15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Cepat dan Ampuh Tanpa Efek Samping

Posted on

Ada yang sangat terganggu dengan komedo? Seperti apakah salah-satu pengusik kulit yang satu ini?

Komedo merupakan pori-pori dengan pembukaan yang lebih besar. Kotoran sekaligus sel kulit mati tersumbat di dalamnya. Warna hitamnya sendiri berasal dari oksidasi melanin. Menurut pakar medis, komedo ini menjadi tahap awal dari kemunculan jerawat. Tonjolan pada pori-porinya sendiri bisa berwarna kehitaman atau juga kekuningan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan eksistensi komedo semakin pesat. Misalnya ketika kulit memproduksi minyak berlebih, kita tak bisa membersihkan kulit dengan baik dan benar, keseringan make up, sel kulit mati meningkat, atau juga ketika mengenakan tropical oil.  Di saat seperti itu, bakteri bisa menelusup pada pori-pori, dan calon-calon jerawat pun siap bermunculan.

ULM (US Library of Medicine) menyatakan kalau komedo adalah spot kecil dan gelap pada kulit yang disebabkan karena tersumbatnya kantung pada bulu kulit. Komedo ini lebih sering muncul di area wajah. Namun bukan hal mustahil kalau komedo juga tumbuh pada area dada, leher, punggung, lengan, dan bahu.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hadirnya komedo pada kulit. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Iritasi pada bulu atau rambut kulit
  • Kulit berminyak yang tidak dicuci sebanyak 5 sampai 6 kali sehari untuk mengurangi kadarnya
  • Lahir dan tumbuhnya propionic bacterium acnes
  • Faktor hormon seperti masa puber, menstruasi, atau pun hamil
  • Faktor obat KB
  • Faktor obat-obatan tertentu seperti androgens dan corticosteroids

Karena bisa mengganggu, orang-orang pun sangat ingin menumpas komedo ketika masih dalam tahap awal.Ada yang menggunakan cara modern, banyak juga yang memilih cara natural. Nah, berikut ini 15 tips alami yang terbukti ampuh dan cepat dalam hal membasmi komedo. Jom!

1. Masker Putih Telur

Putih telur menjadi salah-satu bahan alami termudah yang bisa mengencangkan pori-pori kulit dengan sementara. Bahan ini bisa membasmi sekaligus mencegah datangnya komedo. Nutrisi di dalamnya juga begitu kaya.

Untuk membuat masker sederhana dari putih telur ini, kamu hanya memerlukan sebutir telur, handuk, facial tissue, dan mangkuk kecil. Basuh mukamu dan keringkan dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Oleskan putih telur, tutupi dengan tisu, dan tekan-tekan secara lembut.

Jika lapisan pertama sudah mulai kering, ulangi lagi sampai kamu memeroleh tiga sampai lima lapis. Setelah itu, diamkan saja sampai mengering. Kamu akan merasakan pori-pori kulit mengencang. Setelah itu, kamu bisa membuka lapisan secara perlahan dan membasuh wajah sampai bersih.

2. Susu dan Madu

Susu memiliki asam laktat yang bisa menjaga kelembutan kulit, sementara madu memiliki antibakteri yang bermanfaat. Untuk membuat ramuan alami ini, kamu cukup mempersiapkan satu sendok makan madu organik atau mentah, satu sendok teh susu, kapas pembersih.

Campurkan madu dan susu dan panaskan selama 5-10 detik saja sampai mengental. Diamkan dulu sebentar, lalu oleskan pada kulit dan tutup dengan kapas kering. Biarkan sekitar 20 menit, lalu buka, dan bersihkan dengan menggunakan air dingin.

3. Strips Kayu Manis dan Madu

Cinnamon atau kayu manis bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam kulit. Jika dikolaborasikan dengan madu, campuran ini bisa memberikan banyak dampak positif. Entah itu mengusir komedo, membasmi jerawat, membuat kulit semakin sehat, dan juga lembut.

