7 Serangga Terbesar di Dunia dari Jaman Purba hingga Sekarang

Posted on

Dulu, ada seekor serangga dengan ukuran raksasa. Orang-orang menamainya sebagai Protodonata, atau juga Meganisoptera. Bentuknya menyerupai capung, namun ukuran kepak sayap mereka bisa mencapai 2,5 kaki, atau setara dengan 70 sentimeter-an. Hewan ini juga memiliki rahang yang besar, keras, dan kuat. Sepadan dengan peranan mereka sebagai predator mengerikan. Tak heran kalau mereka begitu ditakuti.

fosil serangga terbesar, serangga terbesar di jaman purba, serangga terbesar di dunia ditemukan di kalimantan, serangga purba terbesar di dunia, foto serangga terbesar di dunia, video serangga terbesar di dunia, 7 serangga terbesar di dunia
via : randonature.ch

Tetapi tenang saja, capung raksasa ini sudah punah sejak akhir dari era Paleozoikum dan sudah jadi fosil. Lalu apakah sampai saat ini tidak ada serangga berukuran besar? Rata-rata yang kita saksikan, serangga itu sangat kecil.

Nah rupanya masih ada beberapa serangga yang memiliki tubuh lebih bongsor dari bangsanya. Eksistensi mereka tentu menjadi bahan penelitian intens bagi para ahli entomologi. Apa saja serangga yang dimaksud? Jom!

1. Titan beetle (Titanus giganteus)

serangga terbesar di dunia, serangga terbesar di dunia ditemukan di kalimantan, serangga terbesar adalah, serangga terbesar yang pernah ditemukan, serangga terbesar di bumi, serangga terbesar sepanjang masa, serangga terbesar di jaman purba

Banyak kumbang besar yang bermukim di kawasan hutan hujan Amazon. Namun mereka masih kalah besar oleh Titan Beetle, atau Titanus giganteus. Mereka memang jadi raksasanya Amazon. Namanya juga mendunia lantaran ukurannya yang istimewa. Berdasarkan keterangan dari Smithsonian, makhluk ini bisa menjangkau ukuran 6,6 inci atau sekitar 16,8 sentimeter.

Dari fisiknya, kita bisa melihat kalau mereka memiliki rahang bawah yang kuat. Rahang ini bisa membelah pensil dengan mudahnya. Bahkan kabarnya, mereka juga bisa menggunakan rahang tersebut untuk mengoyak daging manusia. Kalau merasa terancam, seperti kumbang pada umumnya, mereka akan mengeluarkan suara desisan yang cukup keras.

Semestinya kumbang ini dijauhi dan dijadikan sebagai salah-satu makhluk yang tak ingin ditemui. Tetapi kontras, Titan Beetle justru menjadi daya tarik bagi para turis, khususnya yang memiliki jiwa petualang tinggi. Tak heran kalau banyak agensi ekowisata di Amerika Selatan yang memampangkan gambar hewan ini dalam lembar promosi atau pamflet mereka.

2. Giant stick insects (Serangga tongkat raksasa prickly)

jenis serangga terbesar, gambar serangga terbesar, hewan serangga terbesar, serangga terbesar di indonesia, spesis serangga terbesar, serangga terbesar yang pernah di temukan
via : pri.org

Yang satu ini memang bukan yang terbesar, namun dialah yang masih memegang rekor sebagai serangga terpanjang di muka bumi. Hewan asal Asia Tenggara ini bisa berukuran sampai 2 kaki atau sekitar 61 sentimeter.

Bentuknya yang menyerupai stik atau tongkat bisa berubah manakala ada predator atau ancaman lain. Kemudian mereka akan segera bersembunyi diantara dedaunan, cabang, atau ranting pohon. Mereka juga memiliki aneka cara lain untuk melindungi diri. Entah itu dengan menyemprotkan aroma menyengat, melepaskan anggota tubuh, atau pura-pura mati.

Karena termasuk hewan nocturnal, mereka pun akan bergerak atau beraktivitas di malam hari saja. Di siang harinya, mereka akan berdiam diri saja di bawah tanaman. Banyak orang yang menangkapnya untuk dijadikan hewan peliharaan, sebab serangga ini memang tidak begitu berbahaya.

3. Giant weta

serangga terbesar di zaman purba, serangga terbesar zaman dinosaurus, serangga purba terbesar, serangga purba terbesar di dunia, video serangga terbesar di dunia, serangga prasejarah terbesar, serangga terbesar adalah
via : gandul.info

Hewan yang masih memiliki kekerabatan dengan jangkrik ini berasal dari Selandia Baru. Namun ukurannya lebih besar dan gendut. Kalau diukur, beratnya bisa mencapai 70 gram. Karena itu, mereka disebut sebagai salah-satu serangga terberat, dan susah untuk terbang bebas.

