7 Saus Paling Pedas di Dunia

Posted on

ngasih.com; Apa yang ada dalam pikiranmu ketika melihat botol atau kemasan saus?

Akhir-akhir ini, para produsen saus tak segan-segan untuk menampilkan kesan ‘garang’ pada produknya. Misalnya dengan memunculkan api atau asap di atas kepala orang yang sudah mencicipi saus mereka. Atau, mereka juga menggunakan slogan yang terkesan frontal. Contohnya ‘extra hot!’, ‘dijamin bikin nangis!’, ‘pedasnya jebreeet!’, ‘nyata pedasnya!’, dsb. Meski demikian, kata-kata yang menjadi peringatan itu justru semakin menggoda dan menantang para calon konsumen.Banyak yang percaya, kalau saus semakin pedas, maka sensasi rasanya akan semakin mantap.

Menurut sejarah, eksistensi saus dimulai dari cabai atau paprika pedas, yang sudah tumbuh sekitar 2000 tahun lalu di kawasan Amerika Utara. Bahan tersebut bermanfaat untuk menambah cita rasa pada makanan yang dinilai kurang menarik selera. Lalu berabad-abad kemudian, hadirlah perusahaan semacam Tabasco dan Huy Fong’s (Sriracha) yang mempopulerkan hot sauce atau saus pedas. Semakin lama, semakin banyak produk saus yang beredar di masyarakat.

Mayoritas bentuknya memang seperti bukan saus sambal biasa, sebab rasa pedasnya didapat dari ekstrak cabai yang kepedasan alaminya sudah tersaring. Mereka menyebutnya sebagai Oleoresin Capsicum. Kalau menurut Noah Chaimberg, pemilik Heatonist.com yang juga disebut sebagai sommelier saus pedas perdana di dunia, kandungan tersebut kemudian digunakan sebagai merica spray, yang kini juga sering dikonsumsi. Kembali lagi pada saus, yang kepedasannya bisa dilihat dari besarnya skala Scoville serta bahan yang digunakan. Menurut Wikipedia.org; Skala Scoville adalah pengukuran kepedihan pedas (pedas panas) – atau makanan pedas lainnya seperti yang dilaporkan dalam unit panas Scoville (SHU). Berikut inilah top 7 saus terpedas di dunia. Jom!

Torchbearer Sauces’ The Rapture

saus sambal terpedas di dunia, saus sambal yang terpedas di dunia, saus cabai terpedas di dunia, saus cabe terpedas di dunia, saus terpedas di dunia dapat melumpuhkan wajah, jual saus terpedas di dunia
via : thechive.com

Skala Scoville  : < 1,2 juta
Bahan  Utama :cabai habanero, ghost, trinidad scorpio

Perusahaan mengklaim kalau mereka adalah saus pedas alami yang paling hot di muka bumi. Chaimberg berpendapat kalau produk ini mampu membuat mulutmu panas dan terbakar, disertai sensasi rasa yang mirip dengan kolaborasi wortel dan jeruk mandarin.

Blair’s Ultra Death Sauce

saus sambal terpedas, saus sambal terpedas di indonesia, saus sambal terpedas di dunia, saus cabai terpedas, saus cabai terpedas di dunia
via : wykop.pl

Skala Scoville  : < 1,3 juta
Bahan  Utama : cabai cayenne, habanero, jolokia, serrano

Melihat angka skala scoville-nya, kita tentu tercengang, dan jadi membayangkan betapa gila sensasi pedasnya. Bahkan saus reguler atau biasa mereka saja diolah dari kombinasi cabai-cabai super pedas. Para penyuka pedas pun pasti penasaran ingin mencicipinya. Sayang sekali, jumlah produksinya terbatas, tak lebih dari 1000 botol saja.