Caranya sangat mudah, yakni dengan mempersiapkan satu sendok teh madu, satu sendok teh bubuk kayu manis, dan kapas. Campurkan kedua bahan sampai mengental, lalu oleskan pada area yang diinginkan. Tutup dengan kapas, dan biarkan selama 3 sampai 5 menitan. Buka secara perlahan, dan bersihkan dengan benar. Alangkah lebih baik kalau kamu menggunakan moisturizer pasca membersihkannya.

4. Lemon

Sudah disinggung sebelumnya, kalau komedo timbul karena pori-pori kulit yang terbuka dan tersumbat. Sementara sari lemon mengandung essential astringent yang bisa menyusutkan pori-pori kulit. Untuk itu, bahan ini cukup tepat digunakan.

Kamu cukup mempersiapkan sebuah lemon, bola kapas, dan botol kecil. Peras lemon, dan simpan sarinya ke dalam botol. Cuci wajahmu dan tepuk-tepuk lembut sampai kering. Basahi bola kapas dengan sari lemon, lalu oleskan pada area wajah ketika hendak tidur. Begitu bangun, segera basuh wajahmu. Keringkan, dan pakailah moisturizer. Sari lemon yang belum terpakai bisa disimpai di kulkas sampai semingguan. Namun hati-hati jika kulitmu memang sensitif.

5. Air dan Baking Soda

Butiran kecil pada baking soda memiliki kemampuan untuk melepas sumbatan pada kulit. Tata caranya sendiri sangat simpel. Kamu tinggal mempersiapkan baking soda dan air segar saja.

Campurkan kedua bahan utama sampai mengental, lalu oleskan pada kulit dengan gerakan melingkar atau berputar. Bilas dengan air yang cukup dingin. Keringkan secara perlahan, lalu pakailah moisturizer.

6. Masker Kayu Manis dan Sari Lemon

Untuk membuatnya, kamu harus mempersiapkan 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan 3 sendok teh sari lemon. Kalau perlu, kamu juga bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit. Campurkan semua bahan, oleskan pada kulit, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, segera bilas sampai bersih. Kebiasaan ini harus dipraktikkan secara rutin selama seminggu agar hasilnya memuaskan.

7. Masker Oatmeal dan Yogurt

Campuran bahan ini memiliki kinerja yang cukup singkat. Prosedurnya sendiri tak njelimet. Kamu tinggal mencampurkan 2 sendok makan oats atau gandum, serta 3 sendok makan yogurt. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan 1 atau 2 sendok teh sari lemon. Tapi bahan ini bersifat opsional, bisa ditambahkan atau tidak sama sekali.

Setelah tercampur semua, oleskan pada area wajah atau bagian lain yang diinginkan. Diamkan dulu selama beberapa menit, lalu basuh wajah dengan air dingin.

8. Masker Tomat

Cara simpel lain, yaitu dengan memanfaatkan tomat berukuran sedang. Kemudian tumbuk atau lenyehkan dengan menggunakan garpu atau juga tangan. Langsung oleskan pada area wajah, dan gosokkan selama kurang-lebih 2 menit. Setelah itu, biarkan dulu selama 15 menit, untuk kemudian dicuci sampai bersih.

9. Gula dan Olive Oil/ Minyak Zaitun

Siapkan satu sendok teh gula dan satu sendok teh olive oil. Campurkan kedua bahan, dan gosokkan pada area berkomedo. Setelah 1 menit, basuh wajahmu dengan air bersih. Jika kamu memiliki masalah jerawat, sebaiknya tak perlu sampai menggosok wajah. Dan untuk hasil yang lebih baik, kamu juga bisa menambahkan sari lemon.

10. Teh Hijau

Teh yang satu ini kaya akan antioksidan, dan bisa mencegah kulit kamu dari bahaya masa depan. Kamu bisa meminumnya langsung untuk memeroleh hasil keren. Tetapi kalau memang ingin ramuan khususnya, kamu harus mempersiapkan dua kantung teh hijau, air, panci, handuk lembut, bola kapas, dan gelas.