Ukurannya juga cukup panjang, sekitar 10 sentimeter. Itu pun belum mengukur antena dan kakinya yang sama-sama panjang. Penampilannya yang menakutkan memengaruhi penamaan hewan ini, wetapunga, yang berarti God of the Ugly Things.

4. Goliath beetle

serangga terbesar zaman dinosaurus, serangga purba terbesar di dunia, serangga terbesar yang pernah ditemukan, video serangga terbesar di dunia, daftar serangga terbesar, serangga yg terbesar di dunia, foto serangga terbesar di dunia
via : pinterest.com

Jangankan ukuran dewasa, larvanya pun sudah mencuri perhatian. Betapa tidak, larvanya saja bisa memiliki berat sebesar 100 gram. Kalau sudah dewasa, yang jantan bisa tumbuh mencapai 10 sentimeteran.

Di pagi hari atau di saat cuaca dingin, mereka cukup lesu dan malas. Sementara ketika cahaya matahari menghangatkan bumi, mereka akan bergeliat aktif. Bahkan ketika terancam atau ketakutan, mereka juga bisa terbang. Kumbang-kumbang yang cukup gempal ini sering ditangkap untuk dijadikan santapan kucing atau anjing peliharaan.

5. Atlas moth (Kupu-kupu gajah)

serangga terbesar yang pernah ditemukan, serangga terbesar di jaman purba, serangga terbesar di zaman purba, penemuan serangga terbesar, serangga terbesar sepanjang masa, serangga terbesar di dunia, sarang serangga terbesar, spesies serangga terbesar

Serangga seukuran burung ini tersebar di kepulauan melayu. Karena ukurannya, atlas moth disebut sebagai ngengat terbesar di dunia. Di Taiwan sendiri, kepompongnya saja bisa dijadikan tas atau dompet. Ukurannya memang begitu besar dan leluasa. Bahkan ketika masih berbentuk ulat saja, tebalnya mencapai 2,5 sentimeter.

Konon namanya diambil dari Atlas yang tertera dalam mitologi Yunani. Zeus mengutuk Titan yang satu ini untuk menahan beban langit pada bahunya. Namanya juga memiliki kaitan erat dengan ukurannya yang lebar. Luas sayapnya mencapai 6o inci persegi.

6. Tarantula hawk (Tawon Pemangsa Tarantula)

serangga terbesar di zaman purba, serangga terbesar zaman dinosaurus, serangga purba terbesar, serangga purba terbesar di dunia, video serangga terbesar di dunia, serangga prasejarah terbesar, serangga terbesar adalah

Jika diartikan, namanya hewan ini adalah elang tarantula. Padahal hewan ini adalah seekor tawon yang memang besar dan ganas. Saking sangarnya, mereka mampu memburu dan melahap seekor tarantula, apalagi yang betinanya. Menurut BBC, tarantula bisa menjadi makanan favorit sebab ukurannya cukup mengenyangkan bagi sang tawon.

Ketika mengincar korban, kaki-kaki mereka yang memiliki pengait tersendiri akan menempel erat. Korbannya tentu tak bisa berkutik. Lalu mereka juga akan menyengatnya. Dan, dilaporkan kalau sengatan tawon ini menjadi salah-satu yang paling menyakitkan di dunia. Sebenarnya mereka masih termasuk hewan jinak. Tetapi jangan sampai memiliki urusan serius! Kalau sudah merasa terancam atau terganggu, mereka akan membalas dengan serangan yang lebih menakutkan!

7. Giant burrowing cockroach (Kecoa penggali besar)

serangga terbesar zaman dinosaurus, serangga purba terbesar di dunia, serangga terbesar yang pernah ditemukan, video serangga terbesar di dunia, daftar serangga terbesar, serangga yg terbesar di dunia, foto serangga terbesar di dunia

Orang-orang yang sangat menakuti kecoa tentu tak ingin bertemu atau melihat mimpi buruk yang satu ini. Seekor kecoa terbilang kecil, namun giat burrowing cockroach ini begitu raksasa. Bahkan mereka dilabeli sebagai kecoa paling berat di dunia. Sementara ukuran panjangnya mencapai 7,7 sentimeter.

Namun berbeda dengan kecoa pada umumnya, kecoa asal Australia ini tidak dianggap sebagai hama atau pengganggu. Mereka juga tidak memiliki sayap, sehingga kita tak perlu takut kalau hewan ini tiba-tiba terbang dan mendarat di area tak terduga. Hewan ini justru dianggap memiliki peranan vital dalam ekosistem, sebab mereka membantu ‘mengelola’ daun-daun mati. Beberapa orang bahkan memilih untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Kamu sendiri bagaimana? Tertarik untuk memelihara salah-satu dari mereka? Demikian, 7 Serangga Raksasa yang Terbesar di Dunia. (DBS) #RD