8 Jenis Bakso Unik dan Lucu yang Hanya ada di Indonesia

Posted on

Siapa yang tak suka bakso?

Mayoritas orang Indonesia sangat doyan akan makanan berbahan dasar daging giling ini. Apalagi kuliner ini juga masuk ke lidah semua orang, mulai dari kalangan atas sampai yang biasa-biasa saja. Tak heran kalau kedai bakso selalu sesak. Gerobak bakso pun sering terlihat sibuk.

Saking banyaknya, para pengusaha pun menciptakan inovasi yang akan memberikan kesan mendalam bagi para pelanggannya. Mereka juga sukses besar dalam mempromosikan nama-nama bakso buatannya. Dan percaya atau tidak, jenis-jenis bakso yang tercipta tidak tersedia di semua negara. Eksklusif hanya ada di Indonesia. Apa saja jenis bakso yang dimaksud? Jom!

1. Bakso Barbel

bakso unik indonesia, bakso unik yang ada di indonesia, bakso unik di indonesia, nama bakso unik di indonesia, 10 bakso unik di indonesia bakso paling unik di indonesia

Founder dari bakso ini adalah Agung Hercules. Dia adalah komedian yang terkenal karena kelucuan dan kekekaran badannya. Selain bekerja di dunia entertainment, dia juga mengelola bisnis bakso. Uniknya, bentuk baksonya mirip barbel yang biasa digunakan untuk olahraga.

2. Bakso Beranak

10 bakso unik yang cuma ada di indonesia hati-hati ngiler, 8-10 bakso unik yang cuma ada di indonesia, 8-10 bakso unik yang hanya ada di indonesia

Sesuai namanya, bakso yang satu ini memang “mengeluarkan anak” dari induknya yang besar. Ketika disajikan, kita akan mendapati sebuah bakso super besar. Begitu dibelah, bakso-bakso kecil akan menyeruak dari dalamnya. Konsep yang kiyut, ya?

3. Bakso Buaya Beranak

10 bakso unik yang cuma ada di indonesia hati-hati ngiler, 8-10 bakso unik yang cuma ada di indonesia, 8-10 bakso unik yang hanya ada di indonesia

Bakso beranak sudah cukup membuat para pecinta bakso yang belum pernah merasakannya dibuat penasaran, apalagi ini bakso buaya beranak.

4. Bakso Kelapa

bakso unik indonesia, bakso unik yang ada di indonesia, bakso unik di indonesia, nama bakso unik di indonesia

Keunikan lainnya datang dari bakso kelapa, bakso yang disajikan di dalam kelapa muda. Keunikan penyajian dan rasanya memberikan sensasi yang pastinya bikin ngiler. Rasa yang ditawarkan oleh bakso ini pun istimewa dan unik. Sebab, kuah kaldu bakso bercampur dengan air kelapa segar. Bakso ini sudah ada di Bandung, Tangerang dan Jogja. Segar dan menggugah selera bukan?

5. Bakso Istighfar / Bakso Setan

8-10 bakso unik yang cuma ada di indonesia, 8-10 bakso unik yang hanya ada di indonesia

Kalimat istighfar biasanya akan langsung terucap ketika pelanggan melihat bakso ini. Betapa tidak, ukurannya memang jumbo, sehingga kita akan shock sendiri. Satu porsi saja dijamin bikin kita kekenyangan!

6. Bakso Hitam

bakso hitam surabaya, bakso hitam tasikmalaya, bakso hitam pak bewok depok, bakso hitam tulungagung, bakso hitam depok
via : pinterest.com

Jika biasanya butiran bakso memiliki warna coklat muda atau putih pucat, lain dengan butiran bakso yang satu ini yang berwarna hitam pekat. Inovasi ini dibuat dibuat oleh seorang pengusaha bakso di Surabaya bernama Sigit Prihanto. Ternyata warna hitam yang dihasilkan adalah dari proses pembuatannya menggunakan sistem pengasapan dengan menggunakan charcoal (arang bambu Jepang). For your information, katanya charcoal bermanfaat bagi sistem pencernaan manusia yaitu sebagai detoks.

7. Bakso Moncrot

bakso unik yang ada di indonesia, bakso unik di indonesia, nama bakso unik di indonesia, 10 bakso unik di indonesia bakso paling unik di indonesia

Ciri khas dari bakso ini adalah tomatnya. Isi tomat dibuang, lalu diganti dengan bakso. Jadi ketika pembeli memotongnya, bakso ini akan muncrat dan menyemburkan air tomat. Untuk itulah nama bakso moncrot tercipta. Bakso ini tentu cocok bagi kamu yang suka sensasi asam segar.

8. Bakso Mercon

bakso mercon cak kar, bakso mercon ciputat, bakso mercon sidoarjo, bakso mercon pak roso, bakso mercon semarang, bakso mercon medan, bakso mercon rasa cinta, gambar bakso mercon, resep bakso mercon, alamat bakso mercon

Tidak, bakso ini tidak berbahan dasar peledak. Tetapi bakso ini dijamin bisa bikin mulut, atau mungkin perut, meledak. Bagaimana pun, isian dari bakso ini bukanlah daging cincang atau urat, melainkan cabe rawit yang berukuran kecil tetapi sangat pedas dan panas.

Nah, pada akhirnya pembeli tak hanya mencari keunikan nama atau bentuk baksonya. Mereka akan menjelma jadi pelanggan rutin apabila baksonya memiliki kelebihan lain, khususnya dari segi cita rasa. Iya, ‘kan? 8 Jenis Bakso Paling Unik Cuma ada di Indonesia. #RD