risih, kamu bisa membersihkannya setengah jam-an kemudian.

4. Mentimun

Mentimun atau ketimun juga sering disebut sebagai salah-satu bahan penting dalam treatment kulit. Selain memiliki kandungan air yang super, mentimun memang membawa zat-zat bermanfaat. Entah itu magnesium, vitamin A, atau pun vitamin C. Semua kandungan tersebut sangat bagus bagi kulit. Caranya sendiri tak begitu sulit. Cukup letakkan irisan mentimun di atas bekas lukanya. Tiga puluh menit kemudian, kamu bisa membilas wajah dengan air dingin. Semakin sering dilakukan setiap hari, hasilnya pun akan semakin bagus.

5. Madu

Madu terbaik untuk urusan kulit adalah madu mentah, bukan yang olahan. Kualitasnya yang masih terjaga bisa memberi efek dahsyat pada kulit. Apalagi prosedurnya tidak ribet. Cukup dengan mengoleskan madu ke atas bekas luka. Kalau mau, kamu pun bisa mencampurkannya dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini bisa memaksimalkan fungsi pembersihan pori-porinya. Tak ada ketentuan pemakaian. Kamu bisa praktik semaumu.

6. Lemon

Kandungan alpha-hydroxy acid alias AHA terdapat dalam sari lemon. Kandungan ini berfungsi untuk membantu proses penyembuhan, memudarkan luka, serta merevitalisasi kulit. Sediakan saja lemon organis, dan peras sampai menghasilkan sari. Kalau kulitmu termasuk sensitif, kamu bisa mengencerkan sarinya dengan air. Oleskan sarinya pada kulit menggunakan kapas. Biarkan mengering dengan sendirinya.

Setelah itu, kamu bisa membilas wajah dengan air dingin, lalu tindaklanjuti dengan mengenakan pelembab alami. Treatment natural ini bisa dipraktikkan satu kali dalam dua atau tiga hari. Dan sebagai catatan, sari lemon cukup sensitif terhadap radiasi UV. Alangkah lebih baiknya kalau kamu menghindari sinar matahari langsung.

7. Getah Kentang

Kentang yang kaya akan vitamin dan mineral bisa menjadi solusi untuk kesembuhan atau kesehatan kulit. Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya mengiris kentang, lalu selagi permukaannya basah, kamu bisa langsung menempelkannya pada area luka. Diamkan dulu sekitar lima belas menit. Lepas itu, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Treatment ini bisa kamu lakukan satu kali sehari.

8. Minyak Biji Mawar (Liar)

Bahan selanjutnya tak kalah efektif dalam hal perawatan kulit alami. Minyak bunga ini mengandung asam trans-retinoat dengan konsentrasi tinggi, serta asam lemak esensialnya yang memang bermanfaat. Kamu bisa memanfaatkannya sebanyak satu atau dua kali sehari.

9. Sugar Scrub

Dibanding dengan bahan lain, yang satu ini memang terkesan lebih terapeutik. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan tebu. Kandungan dalam tebu sendiri yaitu asam glikolat, semacam asam alfa hidroksi lain yang bisa menghilangkan sel kulit mati. Asam ini juga berfungsi untuk meningkat regenerasi sel.

Untuk caranya sendiri, kamu bisa mencampurkan gula tebu organik dengan olive oil atau minyak zaitun murni. Perbandingannya dua dengan satu. Setelah itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes sari lemon organik, asal jangan sampai terlalu encer. Cukup oleskan semua campuran tersebut sebanyak satu kali dalam dua atau tiga hari. Diamkan sekitar 15 menit, sebelum dibersihkan dan diberi pelembab yang natural.

10. Vitamin E

Cara yang dinilai paling simpel dan mudah hanyalah dengan mengeluarkan konten kapsul. Kamu pun bisa langsung mengoleskannya pada kulit yang terluka. Kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam moisturizer yang biasa dipakai sehari-hari. Treatment bisa terbukti mempercepat proses penyembuhan jerawat atau bekasnya.

Nah, jika bahan atau cara alami terbukti aman dan efektif, kenapa tidak mencoba menekuninya? Demikian, 10 Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Luka Bekas Jerawat. #RD