PuckerButt Pepper Company Reaper Squeezins

saus cabai terpedas di dunia, saus cabe terpedas di dunia, saus terpedas di dunia dapat melumpuhkan wajah, jual saus terpedas di dunia
via : hotsaucesunlimited.com

Skala Scoville  : < 2,2 juta
Bahan  Utama : cabai carolina reapers

Melihat satu bahannya saja, caroline reapers, kita sudah bisa menerka kalau rasa saus ini tak bisa dianggap dipandang sebelah mata. Bagaimana pun, carolina reapers diketahui dunia sebagai cabai paling pedas. Gelar itu bahkan diberikan langsung oleh Guinness World Records di tahun 2013.

Nah pemilik perusahaan ini, Ed Currie, memang sengaja membudidayakan cabai terpedas tersebut di tempat tinggalnya yang ada di Rock Hill, Carolina Selatan. Dan, produk paling hot yang ia tawarkan adalah Reaper Squeezins, saus hasil kolaborasi aneka lada pedas dicampur dengan sedikit cuka.

Pepper Palace Hottest Sauce in the Universe – 2nd Dimension

saus sambal yang terpedas di dunia, saus cabai terpedas di dunia, saus cabe terpedas di dunia, saus terpedas di dunia dapat melumpuhkan wajah, jual saus terpedas di dunia
via : thedailymeal.com

Skala Scoville  : < 3,5 juta
Bahan  Utama : cabai ghost, aged red

Saus ini sempat dinobatkan sebagai yang terpedas dan terpanas di dunia. Julukan itu senada dengan apa yang disampaikan perusahaan, bahwa produk mereka adalah yang paling hot di alam semesta. Bahannya sendiri terbuat dari sekitar 40 pons cabai ghost, cabai ghost, dan tambahan ekstrak cabainya juga.

Bumblefoot’s Bumblef**ked

 saus sambal terpedas di dunia, saus cabai terpedas, saus cabai terpedas di dunia
via : villagevoice.com

Skala Scoville  : < 6 juta
Bahan Utama  : cabai habaneros

Saking ‘cadasnya’, mantan gitaris Guns N’ Roses bahkan mencomotnya sebagai nama panggung, Ron “Bumblefoot” Thal. Betapa tidak, saus ini merupakan hasil dari kombinasi bahan-bahan yang pedas parah juga. Ada cabai habaneros disertai ekstrak capsicum, mustard madu, pasta tomat, jahe, gingseng, kafein, dan buah-buahan tropis seperti nanas serta pepaya. Mengejutkan, bukan?

Heavenly Heat Meet Your Maker Retribution Sauce

jual saus terpedas di dunia, saus terpedas di dunia dapat melumpuhkan wajah, saus paling pedas di dunia
via : vdsmaza.com

Skala Scoville  : < 6 juta
Bahan Utama  : cabai ghost

Saus berikutnya dikemas dalam miniatur peti mati, yang menggambarkan betapa rasanya begitu “horor” dan “maut”. Maklum, bahan utamanya memang serba ghost pepper. Mereka mencampurkan cabai ghost murni nan segar, versi keringnya, dan versi ekstraknya sekaligus. Huah!

CaJohn’s Black Mamba 6 Get Bitten

saus sambal terpedas di dunia, saus sambal yang terpedas di dunia, saus cabai terpedas di dunia, saus cabe terpedas di dunia
via : pinterest.com

Skala Scoville  : 6 juta
Bahan Utama  : cabai chocolate habaneros

Biasanya produk saus akan semakin jarang ditemukan kalau skala scoville-nya tinggi dan harganya melangit. Tetapi tidak dengan produk jawara ini. Mereka tetap menyediakan hot sauce ini jika kita memesannya secara online. Orang-orang sangat penasaran dengan cita-rasanya, yang berasal dari chocolate habaneros.

Nama cabai ini sendiri didapat dari warnanya yang cokelat, dan terlihat “tak berbahaya”. Menurut seorang reviewer, sensasi panas dan pedasnya memang parah, namun rasanya tetap enak. Hanya saja ketika pertama kali mencoba, dia mengaku serasa mengalami fenomena mati sebelah di area wajah, sehingga dijuluki saus terpedas di dunia dapat melumpuhkan wajah. Hiiiy!

Nah, ada yang mau uji nyali dengan saus-saus di atas ini? 7 Saus Paling Pedas di Dunia. #RD