Langkah awalnya, masukkan 1 mug air ke dalam panci, dan panaskan sampai mendidih. Setelah itu celupkan dua kantung teh hijau, dan rendam selama setengah jam. Pindahkan air teh ke dalam gelas, lalu simpan di tempat dingin selama 1 jam.

Sementara itu, bersihkan wajahmu dengan baby cleanser atau dengan pembersih wajah biasa. Rendam handuk lembut, dan tepuk-tepukkan pada kulit wajah. Ambil bola kapas, basahi dengan air teh hijau, dan oleskan pada area pori-pori yang tersumbat. Biarkan dulu selama 15 menit, baru kamu bisa membilasnya dengan air dingin. Setelah kering, kamu bisa memakain moisturizer atau krim kulit. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukan semua proses ini secara rutin selama seminggu.

11. Pasta Gigi

menghilangkan komedo dengan pasta gigi, menghilangkan komedo hitam, menghilangkan komedi secara alami, menghilangkan komedo putih, menghilangkan komedo dengan baking soda

Sebelum mengenakan pasta gigi, kamu harus membersihkan wajah dengan cleanser, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada area pori-pori yang tersumbat. Pastikan kamu tidak menggunakan gel-nya, melainkan pasta gigi mint yang putih.

Biarkan sampai mengering, atau tunggu sekitar 2 menitan. Kalau perlu, kamu gunakan saja sebelum tidur. Di saat itu, pasta gigi akan membersihkan minyak berlebih dan juga meringankan efek bengkak karena jerawat. Begitu kering, gosok secara perlahan dengan gerakan melingkar. Jika diperhatikan, komedo akan terusir bersamaan dengan pasta giginya. Jika sudah selesai, kamu bisa mencucinya dengan air hangat.

12. Pasta Gigi dan Garam

Mencampurkan pasta gigi dan garam bisa menjadi jalan cepat untuk mengusir komedo. Namun pastikan kalau kamu tidak menggunakan garam laut. Caranya sendiri, yakni dengan mencuci muka terlebih dahulu. Lalu, ambil 1 sendok teh garam dan pasta gigi secukupnya. Aduk, dan oleskan pada kulit secara perlahan. Gosok pelan-pelan selama 1 menit. Setelah itu, segera cuci dengan air hangat.

13. Oatmeal dan Air Mawar

Kolaborasi yang satu ini memang sudah tak asing. Kamu hanya memerlukan 3 sendok makan air mawar, yang kemudian dicampur dengan oatmeal secukupnya. Campurannya yang kental kemudian dioleskan pada area komedo. Biarkan saja selama setengah jam, jangan sampai terlalu lama, lalu cuci wajah dengan air hangat.

14. Susu dan Lemon

Olahan alami selanjutnya mungkin tak begitu familiar. Namun kamu bisa mencobanya dengan menyiapkan 2 sendok makan susu dan 4 sendok teh sari lemon.Kalau tak ada susu, kamu bisa menggantinya dengan air mawar. Campurkan, oleskan, dan diamkan selama 30 menitan. Setelah itu, kamu bisa mencuci bersih menggunakan air hangat.

15. Kunyit dan Mint

Untuk membuktikan ramuan natural ini, kamu cukup mempersiapkan 3 sendok teh sari mint dan 2 sendok teh kunyit. Oleskan, dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Selain mengenyahkan komedo, kunyit membantu membantu kulit semakin glowing. Bahkan kunyit juga bisa meredakan infeksi pada kulit.

Ternyata masih banyak bahan dan cara alami nan mudah yang bisa kita coba. Tetapi pastikan untuk tidak mencobanya secara acak. Alangkah lebih baik untuk “setia pada satu cara yang cocok”. Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil! Demikian, 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Cepat dan Ampuh Tanpa Efek Samping. #RD